Monday, December 4, 2017

Model-Model Pembelajaran



MODEL COOPERATIVE LEARNING
FASE
TINGKAH LAKU
Fase-1
@  Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
@  Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa untuk belajar.
Fase-2
@  Menyajikan informasi
@  Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demontrasi atau lewat bahan bacaan.
Fase-3
@  Mengorganisasikan sis-wa ke dalam kelompok-kelompok belajar
@  Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien
Fase-4
@  Membimbing kelompok bekerja dan belajar
@  Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka.
Fase-5
@  Evaluasi
@  Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
Fase-6
@  Memberikan penghar-gaan
@  Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok.

MODEL INQUIRY LEARNING (PENEMUAN)
FASE
TINGKAH LAKU
Fase-1
@  Observasi untuk menemukan masalah
@ Guru menyajikan kejadian-kejadian atau fenomena yang memungkinkan siswa menemukan masalah
Fase-2
@  Merumuskan masalah
@ Guru membimbing siswa merumuskan masalah penelitian berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikannya
Fase-3
@  Mengajukan hipotesis
@ Guru membimbing siswa untuk mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskannya
Fase-4
@  Merencanakan pemecahan masalah (melalui eksperi-men atau cara lain)
@ Guru membimbing siswa untuk merencanakan pemecahan masalh, membantu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dan menyusun prosedur kerja yang tepat
Fase-5
@  Melaksanakan eksperimen (atau cara pemecahan masalh yang lain)
@ Selama siswa bekerja, guru membimbing dan memfasilitasi
Fase-6
@  Melakukan pengamatan dan pengumpulan data
@ Guru membantu siswa melakukan pengamatan tentang hal-hal yang penting dan membantu mengumpulkan dan mengorganisasi data
Fase-7
@  Analisis data
@ Guru membantu siswa menganalisis data supaya menemukan suatu konsep
Fase-8
@  Penarikan kesimpulan dan penemuan
@ Guru membimbing siswa mengambil kesimpulan berdasarkan data dan menemukan sendiri konsep yang ingin ditanamkan.

MODEL PROBLEM BASED LEARNING
FASE
TINGKAH LAKU
Fase-1
@  Orientasi siswa kepada masalah
@  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistic yang dibutuhkan, memotivasi siswa untuk terlibat pada aktivitas pemecahan masalah yang dipilihnya
Fase-2
@  Mengorganisasi siwa untuk belajar
@  Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasi tugas belajar tugas belajar yang berhubungan dengan masalh tersebut
Fase-3
@  Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
@  Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen, untuk mendapat penjelasan dan pemecahanmasalah
Fase-4
@  Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
@  Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video, dan model dan membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya
Fase-5
@ Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
@  Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka atau proses-proses yang mereka gunakan
MODEL PROJECT BASED LEARNING
FASE
TINGKAH LAKU
Fase-1
@  Menyiapkan pertanya-an atau penugasan pro-yek
@  Tahap ini sebagai langkah awal agar peserta didik mengamati lebih dalam terhadap pertanyaan yang muncul dari fenomena yang ada.
Fase-2
@  Mendesain perencana-an proyek
@  Sebagai langkah nyata menjawab pertanyaan yang ada disusunlah suatu perencanaan proyek bisa melalui percobaan
Fase-3
@  Menyusun jadwal seba-gai langkah nyata dari sebuah proyek
@  Penjadwalan sangat penting agar proyek yang dikerjakan sesuai dengan waktu yang tersedia dan sesuai dengan target
Fase-4
@  Memonitor kegiatan dan perkembangan proyek
@  Guru melakukan monitoring terhadap pelaksanaan dan perkembangan proyek. Peserta didik mengevaluasi proyek yang sedang dikerjakan.
Fase-5
@  Menguji hasil
@  Fakta dan data percobaan atau penelitian dihubungkan dengan berbagai data lain dari berbagai sumber
Fase-6
@  Mengevaluasi kegiatan / pengalaman
@  Tahap ini dilakukan untuk mengevaluasi kegiatan sebagai acuan perbaikan untuk tugas proyek pada mata pelajaran yang sama atau mata pelajaran lain.

MODEL DISCOVERY LEARNING
FASE
TINGKAH LAKU
Fase-1
@  Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
@  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, informasi latar belakang pelajaran, pentingnya pelajaran, mempersiapkan siswa untuk belajar
Fase-2
@  Mendemonstrasikan keterampilann (penge-tahuan procedural) atau mempresentasikan pengetahuan (dekla-ratif)
@  Guru mendemonstrasikan keterampilan dengan benar, atau menyajikan informasi tahap demi tahap
Fase-3
@ Membimbing pelati-han
@  Guru merencanakan dan member bimbingan pelatihan
Fase-4
@ Mengecek pemaha-man dan memberikan umpan balik
@  Guru mengecek apakah siswa telah berhasil melakukan tugas dengan baik, memberi umpan balik
Fase-5
@ Memberikan kesem-patan untuk pelatihan lanjutan dan pene-rapan
@  Guru mempersiapkan kesempatan untuk melakukan pelatihan lanjutan, dengan perhatian khusus pada penerapan kepada situasi lebih kompleks dan kehidupan sehari-hari

MODEL THE SCIENCE LEARNING CYCLE
FASE
TINGKAH LAKU
Fase-1
@  Exploration (penyelidi-kan)
@  Pada fase ini para siswa belajar melalui keterlibatan dan tindakan-tindakan, gagasan-gagasan mereka dan hubungan-hubungan dengan materi baru diperkenalkan dengan bimbingan guru yang minimal agar memungkinkan siswa menerapkan pengetahuan sebelumnya, mengembangkan minat, menumbuhkan dan memelihara rasa ingin tahu terhadap materi itu.
@  Materi perlu disusun secara cermat sehingga sasaran belajar itu menggunakan konsep dan gagasan yang mendasar.
@  Selama fase ini guru menilai pemahaman para siswa terhadap sasaran pelajaran.
@  Menurut Bybee bahwa, tugas guru disini tidak boleh memberitahukan atau menerangkan konsep.
Fase-2
@  Menyajikan informasi
@  Pada fase ini para siswa kurang terpusat dan ditunjukkan untuk mengembangkan mental. Tujuan dari fase ini guru membantu para siswa memperkenalkan konsep sederhana, jelas dan langsung yang berkaitan dengan fase sebelumnya, dengan berbagai strategi para siswa disini harus terfokus pada pokok penemuan konsep-konsep yang mendasar secara kooeperatif dibawah bimbingan guru (guru sebagai fasilitator) mengajukan konsep-konsep itu secara sederhana, jelas dan langsung.
Fase-3
@  Expansion (Perluasan)
@ Pada fase ini para siswa  mengembangkan konsep-konsep yang baru dipelajari untuk diterapkan pada contoh-contoh lain, dipakai sebagai ilustrasi konsep intinya dapat membantu para siswa mengembangkan  gagasan-gagasan mereka dalam kehidupannya
Fase-4
@  Evaluation (Evaluasi)
@ Pada fase ini ingin mengetahui penjelasan para siswa terhadap siklus pembelajaran ini. Evaluasi dapat berlangsung setiap fase pembelajaran, untuk menggiring pemahaman konsep juga perkembangan keterampilan proses. Evaluasi bukan hanya pada akhir bab. Dari fase-fase yang disebutkan di atas menurut  Carin dan Martin tujuan paedagoginya adalah sama. Untuk jelasnya seperti pada gambar


No comments:

Makalah: Mahabbah, Makrifah

BAB I PENDAHULUAN   A.      Latar Belakang Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa manusia larut dan terbuai dalam din...