Saturday, November 25, 2017

Contoh Laporan Hasil Kegiatan



LAPORAN HASIL KEGIATAN

DIKLAT TEKNIS PENINGKATAN KOMPETENSI
PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) DAN PENGEMBANGAN KEPROPESIAN BERKELANJUTAN (PKB)
Polman, 13 s/d 19 Maret  2015























Disusun Oleh :


NAMA                         :     M. AGUS, S.Ag
NIP                               :     197801072007101001
PANGKAT/GOL        :     Penata/IIIc
UNIT KERJA             :     MTs.S IZZATUL MA’ARIF TAPPINA
ALAMAT                    :     TAPPINA DESA MIRRING KEC. BINUANGKAB. POLEWALI MANDAR






DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ……………………………………………………………………..     i
KATA PENGANTAR …………………...........................................................................     ii
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………    iii
BAB. I  PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah ………………………………………………………………..     1
B.     Tujuan …………………………………………………………………………………..     2
BAB. II  PELAKSANAAN
A.    Waktu dan Tempat ………………………………………………………………………   3
B.     Program Pokok Diklat …………………………………………………………………..    3
C.     Jadwal …………………………………………………………………………………..    4
D.    Rencana Tindak Lanjut ………………………………………………………………….   4
BAB. III   PENUTUP
A.    Kesimpulan ………………………………………………………………………………   5
B.     Saran-saran ………………………………………………………………………………   5
LAMPIRAN-LAMPIRAN


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadhirat Allah SWT atas rahmat dan taufiknya. Semoga iman dan ihsan senantiasa dilimpahkan kepada kita selaku hambanya dan semoga kita selalu diberikan kekuatan untuk berjuang dalam hidup, amin. Salawat serta salam kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW kepada keluarga dan sahabatnya.
Laporan hasil kegiatan Diklat Teknis Subtantif Peningkatan Kompetensi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Guru Berkelanjutan (PKB) untuk dapat meningkatkan Kompetensi Guru sehingga mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar. yang diajukan kepada kepala madrasah sebagai pertanggung jawaban atas tugas yang diberikan oleh madrasah kepada  kami. Selama proses diklat kami banyak mendapat bantuan bantuan moril dari berbagai pihak. Karena itu dengan penuh kerendahan hati penulis ingin menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada :
1.      Bapak H. Muhdin, S.Ag.,M.Pd.I., selaku Kepala Kanwil Kementerian Agama provinsi Sulawesi Barat.
2.      Ibu Hj. Musyarrafah Amin, S.Sos., M.Si., selaku Kepala Balai Diklat Keagamaan Makassar.
3.      Bapak H. Syamsul, S.Ag., M.Pd., selaku Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama provinsi Sulawesi Barat.
4.      Drs. IIham, M.Si. Selaku Kepala Seksi DTTPK BDK Makassar
5.      Drs. Junaedi, M.MH. Kepala Sub Bagian Tata usaha Kemenag Polman
6.      Bapak dan ibu Widyaiswara pada pelaksanaan Diklat Teknis Subtantif Peningkatan Kompetensi PKG dan PKB
7.      Dra.Hj.Ruaedah, S.Pd, M.Si Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Polman
8.      Lukman, S.Ag., selaku kepala Madrasah Izzatul Ma’arif Tappina.
Dengan bantun mereka baik itu sumbangan moril maupun materil penulis berharap laporan hasil kegiatan pelaksanaan Diklat Teknis Subtantif Peningkatan Kompetensi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Guru Berkelanjutan (PKB) dapat menambah Kompetensi Guru. Terakhir, tentunya dalam penulisan ini masih terdapat kekurangan yang harus diperbaiki. Untuk itu saran yang konstruktif sangat penulis harapkan.
Tappina, 17 Februari 2016
M. Agus.
BAB   I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga professional. Salah satu prinsip profesionalitas guru adalah memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugasnya. Kompetensi yang harus dimiliki seorang guru meliputi empat aspek, yaitu kompetensi pedagogi,kepribadian, social dan professional.
Kompetensi guru harus terus ditingkatkan untuk merespon kebutuhan peningkatan kualitas pendidikan nasional. Kualitas pendidikan nasional salah pilarnya adalah kualitas guru sebagai ujung tombak pendidikan. Kualitas guru akan menntukan kualitas proses pembelajaran yang selanjutnya berpengaruh pada kualitas hasil belajar.
Peningkatan kompetensi guru salah satuhnya adalah dapat ditempuh melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat). Diklat merupakan bentuk interversi lembaga agar pegawainya memiliki kompetensi standar sehingga mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar.
Salah satu faktor yang mempengaruhi kelancaran pelaksanaan fungsi dan peran perpustakaan dalam proses pembelajaran di madrasah adalah petugas perpustakaan. Mengingat begitu pentingnya peran pengelolaan perpustakaan dalam proses pembelajaran di madrasah, maka tenaga perpustakaan ini perlu memiliki kompetensi sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Peraturan Kementerian Pendidikan Nasional nomor 25 tahun 2008 menjelaskan bahwa tenaga perpustakaan Madrasah/madrasah seyogyanya memiliki kompetensi sebagai berikut, (1) kompetensi manajerial, (2) kompetensi pengelola informasi, (3) kompetensi kependidikan, (4) kompetensi kepribadian, (5) kompetensi sosial, dan (6) kompetensi pengembangan profesi.
Sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan serta Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama Nomor : BD/21/2013, tentang pedoman penyelenggaraan diklat teknis di Lingkungan Kementerian Agama; serta kesepakatan bersama Balai Diklat Keagamaan Makassar dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Barat maka diadakanlah Diklat Teknis Subtantif Peningkatan Kompetensi PKG dan PKB bagi guru tujuannya adalah untuk mendukung peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas dalam proses pembelajaran di setiap madrasahnya.

B. Tujuan
Tujuan dilaksanakannya Diklat Teknis Subtantif Peningkatan Kompetensi Penilaian kinerja guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)  bagi Guru agar dapat meningkatkan kompetensinya yang akan mengatur secara khusus proses pelaksanaan pembelajaran di madrasah.


BAB   II
PELAKSANAAN

A. Waktu dan Tempat
     Tanggal       :     13 s/d 19 Maret  2015
     Tempat        :     Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Polman  Provinsi Sulawesi Barat
B. Pokok Program Diklat
Adapun pokok-pokok program materi diklat yang akan disajikan pada Diklat Teknis Subtantif Peningkatan Kompetensi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)  terdiri dari 70 jam pelajaran @ 45 menit yaitu :
1.      Program Dasar           :    27 Jam Pelajaran
2.      Program inti               :    32 Jam Pelajaran
3.      Program Penunjang   :    32  Jam Pelajaran
dengan rincian sebagai berikut :
No
Mata Diklat
Jam Diklat
Nama Widyaiswara
Teori
Praktik
A.
KELOMPOK DASAR



1.
Kebijakan  Pendidikan Agama dan Keagamaan
3

Pejabat Esolon III
2.
Kebijakan Diklat  Teknis
3

Kepala Balai Diklat Keagamaan Makassar
3
Prinsip Pembangunan Karakter
3


4
Pengembangan SDM dan Organisasi
3


5
Membangun sinergi kelompok
3


6
Disiplin Pelaksanaan Program
3

Drs. H. Samir, Patsan, M. Ag
7
Membangun  pribadi  teladan
3


8
Budaya organisasi
3


9
Kesadaran berbangsa dan bernegara
3



Jumlah Dasar
27
0

B.
INTI



1.
Konsep Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
4

H. Fachari, S.Si, M.Pd
2.
Butir Penilaian Kenirja Demensi Utama Tugas Guru
2
6
Sda
3.
Teknik Analisis butir hasil Penilaian Kinerja Guru (PKG)
2
6
Sda
4.
Analisis hasil PKG dan Pemamfaatannya
2
4
Sda
5.
Unsur-unsur PKB Guru
2
4
Sda

Jumlah Inti
12
20

C.
PENUNJANG



1.
Pengarhan Program
2

Dra. Wardania
2.
Building Learning Commitment (BLC)

2
Drs. H. Samir, Patsan, M.Ag
3
Evaluasi Prgram

2
Dra. Wardania
4
Ujian

2
Dra. Wardania

Jumlah Penunjang
4
7

Jumlah
43
27


C. Jadwal
Diklat Teknis Subtantif Peningkatan Kompetensi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru  ini dilaksanakan berdasarkan jadwal seperti tersebut dalam lampiran.
D. Rencana Tindak Lanjut
1.       Setelah terselenggaranya kegiatan Diklat Teknis Subtantif Peningkatan Kompetensi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di Kemenag Kab. Polman diharapkan para peserta mempraktikan langsung materi yang telah diterima dan mau  mengembangkan  di madrasahnya













BAB III
PENUTUP


5.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil kajian pada bab sebelumnya, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
1.      Kegiatan Diklat Teknis Subtantif Peningkatan Kompetensi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB bagi Guru untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan dalam proses pembelajaran dan sikap mental guru untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan standar kompetensi sebagai seorang guru yang profesinal. Diklat ini dimulai dari tanggal 13 Maret  2015 s.d 19 Maret 2015, peserta yang diundang adalah para Guru MI,MTs dan MA dalam lingkup Kemenag Agama Polman.
     2 Saran
Melihat tugas seorang guru semakin berat maka dituntut untuk menjadi guru yang profesional dalam bidangnya untuk melaksanakan  tugas untuk menjadikan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan tuntutan undang-undang, maka penulis menyarankan pelaksanaan pelatihan tetap ditingkatkan lagi untuk dapat menambah pengetahuan bagi guru di Madrasah masing, sehingga pelaksanaannya dapat lebih optimal.
Demikian laporan hasil kegiatan ini kami buat sebagai wujud pertanggung jawaban kami atas tugas yang diberikan dalam mengikuti kegiatan Diklat Teknis Subtantif Peningkatan Kompetensi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB di Madrasah.
Tappina,  23 Maret 2015
Dilaporkan kepada                                                                              Yang diberi tugas
Ka. MTs Izzatul Ma’arif Tappina



Lukman, S.Ag                                                                                     M. Agus, S.Ag
Nip : 197002132014111005                                                               Nip : 197801072007101001
LAMPIRAN-LAMPIRAN
 












Lampiran I : Pembukaan Diklat Pengelola Perpustakaan
 











Lampiran II : Pemberian materi oleh widyaiswara


 











Lamp. III : Foto peserta bersama Widyaiswara










Lamp. 4 : Foto peserta bersama Kabid Pendidikan Madrasah

LAPORAN HASIL KEGIATAN

DIKLAT TEKNIS SUBSTANTIF PENUGASAN TAMBAHAN
KEPALA MADRASAH
Makassar, 10 s/d 19 Pebruari  2016























Disusun Oleh :


Nama                           :     M. AGUS, S.Ag
Nip                               :     197801072007101001
Pangkat/gol                 :     Penata/IIIc
Unit Kerja                    :     MTs.S IZZATUL MA’ARIF TAPPINA
Alamat                         :     TAPPINA DESA MIRRING KEC. BINUANGKAB. POLEWALI MANDAR







DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ……………………………………………………………………..     i
KATA PENGANTAR …………………...........................................................................     ii
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………    iii
BAB. I  PENDAHULUAN
C.     Latar Belakang Masalah ………………………………………………………………..     1
D.    Tujuan …………………………………………………………………………………..     2
BAB. II  PELAKSANAAN
E.     Waktu dan Tempat ………………………………………………………………………   3
F.      Program Pokok Diklat …………………………………………………………………..    3
G.    Jadwal …………………………………………………………………………………..    4
H.    Rencana Tindak Lanjut ………………………………………………………………….   4
BAB. III   PENUTUP
C.     Kesimpulan ………………………………………………………………………………   5
D.    Saran-saran ………………………………………………………………………………   5
LAMPIRAN-LAMPIRAN


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadhirat Allah SWT atas rahmat dan taufiknya. Semoga iman dan ihsan senantiasa dilimpahkan kepada kita selaku hambanya dan semoga kita selalu diberikan kekuatan untuk berjuang dalam hidup, amin. Salawat serta salam kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW kepada keluarga dan sahabatnya.
Laporan hasil kegiatan Diklat Teknis Subtantif Penugasan Tambahan Kepala Madrasah Peningkatan untuk dapat meningkatkan Kompetensi Kepala Madrasah  sehingga mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar. yang diajukan kepada kepala madrasah sebagai pertanggung jawaban atas tugas yang diberikan oleh madrasah kepada  kami. Selama proses diklat kami banyak mendapat bantuan bantuan moril dari berbagai pihak. Karena itu dengan penuh kerendahan hati penulis ingin menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada :
1.    Bapak H. Muhdin, S.Ag.,M.Pd.I., selaku Kepala Kanwil Kementerian Agama provinsi Sulawesi Barat.
2.    Ibu Hj. Musyarrafah Amin, S.Sos., M.Si., selaku Kepala Balai Diklat Keagamaan Makassar.
3.    Bapak H. Syamsul, S.Ag., M.Pd., selaku Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama provinsi Sulawesi Barat.
4.    Juhrah, S.Sos, M.AP. Kepala Sub. Bagian TU BDK Makassar
5.    Dra. Wardania  Pengelola Administrasi dan Dokumentasi
6.    Bapak dan ibu Widyaiswara pada pelaksanaan Diklat Teknis Subtantif Penugasan Tambahan Kepala Madrasah
7.    Rosnaeni, S.Kom  Penyusun Administrasi Diklat
8.    Lukman, S.Ag., selaku kepala Madrasah Izzatul Ma’arif Tappina.
Dengan bantun mereka baik itu sumbangan moril maupun materil penulis berharap Laporan hasil kegiatan Diklat Teknis Subtantif Penugasan Tambahan Kepala Madrasah dapat menambah Kompetensi Kepala Madrasah. Terakhir, tentunya dalam penulisan ini masih terdapat kekurangan yang harus diperbaiki. Untuk itu saran yang konstruktif sangat penulis harapkan.

Tappina, 22  Februari 2016

M. Agus.

BAB   I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Peraturan Menteri Agama Nomor 29 Tahun 2014 tentang Kepala Madrasah Bab II Pasal 3 menyebutkan bahwa Kepala Madrasah mempunyai tugas merencanakan, mengelolah, memimpin, dan mengendalikan program dan komponen penyelenggaraan pendidikan pada madrasah berdasarkan standar nasional pendidikan.
Oleh karena itu profesionalitas kepala madrasah harus terus ditingkatkan mengingat kepala madrasah adalah salah satu penentu kebijakan dalam penyelenggaraan pendidikan dimadrasah.Dengan kualitas kepemimpinan dan manajerial yang dimilikinya, maka akan sangat dimungkinkan bagi kepala madrasah untuk mewujudkan hasil pembelajaran yang bermutu.dengan didukung pengelolah kelembagaan yang professional.
Upaya peningkatan kompetensi kepala madrasah salah satunya dapat ditempuh melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat) Diklat merupakan bentuk intervensi lembaga agar pengawainya memiliki kompetensi standar sehingga mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara tepat.
Berdasarkan latar balakan itulah perlu disusun kurikulum diklat bagi kepala madrasah yang meliputi desain program, struktur kurikulum dan silabus. Dengan memperhatikan Peraturan Menteri Agama Nomor 29 Tahun 2014 te Teknis di lingkungan kementerian Agama maka diklat bagi kepala madarasah ini dimaukan dalam kategori diklat Teknis substantive Pembekalan Tugas Tambahan Kepala Madarasah.
B. Tujuan
Tujuan dilaksanakannya Diklat Teknis Subtantif Pembekalan Tugas Tambahan Kepala Madrasah adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap mental agar mampu melaksanakan tugas  dan tanggung jawab sebagai kepala madrasah sesuai Kompetensinya standar yang dipersyaratkan.


BAB   II
PELAKSANAAN
A. Waktu dan Tempat
     Tanggal       :     13 s/d 19 Maret  2015
     Tempat        :     Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Polman  Provinsi Sulawesi Barat
B. Pokok Program Diklat
Adapun pokok-pokok program materi diklat yang akan disajikan pada Diklat Teknis Subtantif Peningkatan Kompetensi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)  terdiri dari 70 jam pelajaran @ 45 menit yaitu :
4.      Program Dasar           :    12 Jam Pelajaran
5.      Program inti               :    68 Jam Pelajaran
6.      Program Penunjang   :    21  Jam Pelajaran
dengan rincian sebagai berikut :
No
Mata Diklat
Jam Diklat
Nama Widyaiswara
Teori
Praktik
A.
KELOMPOK DASAR



1.
Kebijakan  Kementrian  Agama tentang Pendidikan Madrasah
3

Pejabat Esolon III
2.
Kebijakan Diklat  Tenaga Teknis Pendidikan dan keagamaan
3

Kepala Balai Diklat Keagamaan Makassar
3
Pengembangan kepribadian  Kepala Madrasah
3
3
Kepala Seksi Diklat Tenaga Teknis

Jumlah Dasar
9
3

B.
INTI



1.
Spritual Leadership
4

Kepala Litbang
2.
Kepemimpinan Pembelajaran
4
8
Dr. Firman, Basir, M.Pd
3.
Pengelolaan sumber daya Madrasah
4
6
Kanwil
4.
Evaluasi Diri Madrasah
2
4
Drs. Wanhar, M.Pd
5.
Penyusunan Rencana Strategis  Madrasah

6
Drs. Hamzah, M.Ag
6
Manajemen  Keungan Madrasah
4
8
DJPB Sul-sel
7
Kewirausahaan
2
4
Dra. Hj. Yuliarti, M.Pd.I
8
Supervisi Akademi
2
6
St. Rabiah, S.Pd, M.Pd

Jumlah Inti
26
42

C.
PENUNJANG



1.
Pengarahan Program

2
Dra. Wardania
2.
Pritest dan Posttes

2
Drs. H. Samir, Patsan, M.Ag
3
BuldingLearning Commitment (BLC)
2
4
Dra. Wardania
4
Study Lapangan

6
Dra. Wardania
5
Seminar hasil Studi Lapangan

3

6
Evaluasi Program

2


Jumlah Penunjang
2
19

Jumlah
37
64



C. Jadwal
Diklat Teknis Subtantif Penugasan Tambahan Kepala Madrasah bagi  ini dilaksanakan berdasarkan jadwal seperti tersebut dalam lampiran.
D. Rencana Tindak Lanjut
2.      Setelah terselenggaranya kegiatan Diklat Teknis Subtantif Penugasan Tambahan Kepala Madrasah adalah Peningkatan Kompetensi Kepala Madrasah di Kemenag Kab. Polman diharapkan para peserta mempraktikan langsung materi yang telah diterima dan mau  mengembangkan  di madrasahnya



















BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan
Berdasarkan hasil kajian pada bab sebelumnya, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
2.      Kegiatan Diklat Teknis Subtantif Penugasan Tambahan Kepala Madrasah sebagai Peningkatan Kompetensi bagi Kepala Madrasah untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan dan sikap mental agar mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Kepala madrasah sesuai dengan kompetensi standar yang dipersyaratkan.. Diklat ini dimulai dari tanggal 10 Pebruari  2016 s.d 19 Pebruari 2016, peserta yang diundang adalah para Kepala Madrasah  MI,MTs dan MA dalam lingkup Kemenag Agama Polman.

     2 Saran
Melihat tugas seorang Kepala Madrasah  semakin berat maka dituntut untuk menjadi pemimpin  yang profesional di Madrasah untuk menjadikan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan tuntutan undang-undang, maka penulis menyarankan pelaksanaan pelatihan tetap ditingkatkan lagi untuk dapat menambah pengetahuan bagi Kepala  Madrasah masing,masing sehingga pelaksanaannya dapat lebih optimal.
Demikian laporan hasil kegiatan ini kami buat sebagai wujud pertanggung jawaban kami atas tugas yang diberikan dalam mengikuti kegiatan Diklat Teknis Subtantif Penugasan Tambahan Kepala Madrasah 
Tappina,  22 Pebruari 2016
Dilaporkan kepada                                                                              Yang diberi tugas
Ka. MTs Izzatul Ma’arif Tappina



Lukman, S.Ag                                                                                     M. Agus, S.Ag
Nip : 197002132014111005                                                               Nip : 197801072007101001

No comments:

Makalah: Mahabbah, Makrifah

BAB I PENDAHULUAN   A.      Latar Belakang Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa manusia larut dan terbuai dalam din...