RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MA ................................
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Kelas / Semester :
X (Sepuluh) / Ganjil
/ 1 (Satu)
Materi Pokok : Al-Qur’an Menurut Para Ulama
Alokasi Waktu :
4 JP ( 2 x pertemuan)
|
A.
Kompetensi Inti / KI
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI
2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar / KD
& Indikator Pencapaian Kompetensi / IPK
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
1.1 Meyakini al-Qur’an sebagai
pedoman hidup
|
1.1.1`
Menunjukkan sikap yakin terhadap al-Qur’an sebagai pedoman hidup
|
2.2 Menunjukkan
sikap berpegang teguh dalam mengamalkan ajaran al-Qur’an
|
2.2.1 Menunjukkan
sikap berpegang teguh dalam mengamalkan ajaran al-Qur’an
|
3.1 Memahami
pengertian al-Quran menurut para ulama
|
3.1.1
Menjelaskan pengertian al-Qur’an
menurut para ahli
3.1.2
Menjelaskan
nama-nama al-Qur’an
3.1.3
Menunjukkan
perilaku orang yang berpegang teguh kepada al-Qur’an
|
4.1 Menyajikan
pengertian al-Qur’an yang disampaikan para ulama
|
4.1.1 Mempresentasikan
pengertian al-Qur’an yang disampaikan para ulama
|
C.
Tujuan Pembelajaran
C Setelah melakukan kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
§ Menunjukkan sikap yakin terhadap
al-Qur’an sebagai pedoman hidup
§ Menunjukkan sikap berpegang teguh dalam
mengamalkan ajaran al-Qur’an
§ Menjelaskan pengertian al-Qur’an menurut
para ahli
§ Menjelaskan nama-nama al-Qur’an
§ Menunjukkan perilaku orang yang berpegang
teguh kepada al-Qur’an
§ Mempresentasikan pengertian al-Qur’an
yang disampaikan para ulama
C Dengan fokus penguatan sikap :
§ Percaya Diri & Jujur
D.
Materi Pembelajaran
C Fakta
< Pendapat Ulama tentang Pengertian Al-Qur’an
C Konsep
< Menjelaskan pengertian al-Qur’an menurut
para ahli
< Menjelaskan nama-nama al-Qur’an
< Menunjukkan perilaku orang yang berpegang
teguh kepada al-Qur’an
C Prosedur
< Cara pandang ulama dalam menentukan pengertian al-Qur’an
E.
Pendekatan / Model /
Metode Pembelajaran
< Pertemuan
Pertama-Kedua : Saintifict Approach
F.
Media / Alat & Bahan
Pembelajaran
C Papan Tulis
C Spidol
C Diri Anak
C dsb
G.
Sumber Belajar
C Buku Al-Qur’an
Hadits Kementerian Agama RI Kurikulum 2013
C Al-Qur’an
& Terjemahnya
C Buku Tajwid
Iqra
C Buku lain yang
relevan
C Internet
C Lingkungan
sekitar yang mendukung
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
C Pertemuan : Pertama (2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Memberi salam / menyapa
siswa/ mengecek kehadiran siswa
§ Meminta salah seorang
siswa untuk memimpin do’a
§ Memperhatikan kesiapan
siswa untuk mengikuti proses pembelajaran
§ Memberikan apersepsi
§ Menyampaikan tujuan
pembelajaran
§ Menyampaikan cakupan
materi yang akan dipelajari
|
9 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mengamati
Gambar Kitab Al-Qur’an
·
Menyimak
penjelasan tambahan dan penguatan dari Guru tentang Gambar Kitab Al-Qur’an
Menanya
·
Memberi
komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·
Guru
mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanya-an temannya
·
Guru
memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
·
Menentukan
sumber informasi berkaitan dengan Pengertian dan Nama-nama Al-Qur’an
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang
macam-macam dalil dalam pembahasan Pengertian dan Nama-nama Al-Qur’an
Mengasosiasikan
·
Merumuskan
kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai Pengertian dan
Nama-nama Al-Qur’an
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan macam-macam Pengertian dan Nama-nama
Al-Qur’an
|
67 menit
|
Penutup
|
§ Memfasilitasi siswa
untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari
§ Melakukan penilaian
untuk mengetahui ketercapaian indikator dengan melakukan tanya jawab terbuka
§ Memberikan penghargaan
terhadap siswa yang menunjukkan sikap percaya diri dan jujur
§ Meminta beberapa orang
siswa untuk mengulangi materi yang telah dipelajari secara singkat
§ Menyampaikan kegiatan
pembelajaran selanjutnya
§ Menutup pembelajaran
dengan memberi salam
|
14 menit
|
C Pertemuan : Kedua (2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Memberi salam / menyapa
siswa/ mengecek kehadiran siswa
§ Meminta salah seorang
siswa untuk memimpin do’a
§ Memperhatikan kesiapan
siswa untuk mengikuti proses pembelajaran
§ Memberikan apersepsi
§ Menyampaikan tujuan
pembelajaran
§ Menyampaikan cakupan
materi yang akan dipelajari
|
9 menit
|
Inti
|
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan
kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan pengertian dan Nama-nama
Al-Qur’an
·
Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya tentang
macam-macam dalil dalam pembahasan Pengertian dan Nama-nama Al-Qur’an
|
67 menit
|
Penutup
|
§ Memfasilitasi siswa
untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari
§ Melakukan penilaian
untuk mengetahui ketercapaian indikator dengan melakukan tanya jawab terbuka
§ Memberikan penghargaan
terhadap siswa yang menunjukkan sikap percaya diri dan jujur
§ Meminta beberapa orang
siswa untuk mengulangi materi yang telah dipelajari secara singkat
§ Menyampaikan kegiatan
pembelajaran selanjutnya
§ Menutup pembelajaran
dengan memberi salam
|
14 menit
|
I.
Penilaian Proses &
Hasil Pembelajaran
1.
Teknik Penilaian
a)
Sikap :
Observasi & Jurnal
b)
Pengetahuan : Tes
Tertulis
c)
Keterampilan :
Unjuk Kerja
2.
Bentuk Penilaian
a)
Sikap :
Observasi & Jurnal
C
Format Penilaian Observasi
No
|
Indikator
|
Kriteria
|
Keterangan
|
|
1
|
Percaya Diri
|
|
|
|
2
|
Jujur
|
|
|
C Format Penilaian Jurnal
No
|
Waktu / Hari,
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
b)
Pengetahuan :
Tes Tertulis
C Format Penilaian Tes
Tertulis
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Indikator Butir Soal
|
Soal
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
C Catatan : Disesuaikan
dengan buku yang ada di madrasah
C Pedoman Penskoran

c)
Keterampilan :
Unjuk Kerja
C Format Penilaian Unjuk
Kerja Presentasi
No
|
Nama Siswa
|
Kemampuan Bertanya
|
Kemampuan Menjawab / Argumentasi
|
Memberikan Saran / Masukan
|
Nilai Keterampilan
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C Pedoman Penskoran
No
|
Aspek
|
Pedoman Penskoran
|
1
|
Kemampuan Bertanya
|
§ Skor 4, apabila selalu
bertanya
§ Skor 3, apabila sering bertanya
§ Skor 2, apabila
kadang-kadang bertanya
§ Skor 1, apabila tidak
pernah bertanya
|
2
|
Kemampuan Menjawab /
Argumentasi
|
§ Skor 4, apabila
materi/jawaban benar, rasional, dan jelas
§ Skor 3, apabila
materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
§ Skor 2, apabila
materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
§ Skor 1, apabila
materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
|
3
|
Kemampuan Memberikan
Saran / Masukan
|
§ Skor 4, apabila selalu
memberikan masukan / saran
§ Skor 3, apabila sering
memberikan masukan / saran
§ Skor 2, apabila
kadang-kadang memberikan masukan / saran
§ Skor 1, apabila tidak
pernah memberikan masukan / saran
|
C Pedoman Penskoran

3.
Remedial
§ Pembelajaran remedial dilakukan
bagi siswa yang belum mencapai nilai tuntas pada KD
§ Tahapan pembelajaran
remedial dapat dilakukan melalui kegiatan di bawah ini dan diakhiri dengan Tes
:
C Remedial Teaching
(Klasikal)
C Tutor Sebaya
C Tugas
4.
Pengayaan
§ Bagi siswa yang sudah
mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut :
C Siswa yang mencapai nilai
n (ketuntasan) < n < n (maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD
dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
C Siswa yang mencapai nilai
n > n (maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman
sebagai pengetahuan tambahan
Karoke, Juli 2017
Mengetahui;
Ka. Madrasah Guru
Mapel
................................... ...........................................
NIP. - NIP. -
No comments:
Post a Comment