Sintaks
Model Pembelajaran kooperatif
Fase
|
Perilaku Guru
|
Fase 1
Menyampaikan
tujuan dan memotivasi siwa
|
Guru menyampaikan semua tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa
belajar.
|
Fase 2
Menyajikan
informasi
|
Guru menyajikan informasi kepada
siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan.
|
Fase 3
Mengorganisasi
siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
|
Guru menjelaskan kepada siswa
bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan membantu setiap agar melakukan
transisi secara efisien.
|
Fase 4
Membimbing
kelompok belajar dan bekerja
|
Guru membimbing kelompok-kelompok
belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka.
|
Fase 5
Evaluasi
|
Guru mengevaluasi hasil belajar
tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil kerjanya.
|
Fase 6
Memberikan
penghargaan
|
Guru mencari cara-cara untuk
menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok.
|
Sintaks
Perbandingan dari Empat Pendekatan dalam Pembelajaran Kooperatif
Aspek
|
Tipe STAD
|
Tipe Jigsaw
|
Investigasi Kelompok
|
Pendekatam Struktural
|
Tujuan Kognitif
|
Informasi akademik sederhana
|
Informasi akademik sederhana
|
Informasi akademik tingkat tinggi
dan keterampilan inkuiri
|
Informasi akademik sederhana
|
Tujuan Sosial
|
Kerja kelompok dan kerja sama
|
Kerja kelompok dan kerja sama
|
Kerjasama dalam kelompok kompleks
|
Keterampilan kelompok dan
keterampilan social
|
Struktur tim
|
Kelompok heterogen dengan 4-5
anggota
|
Kelompok belajar heterogen dengan
5-6 anggota menggunakan pola kelompok asal dan kelompok ahli
|
Kelompok belajar dengan 5-6
anggota heterogen
|
Bervariasi, berdua, bertiga,
berkelompok dengan 4-6 anggota
|
Pemilihan topic pelajaran
|
Biasanya guru
|
Biasanya guru
|
Biasanya siswa
|
Biasanya guru
|
Tugas utama
|
Siswa dapat menggunakan lembar
kegiatan dan saling membantu untuk menutaskan materi belajarnya
|
Siswa mempelajari materi dalam
kelompok ahli kemudian membantu kelompok asal mempelajari materi itu
|
Siswa menyelesaikan inkuiri
kompleks
|
Siswa mengerjakan tugas-tugas yang
diberikan social dan kognitif
|
Penilaian
|
Tes mingguan
|
Bervariasi dapat berupa tes
mingguan
|
Menyelesaikan proyek dan menulis
laporan, dapat menggunakan tes esai
|
Bervariasi
|
Pengakuan
|
Lembar pengetahuan dan publikasi
lain
|
Publikasi lain
|
Lembar pengetahuan dan publikasi
lain
|
Bervariasi
|
Sintaks
Model Pembelajaran Inkuiri (Penemuan)
Tahap
|
Tingkah Laku Guru
|
Tahap 1
Observasi
untuk menemukan masalah
|
Guru menyajikan kejadian-kejadian
atau fenomena yang memungkinkan siswa menemukan masalah
|
Tahap 2
Merumuskan
masalah
|
Guru membimbing siswa merumuskan
masalah penelitian berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikannya
|
Tahap 3
Mengajukan
hipotesis
|
Guru membimbing siswa untuk
mengajukan hipotesis terhadap masalah yang telah dirumuskannya
|
Tahap 4
Merencanakan
pemecahan masalah (melalui eksperimen atau cara lain)
|
Guru membimbing siswa untuk
merencanakan pemecahan masalh, membantu menyiapkan alat dan bahan yang
diperlukan dan menyusun prosedur kerja yang tepat
|
Tahap 5
Melaksanakan
eksperimen (atau cara pemecahan masalh yang lain)
|
Selama siswa bekerja, guru
membimbing dan memfasilitasi
|
Tahap 6
Melakukan
pengamatan dan pengumpulan data
|
Guru membantu siswa melakukan
pengamatan tentang hal-hal yang penting dan membantu mengumpilkan dan
mengorganisasi data
|
Tahap 7
Analisis
data
|
Guru membantu siswa menganalisis
data supaya menemukan suatu konsep
|
Tahap 8
Penarikan
kesimpulan dan penemuan
|
Guru membimbing siswa mengambil
kesimpulan berdasarkan data dan menemukan sendiri konsep yang ingin
ditanamkan.
|
Sintaks
Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah
Tahap
|
Tingkah Laku Guru
|
Tahap 1
Orientasi
siswa kepada masalah
|
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran, menjelaskan logistic yang dibutuhkan, memotivasi siswa untuk
terlibat pada aktivitas pemecahan masalah yang dipilihnya
|
Tahap 2
Mengorganisasi
siwa untuk belajar
|
Guru membantu siswa mendefinisikan
dan mengorganisasi tugas belajar tugas belajar yang berhubungan dengan masalh
tersebut
|
Tahap 3
Membimbing
penyelidikan individual maupun kelompok
|
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan
informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen, untuk mendapat penjelasan dan
pemecahanmasalah
|
Tahap 4
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Guru membantu siswa dalam
merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video, dan
model dan membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya
|
Tahap 5
Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Guru membantu siswa untuk
melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka atau
proses-proses yang mereka gunakan
|
Sintak
Model Pembelajaran Langsung
Tahap
|
Peran Guru
|
Menyampaikan tujuan dan
mempersiapkan siswa
|
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran, informasi latar belakang pelajaran, pentingnya pelajaran,
mempersiapkan siswa untuk belajar
|
Mendemonstrasikan keterampilann
(pengetahuan procedural) atau mempresentasikan pengetahuan (deklaratif)
|
Guru mendemonstrasikan
keterampilan dengan benar, atau menyajikan informasi tahap demi tahap
|
Membimbing pelatihan
|
Guru merencanakan dan member
bimbingan pelatihan
|
Mengecek pemahaman dan memberikan
umpan balik
|
Guru mengecek apakah siswa telah
berhasil melakukan tugas dengan baik, memberi umpan balik
|
Memberukan kesempatan untuk
pelatihan lanjutan dan penerapan
|
Guru mempersiapkan kesempatan
untuk melakukan pelatihan lanjutan, dengan perhatian khusus pada penerapan
kepada situasi lebih kompleks dan kehidupan sehari-hari
|
No comments:
Post a Comment