Monday, December 4, 2017

Paradigma Gerakan Perempuan



PARADIGMA GERAKAN PEREMPUAN PMII
  PEMAHAMAN WACANA GENDER PEREMPUAN PMII YANG BERADAPTASI DENGAN LOKALITAS,BUKAN SEBAGAI PAKET PENGETAHUAN YANG TUNGGAL DAN SEPERIOR.
·         AGAR WACANA TIDAK KONTRADIKTIF DENGAN MARTABAT KEMANUSIAN
·         TIDAK BERTENDISI MELABRAK TATANAN SOSIAL,AGAMA DAN BUDAYA DAN INTUISI KELUARGA.
WACANA GENDER
ARAHNYA PEMBEBASAN DARI BELENGGU-BELENGGU KEKUASAAN DOKTRIN MASA LALU AGAR PUNYA KEBEBASAN DAN MARTABAT DALAM DIRINYA SENDIRI.
STRATEGI PENYADARAN STRUKTUR KOGNITIF PEMBEBASAN,PENGISIAN KERANGKA PIKIR, DAN MUATAN EPISTEMOLOGI YANG MEMADAI
KLARIFIKASI TERMINOLOGI SEKS DAN GENDER
·         MENGHINDARI JEBAKAN  KATEGORI DALAM MENELUSURI AKAR2 KETIDAK SETARAAN GENDER DALAM MASYARAKAT
·         MEMBEDAH TINGKAT KEMAPANAN  REALITAS PERAN LAKI2 DAN PEREMPUAN
·         MENYATUKAN GERAK ANALISIS YANG MENEMBUS REALITAS YANG TERKADANG TERSELUBUNG IDEOLOGI TERTENTU
MENGHINDARI SELUBUNG-SELUBUNG IDEOLOGIS
·         PEMBONGKARAN REALITAS DOKTRIN IDEOLOGI,NORMA SOSIAL
·         KEADAAN PRAKTIS INDIVIDU DAN MASYARAKAT
Ø  MENYAJIKAN FAKTA YANG ASLI
Ø  KERANGKA OPERASIONAL YANG JELAS
Ø  MATEREALISASI KERANGKA NORMATIF
MEMBANGUN ARGUMEN TEOLOGIS
·         MENCIPTAKAN RUANG NEGOSIASI DAN INTERAKSI YANG SEIMBANG ATAS MARTABAT KEMANUSIAN
·         MELETAKKAN TEKS-TEKS AGAMA SECARA  NETRAL DARI BIAS DAN HEGOMONI
·         MEMBANGUN KERANGKA TEOLOGI KESETARAAN HUBUNGAN LAKI2 DAN PEREMPUAN
MENGACU PADA KONSEPSI KEBUDAYAAN PEREMPUAN SEBAGAI ENTITAS KEBUDAYAAN YANG SETARA DIHADAPAN LAKI2
ARGUMEN TEOLOGIS 5 PRINSIP KESETARAAN
·         SAMA2 SEBAGAI HAMBA
·         SAMA2 SEBAGAI KHALIFAH
·         SAMA2 MENERIMA PERJANJIAN PRIMORDIAL
·         SAMA2 TERLIBAT DALAM DRAMA KOSMIS
·         SAMA2 BERPOTENSI BERPRESTASI
STRATEGI DAN INSTRUMEN GERAKAN PEREMPUAN PMII
Ø  KERANGKA OPERASIONAL ~ KESADARAN LIBERTIF ~ KERANGKA HUMANISASI ~ PENGAPRESIASIAN NILAI DAN PENGETAHUAN YANG SAMA YANG BERASAL DARI MANAPUN NILAI AKAR BUDAYA DLL ~  PEMBEBASAN UNTUK ARTIKULASI DIRI SECARA OPTIMAL TANPA HALANGAN KONSEPSI YANG MEMBATASI PERAN
Ø  PEMBONGKARAN SELUBUNG IDEOLOGIS RELASI GENDER PADA WILAYA NORMATIF KEAGAMAAN
Ø  MEMPOSISIKAN TEKS AGAMA SECARA NETRAL UNTUK MENGUBAH STRUKTUR LOGIKA DAN CARA PANDANG  MASYARAKAT
Ø  MEMOTONG JALUR2 HEGEMONI LAKI2 DALAM PENGETATAN YANG DILAKUKAN OLEH INSTITUSI2 MASYARAKAT & AGAMA
UNTUK TETAP MENGHARGAI HARMONI KULTUR
Ø  MENANAMKAN KESADARAN KRITIS
Ø  MENGUBAH IDENTITAS DAN CITRA DIRI KADER
Ø  BERKARAKTER KUAT,MEMILIKI OTONOMI DAN RESISTENSI PADA ARUS NILAI, BUDAYA DAN PENGETAHUAN YANG DIKONSTRUK OLEH PIHAK LUAR
Ø  PIJAKAN PADA ASWAJA DAN KEARIFAN LOKAL

KOMPETISI SOSIAL
Ø  INISIASI KEPEMIMPINAN SECARA INTELEKTUAL,SOSIAL,POLITIK DAN STRATEGI
Ø  KADER YANG TIDAK MUDAH TERBAWA ARUS KEKUATAN BESAR DIULUAR DIRINYA,BAIK ITU KEBUDAYAAN,NILAI-NILAI PENGETAHUAN DAN INTUISI NEGARA.

No comments:

Makalah: Mahabbah, Makrifah

BAB I PENDAHULUAN   A.      Latar Belakang Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa manusia larut dan terbuai dalam din...