MODEL
COOPERATIVE LEARNING
FASE
|
TINGKAH LAKU
|
Fase-1
@ Menyampaikan
tujuan dan memotivasi siswa
|
@
Guru
menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran
tersebut dan memotivasi siswa untuk belajar.
|
Fase-2
@ Menyajikan
informasi
|
@
Guru menyajikan
informasi kepada siswa dengan jalan demontrasi atau lewat bahan bacaan.
|
Fase-3
@ Mengorganisasikan
sis-wa ke dalam kelompok-kelompok belajar
|
@
Guru
menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan
membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien
|
Fase-4
@ Membimbing
kelompok bekerja dan belajar
|
@
Guru
membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
mereka.
|
Fase-5
@ Evaluasi
|
@
Guru
mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau
masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
|
Fase-6
@ Memberikan
penghar-gaan
|
@
Guru
mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu
dan kelompok.
|
MODEL
INQUIRY LEARNING (PENEMUAN)
FASE
|
TINGKAH LAKU
|
Fase-1
@ Observasi
untuk menemukan masalah
|
@
Guru menyajikan
kejadian-kejadian atau fenomena yang memungkinkan siswa menemukan masalah
|
Fase-2
@ Merumuskan
masalah
|
@
Guru membimbing
siswa merumuskan masalah penelitian berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikannya
|
Fase-3
@ Mengajukan
hipotesis
|
@
Guru membimbing
siswa untuk mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskannya
|
Fase-4
@ Merencanakan
pemecahan masalah (melalui eksperi-men atau cara lain)
|
@
Guru membimbing
siswa untuk merencanakan pemecahan masalh, membantu menyiapkan alat dan bahan
yang diperlukan dan menyusun prosedur kerja yang tepat
|
Fase-5
@ Melaksanakan
eksperimen (atau cara pemecahan masalh yang lain)
|
@
Selama siswa
bekerja, guru membimbing dan memfasilitasi
|
Fase-6
@ Melakukan
pengamatan dan pengumpulan data
|
@
Guru membantu siswa
melakukan pengamatan tentang hal-hal yang penting dan membantu mengumpulkan
dan mengorganisasi data
|
Fase-7
@ Analisis
data
|
@
Guru membantu siswa
menganalisis data supaya menemukan suatu konsep
|
Fase-8
@
Penarikan
kesimpulan dan penemuan
|
@
Guru membimbing
siswa mengambil kesimpulan berdasarkan data dan menemukan sendiri konsep yang
ingin ditanamkan.
|
MODEL
PROBLEM BASED LEARNING
FASE
|
TINGKAH LAKU
|
Fase-1
@ Orientasi
siswa kepada masalah
|
@
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran, menjelaskan logistic yang dibutuhkan, memotivasi siswa untuk
terlibat pada aktivitas pemecahan masalah yang dipilihnya
|
Fase-2
@ Mengorganisasi
siwa untuk belajar
|
@
Guru membantu siswa
mendefinisikan dan mengorganisasi tugas belajar tugas belajar yang
berhubungan dengan masalh tersebut
|
Fase-3
@ Membimbing
penyelidikan individual maupun kelompok
|
@
Guru mendorong
siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen,
untuk mendapat penjelasan dan pemecahanmasalah
|
Fase-4
@ Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
@
Guru membantu siswa
dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video,
dan model dan membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya
|
Fase-5
@ Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
@
Guru membantu siswa
untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka atau
proses-proses yang mereka gunakan
|
MODEL
PROJECT BASED LEARNING
FASE
|
TINGKAH LAKU
|
Fase-1
@ Menyiapkan
pertanya-an atau penugasan pro-yek
|
@
Tahap ini sebagai
langkah awal agar peserta didik mengamati lebih dalam terhadap pertanyaan
yang muncul dari fenomena yang ada.
|
Fase-2
@ Mendesain
perencana-an proyek
|
@
Sebagai
langkah nyata menjawab pertanyaan yang ada disusunlah suatu perencanaan
proyek bisa melalui percobaan
|
Fase-3
@ Menyusun
jadwal seba-gai langkah nyata dari sebuah proyek
|
@
Penjadwalan
sangat penting agar proyek yang dikerjakan sesuai dengan waktu yang tersedia
dan sesuai dengan target
|
Fase-4
@ Memonitor
kegiatan dan perkembangan proyek
|
@
Guru melakukan
monitoring terhadap pelaksanaan dan perkembangan proyek. Peserta didik
mengevaluasi proyek yang sedang dikerjakan.
|
Fase-5
@ Menguji
hasil
|
@
Fakta dan
data percobaan atau penelitian dihubungkan dengan berbagai data lain dari
berbagai sumber
|
Fase-6
@ Mengevaluasi
kegiatan / pengalaman
|
@
Tahap ini
dilakukan untuk mengevaluasi kegiatan sebagai acuan perbaikan untuk tugas
proyek pada mata pelajaran yang sama atau mata pelajaran lain.
|
MODEL
DISCOVERY LEARNING
FASE
|
TINGKAH LAKU
|
Fase-1
@ Menyampaikan
tujuan dan mempersiapkan siswa
|
@
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran, informasi latar belakang pelajaran,
pentingnya pelajaran, mempersiapkan siswa untuk belajar
|
Fase-2
@ Mendemonstrasikan
keterampilann (penge-tahuan procedural) atau mempresentasikan pengetahuan (dekla-ratif)
|
@
Guru
mendemonstrasikan keterampilan dengan benar, atau menyajikan informasi tahap
demi tahap
|
Fase-3
@ Membimbing
pelati-han
|
@
Guru
merencanakan dan member bimbingan pelatihan
|
Fase-4
@ Mengecek
pemaha-man dan memberikan umpan balik
|
@
Guru
mengecek apakah siswa telah berhasil melakukan tugas dengan baik, memberi
umpan balik
|
Fase-5
@ Memberikan
kesem-patan untuk pelatihan lanjutan dan pene-rapan
|
@
Guru
mempersiapkan kesempatan untuk melakukan pelatihan lanjutan, dengan perhatian
khusus pada penerapan kepada situasi lebih kompleks dan kehidupan sehari-hari
|
MODEL
THE SCIENCE LEARNING CYCLE
FASE
|
TINGKAH LAKU
|
Fase-1
@ Exploration
(penyelidi-kan)
|
@
Pada fase
ini para siswa belajar melalui keterlibatan dan tindakan-tindakan,
gagasan-gagasan mereka dan hubungan-hubungan dengan materi baru diperkenalkan
dengan bimbingan guru yang minimal agar memungkinkan siswa menerapkan
pengetahuan sebelumnya, mengembangkan minat, menumbuhkan dan memelihara rasa ingin
tahu terhadap materi itu.
@
Materi
perlu disusun secara cermat sehingga sasaran belajar itu menggunakan konsep
dan gagasan yang mendasar.
@
Selama fase
ini guru menilai pemahaman para siswa terhadap sasaran pelajaran.
@
Menurut
Bybee bahwa, tugas guru disini tidak boleh memberitahukan atau menerangkan
konsep.
|
Fase-2
@ Menyajikan
informasi
|
@
Pada fase
ini para siswa kurang terpusat dan ditunjukkan untuk mengembangkan mental.
Tujuan dari fase ini guru membantu para siswa memperkenalkan konsep
sederhana, jelas dan langsung yang berkaitan dengan fase sebelumnya, dengan
berbagai strategi para siswa disini harus terfokus pada pokok penemuan
konsep-konsep yang mendasar secara kooeperatif dibawah bimbingan guru (guru
sebagai fasilitator) mengajukan konsep-konsep itu secara sederhana, jelas dan
langsung.
|
Fase-3
@ Expansion
(Perluasan)
|
@ Pada
fase ini para siswa mengembangkan
konsep-konsep yang baru dipelajari untuk diterapkan pada contoh-contoh lain,
dipakai sebagai ilustrasi konsep intinya dapat membantu para siswa
mengembangkan gagasan-gagasan mereka
dalam kehidupannya
|
Fase-4
@ Evaluation
(Evaluasi)
|
@ Pada
fase ini ingin mengetahui penjelasan para siswa terhadap siklus pembelajaran
ini. Evaluasi dapat berlangsung setiap fase pembelajaran, untuk menggiring
pemahaman konsep juga perkembangan keterampilan proses. Evaluasi bukan hanya
pada akhir bab. Dari fase-fase yang disebutkan di atas menurut Carin dan Martin tujuan paedagoginya adalah
sama. Untuk jelasnya seperti pada gambar
|
No comments:
Post a Comment