Wednesday, December 6, 2017

PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT BAGI SISWA MADRASAH



PERILAKU HIDUP  BERSIH DAN SEHAT BAGI SISWA  MADRASAH

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله والشكرلله على نعم الله , والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه , لاحول ولاقوة الا با لله .
 رب اشرحلي صدري , ويسرلي امري , واحلل عقدة من لساني , يفقهوا قولي . اما بعد :

Yang kami mulyakan, segenap alim dan ulama, yang kami hormati bapak ibu dewan juri, teman - teman, hadirin rohimakumullah.
Segala puji hanyalah milik Allah SWT, sholawat  ma’as salam semoga selalu terlimpahkan kepada baginda Rosulullah Saw, keluarga, dan sahabatnya.

Bagaimana kabar hadirin semua?  Sehat semua ya........?  saya bisa menebak dari penampilan kalian yang rapi, bersih, wajah bersinar, dan ceria menunjukkan kalian semua sehat. Alhamdulillah ….
            Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Bagi Siswa Madrasah.
Teman-teman apakah sudah pernah mendengar istilah PHBS?  Ayo, siapa yang tahu apa Kepanjangan dari PHBS  itu? PHBS adalah kepanjangan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.  Yang dimaksud perilaku adalah  segala kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh sesorang sehingga menjadi kebiasaan. Sedangkan yang dimaksud hidup bersih dan sehat adalah pola hidup menjaga kebersihan baik itu kebersihan diri, dan lingkungan, sehingga tercipta diri dan lingkungan yang sehat, maka sudah sangat trep sekali dengan slogan yang sering kali kita dengar, bahwa : “Kebersihan pangkal kesehatan.”

Hadirin rohimakumullah,
Perilaku hidup bersih dan sehat sudah dimulai dari masa prenatal sampai usia lansia, yang dapat dilaksanakan melalui tri pusat lingkungan, lingkungan rumah, lingkungan madrasah/sekolah, dan lingkungan masyarakat. Berkaitan dengan pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat bagi siswa di madrasah inilah, kita sebagai siswa di madrasah perlu dibiasakan untuk hidup bersih dan sehat. Madrasah sebagai tempat kita belajar dan menuntut ilmu, juga sebagai lingkungan bagi siswa untuk bergaul dengan teman-temannya, harus diciptakan suasana lingkungan yang bersih dan sehat,  sehingga tercipta lingkungan yang nyaman.

Hadirin rohimakumullah,
            Pada hakekatnya, kebersihan meliputi 4 aspek:
1.       Bersih badan
2.       Bersih pakaian
3.       Bersih tempat
4.       Bersih hati
Apabila kebersihan telah mencakup 4 aspek di atas, maka Insya Allah akan terwujud akal yang sehat dan cerdas, sehingga tercetak generasi yang cerdas berprestasi,dan santun budi pekerti. Hal ini sesuai maqolah :
العقل السليم فى الجسم السليم

            Artinya: “Akal /pikiran yang sehat terdapat pada jiwa yang sehat pula”
Juga semboyan dalam bahasa Yunani mengatakan: “Man sana in Comporis sano”




Hadirin rohimakumullah,

            Perilaku hidup bersih dan sehat memang harus dilaksanakan bagi siswa madrasah karena Agama Islam sangat menjunjung tinggi kebersihan.
Terbukti ketika kita akan sholat, syaratnya antara lain; suci dari segala macam hadats, pakaian dan tempat kita sholat juga harus suci. Hati dan pikiran kita hendaknya bersih, konsentrasi menghadap Allah SWT .
Kita sebagai siswa madrasah, sangat hafal dalil tentang kebersihan, yaitu :

النظافة من الايمان
            Artinya : “Kebersihan adalah sebagian dari iman”

Berpijak pada hadits tersebut, maka madrasah sebagai tempat untuk mencetak siswa yang beriman dan berakhlak karimah, hendaknya diciptakan lingkungan bersih dan sehat. Maka  perlu ditanamkan sejak usia dini pada siswa untuk selalu berpenampilan rapi, bersih, dan sehat. Sebagai contoh siswa sebelum berangkat sekolah hendaknya sudah dibiasakan mandi pagi, sebagaimana dikenalkan dengan lagu Bangun Tidur , mari kita nyanyikan bersama – sama …

            Bangun Tidur ku terus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi ku ambil wudlu
Mengerjakan shalat shubuhku

Alhamadulillah tentunya kalian sudah hafal dengan lagu tersebut, ini menunjukkan bahwa kita setiap mau sekolah dibiasakan mandi pagi, gosok gigi, berpakaian bersih rapi, sholat shubuh, dan tidak lupa sarapan pagi. Inilah kebiasaan hidup yang harus dibiasakan pada diri kita masing-masing selaku siswa madrasah. Di Madrasah saya, setelah bel berbunyi,siswa berbaris di depan kelasnya masing- masing. Bapak/ ibu guru memeriksa kerapian dan kelengkapan pakaian siswa, sekaligus mengecek kesiapan siswa menerima pelajaran.

Hadirin rohimakulmullah,

Apabila semua siswa sudah melaksanakan kebersihan pada diri pribadi maka diharapkan dapat berlanjut dalam lingkungan madrasah dimana siswa tersebut bersekolah. Diantara kegiatan perilaku hidup bersih siswa di madrasah antara lain;  melaksanakan piket kerja sesuai jadwal , dengan membersihkan kelas dan halaman madrasah, disamping itu cuci tangan sebelum dan sesudah makan, serta membuang sampah pada tempatnya. Semua ini merupakan contoh kecil perilaku hidup bersih siswa di madrasah.
Di madrasah saya ada piala bergilir untuk memacu kebersihan masing – masing kelas. Kelas yang dinyatakan sebagai kelas terbersih, berhak memperoleh piala tersebut.

Hadirin rohimakumullah,
            Apabila warga madrasah sudah melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, maka terciptalah lingkungan madrasah yang indah dan nyaman. Sehingga terbentuklah pribadi siswa yang berprestasi, santun, bersih dan sehat yang dicintai Allah SWT, sebagaimana hadits Nabi Muhammad Saw:
ان الله جميل , يحب الجمال

Artinya : “Sesungguhnya Allah itu indah, dan Allah menyukai keindahan.”

Maka dari itu perilaku hidup bersih dan sehat memang perlu ditanamkan pada siswa madrasah sehingga tercipta HATINYA madrasah  yaitu Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman sehingga terbentuklah madrasah idola sebagaimana lagu berikut :

Madrasah sekolahku
Bersih sehat harapanku
Kubiasakan setiap waktu
Dalam hidupku
                        Madrasah idolaku
                        Berprestasi dambaanku
                        Ku yakin madrasahku
                        Nyaman slalu

Bersih sehat madrasahku
Santun prestasi harapanku

Dari uraian saya di atas, dapat disimpulkan bahwa :
1.    Perilaku hidup bersih dan sehat bagi siswa di madrasah harus diupayakan mencakup 4 aspek, yaitu kebersihan badan, pakaian, tempat dan hati.
2.    Pemantauan terhadap kebersihan dan kerapian pada diri siswa setiap hari sangat penting.
3.    Penghargaan dan sangsi tentang kebersihan dan kerapian di madrasah sangat penting untuk mendukung program PHBS di madrasah.
4.    Dengan suksesnya PHBS di madrasah, Insya Allah akan tercipta warga madrasah yang sehat, santun, dan berprestasi.

Demikianlah uraian saya tentang PHBS di madrasah, mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan.
                                                                                            
Billahit taufiq wal hidyah wa ridho wal inayah, wal afwu min kum


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

No comments:

Makalah: Mahabbah, Makrifah

BAB I PENDAHULUAN   A.      Latar Belakang Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa manusia larut dan terbuai dalam din...