PARADIGMA GERAKAN PEREMPUAN PMII
PEMAHAMAN WACANA GENDER PEREMPUAN PMII YANG
BERADAPTASI DENGAN LOKALITAS,BUKAN SEBAGAI PAKET PENGETAHUAN YANG TUNGGAL DAN
SEPERIOR.
·
AGAR
WACANA TIDAK KONTRADIKTIF DENGAN MARTABAT KEMANUSIAN
·
TIDAK
BERTENDISI MELABRAK TATANAN SOSIAL,AGAMA DAN BUDAYA DAN INTUISI KELUARGA.
WACANA GENDER
ARAHNYA PEMBEBASAN DARI BELENGGU-BELENGGU
KEKUASAAN DOKTRIN MASA LALU AGAR PUNYA KEBEBASAN DAN MARTABAT DALAM DIRINYA
SENDIRI.
STRATEGI PENYADARAN STRUKTUR KOGNITIF
PEMBEBASAN,PENGISIAN KERANGKA PIKIR, DAN MUATAN EPISTEMOLOGI YANG MEMADAI
KLARIFIKASI TERMINOLOGI SEKS DAN GENDER
·
MENGHINDARI
JEBAKAN KATEGORI DALAM MENELUSURI AKAR2
KETIDAK SETARAAN GENDER DALAM MASYARAKAT
·
MEMBEDAH
TINGKAT KEMAPANAN REALITAS PERAN LAKI2
DAN PEREMPUAN
·
MENYATUKAN
GERAK ANALISIS YANG MENEMBUS REALITAS YANG TERKADANG TERSELUBUNG IDEOLOGI
TERTENTU
MENGHINDARI SELUBUNG-SELUBUNG IDEOLOGIS
·
PEMBONGKARAN
REALITAS DOKTRIN IDEOLOGI,NORMA SOSIAL
·
KEADAAN
PRAKTIS INDIVIDU DAN MASYARAKAT
Ø MENYAJIKAN FAKTA YANG ASLI
Ø KERANGKA OPERASIONAL YANG JELAS
Ø MATEREALISASI KERANGKA NORMATIF
MEMBANGUN ARGUMEN TEOLOGIS
·
MENCIPTAKAN
RUANG NEGOSIASI DAN INTERAKSI YANG SEIMBANG ATAS MARTABAT KEMANUSIAN
·
MELETAKKAN
TEKS-TEKS AGAMA SECARA NETRAL DARI BIAS
DAN HEGOMONI
·
MEMBANGUN
KERANGKA TEOLOGI KESETARAAN HUBUNGAN LAKI2 DAN PEREMPUAN
MENGACU PADA
KONSEPSI KEBUDAYAAN PEREMPUAN SEBAGAI ENTITAS KEBUDAYAAN YANG SETARA DIHADAPAN
LAKI2
ARGUMEN TEOLOGIS
5 PRINSIP KESETARAAN
·
SAMA2
SEBAGAI HAMBA
·
SAMA2
SEBAGAI KHALIFAH
·
SAMA2
MENERIMA PERJANJIAN PRIMORDIAL
·
SAMA2
TERLIBAT DALAM DRAMA KOSMIS
·
SAMA2
BERPOTENSI BERPRESTASI
STRATEGI DAN INSTRUMEN GERAKAN PEREMPUAN
PMII
Ø KERANGKA OPERASIONAL ~ KESADARAN LIBERTIF ~
KERANGKA HUMANISASI ~ PENGAPRESIASIAN NILAI DAN PENGETAHUAN YANG SAMA YANG
BERASAL DARI MANAPUN NILAI AKAR BUDAYA DLL ~
PEMBEBASAN UNTUK ARTIKULASI DIRI SECARA OPTIMAL TANPA HALANGAN KONSEPSI
YANG MEMBATASI PERAN
Ø PEMBONGKARAN SELUBUNG IDEOLOGIS RELASI GENDER
PADA WILAYA NORMATIF KEAGAMAAN
Ø MEMPOSISIKAN TEKS AGAMA SECARA NETRAL UNTUK
MENGUBAH STRUKTUR LOGIKA DAN CARA PANDANG MASYARAKAT
Ø MEMOTONG JALUR2 HEGEMONI LAKI2
DALAM PENGETATAN YANG DILAKUKAN OLEH INSTITUSI2 MASYARAKAT &
AGAMA
UNTUK TETAP
MENGHARGAI HARMONI KULTUR
Ø MENANAMKAN KESADARAN KRITIS
Ø MENGUBAH IDENTITAS DAN CITRA DIRI KADER
Ø BERKARAKTER KUAT,MEMILIKI OTONOMI DAN
RESISTENSI PADA ARUS NILAI, BUDAYA DAN PENGETAHUAN YANG DIKONSTRUK OLEH PIHAK
LUAR
Ø PIJAKAN PADA ASWAJA DAN KEARIFAN LOKAL
KOMPETISI SOSIAL
Ø INISIASI
KEPEMIMPINAN SECARA INTELEKTUAL,SOSIAL,POLITIK DAN STRATEGI
Ø KADER
YANG TIDAK MUDAH TERBAWA ARUS KEKUATAN BESAR DIULUAR DIRINYA,BAIK ITU
KEBUDAYAAN,NILAI-NILAI PENGETAHUAN DAN INTUISI NEGARA.
No comments:
Post a Comment