10. Syaikh Muhammad Aman Al-Jami (1349-1416 H)
Nama Dan Nasabnya
Beliau rahimahullah
adalah Syaikh al-‘Allamah Abu Ahmad Muhammad Aman bin Ali Jami Ali.
Kelahirannya
Beliau dilahirkan
pada tahun 1349 H di desa Thagha Thab daerah Harar, Habasyah (Ethiopia),
Afrika.
Pertumbuhan Ilmiah
Dan Guru-Gurunya
Beliau rahimahullah
tumbuh di desanya, Thagha Thab. Di situ, beliau belajar al-Qur’an hingga khatam
kemudian belajar fiqh Madzhab Syafi’i. Beliau juga belajar bahasa Arab kepada
Syaikh Muhammad Amin al-Harari.
Kemudian beliau
meninggalkan desanya guna menuntut ilmu. Hingga bertemu sahabatnya dalam
menuntut ilmu, Syaikh Abdul Karim. Keduanya pergi belajar Nazhm Zubad karya
Ibnu Ruslan kepada Syaikh Musa dan belajar matan Minhaj kepada Syaikh Abadir.
Demikian pula, keduanya mempelajari beberapa bidang ilmu lainnya.
Keduanya lantas
sepakat pergi ke Saudi Arabia dalam rangka ibadah haji dan menuntut ilmu.
Mereka berdua melakukan perjalanan darat dari Habasyah menuju Somalia. Dari
somalia melakukan perjalanan lewat laut hingga ke Aden, Yaman. Kemudian
berjalan kaki hingga Mekkah.
Setelah menunaikan
ibadah haji pada tahun 1369 H, beliau rahimahullah memulai belajarnya dengan
menghadiri halaqah-halaqah di masjidil haram. Beliau belajar kepada Syaikh
Abdur Razaq Hamzah, Syaikh Abdul Haq al-Hasyimi, Syaikh Abdullah ash-Shomali
dan ulama lainnya.
Beliau berkenalan
dengan Syaikh Abdul Aziz bin bin Baz rahimahullah (mantan mufti ‘am kerajaan
Arab Saudi-red) dan menemaninya dalam perjalanan ke Riyadh ketika beliau masuk
ke Ma’had Ilmi di Riyadh.
Di antara rekan
beliau ketika belajar di Ma’had Ilmi adalah Syaikh Abdul Muhsin bin Hamd al-Abbad
dan Syaikh Ali bin Muhanna.
Di samping belajar di
Ma’had Ilmi, beliau juga menghadiri halaqah-halaqah ilmu di Riyadh. Beliau
menghadiri mejelis Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh, Syaikh Abdur Rahman
al-Afriqi, Syaikh Abdul Aziz bin Baz, Syaikh Muhammad al-Amin asy-Syinqithi,
Syaikh Hammad al-Anshari.
Beliau rahimahullah
juga belajar kepada Syaikh Abdur Razzaq Afifi, Syaikh Muhammad Khalil Harras
dan Syaikh Abdullah al-Qar’awi.
Pengabdiannya Kepada
Kaum Muslimin
Beliau diusulkan oleh
Syaikh Abdul Aziz bin Baz kepada Syaikh Muhammad bin Ibrahim, Mufti Saudi
Arabia waktu itu, agar ditugaskan mengajar di Ma’had Ilmi di Shamithah, daerah
Jazan. Usulan ini disetujui Syaikh Muhammad bin Ibrahim.
Ketika Universitas
Islam Madinah dibuka pada tahun 1381 H, beliau dipilih oleh Syaikh Abdul Aziz
bin Baz sebagai salah seorang pengajarnya dalam mata kuliah aqidah.
Beliau juga
ditugaskan sebagai pengajar di masjid Nabawi dalam bidang aqidah.
Beliau kerahkan upaya
beliau dalam dakwah ilallah di dalam dan di luar negeri Saudi selama kurang
lebih 40 tahun, menjelaskan aqidah salafiyah dan membantah ahli bid’ah serta
orang-orang yang menyeleweng dari jalan yang lurus. Beliau memiliki andil besar
dalam menjelaskan perbedaan-perbedaan yang mendasar antara manhaj salafi dan
manhaj-manhaj bid’ah yang hendak memalingkan umat dari manhaj Nabi shallallahu
alaihi wasallam dan para sahabatnya.
Karena kegigihan
dakwah inilah, beliau banyak mendapat rintangan dan gangguan. Tidak
henti-hentinya para pemilik kesesatan melontarkan tuduhan-tuduhan dan
perkataan-perkataan yang tidak pantas kepada beliau.
Sampai-sampai ada
yang berusaha memberikan gangguang fisik kepada beliau. Akan tetapi, tidak
henti-hentinya pula beliau membela dakwah salafiyah dengan penuh kesabaran dan
mengharap keridhaan Alloh, hingga beliau wafat.
Akhlaknya
Beliau dikenal gigih
dalam melakukan nasihat terhadap Alloh, Rasul-Nya, para pemimpin kaum muslimin,
dan orang-orang awam.
Beliau jarang bergaul
dengan manusia kecuali dalam kebaikan. Beliau selalu menjaga waktu-waktunya.
Kebiasaan beliau dikenal banyak orang; keluar dari rumahnya mengajar di
Jami’ah, kemudian pulang ke rumah, lalu ke masjid Nabawi menyampaikan ta’limnya
sesudah Ashar, sesudah Maghrib, sesudah Isya’ dan sesudah Fajar.
Begitulah jadwal
beliau, sampai beliau mengalami sakit keras hingga meninggal dunia. Beliau
dikenal menjaga lisannya, tidak mengejek, tidak mencela dan tidak mengghibah.
Bahkan beliau tidak mengizinkan seorangpun melakukan ghibah dan menyebut aib
manusia di hadapannya. Ketika terjadi suatu kesalahan pada sebagian panuntut
ilmu pada suatu kaset atau kitab, beliau mendengarkan atau membacanya. Jika
nampak bagi beliau kesalahan tersebut, beliau lakukan nasihat terhadapnya.
Beliau dikenal lembut dan pemaaf.
Dengan kelembutan dan sikap memaafkan, beliau hadapi ujian, makar dan gangguan.
Beliau memiliki perhatian yang sangat besar kepada murid-muridnya. Beliau
hadiri undangan-undangan mereka. Menanyakan keadaan mereka dan mengatasi
sebagian permasalahan keluarga mereka. Ringkasnya, beliau membantu mereka
dengan harta, waktu dan kedudukannya.
Pujian Para Ulama
Kepadanya
Syaikh Abdul Aziz bin
Baz rahimahullah berkata, “Beliau dikenal dengan keilmuannya, keutamaannya,
kelurusan aqidahnya dan kegigihan dakwahnya kepada Alloh serta memperingatkan
dari bid’ah dan khurafat. Semoga Alloh mengampuninya, menempatkannya dalam
keluasan surga-Nya, memperbagus keturunannya dan semoga Alloh mengumpulkan kita
semua dan beliau di negeri kemuliaan-Nya.”
Dalam kesempatan
lain, Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata. “Syaikh Muhammad Aman
al-Jami dan Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali, keduanya termasuk Ahli Sunnah.
Keduanya dikenal dengan keilmuan, keutamaan dan kelurusan aqidahnya. Syaikh
Muhammad Aman al-Jami telah wafat pada malam kamis 27 Sya’ban tahun ini. Aku
berwasiat agar dipelajari kitab-kitab keduanya. Aku memohon agar Alloh
memberikan taufiq kepada kita semua pada apa yang dia cintai dan dia ridhai.”
Syaikh Abdul Muhsin
bin Hamd al-Abbad berkata, “Aku mengenal Syaikh Muhammad Aman al-Jami ketika
belajar di ma’had ilmi Riyadh dan sebagai dosen di Universitas Islam Madinah.
Aku mengenal beliau dengan kelurusan aqidah dan keselamatan arah.
Beliau memiliki perhatian
yang besar dalam menjelaskan aqidah salaf dan memperingatkan dari kebid’ahan di
dalam ta’lim-ta’limnya, ceramah-ceramahnya dan tulisan-tulisannya. Semoga Alloh
mengampuninya, merahmatinya dan memberikan pahala yang berlimpah kepadanya.”
Syaikh Shalih
al-Fauzan berkata, “Orang-orang yang berilmu dan memiliki ijazah ilmiah banyak
sekali. Tetapi sedikit dari mereka yang bisa memanfaatkan dan memberikan faedah
dari ilmunya.
Syaikh Muhammad Aman
al-Jami termasuk kelompok sedikit dari para ulama yang mengarahkan ilmu dan
upaya mereka memberikan faedah dan mengarahkan kaum muslimin dengan dakwah
kepada Alloh melalui ta’lim-ta’limnya di Jami’ah Islamiyah dan masjid Nabawi
serta dalam perjalanan dakwahnya di dalam dan luar Saudi, menyeru kepada
tauhid, menyebarkan aqidah yang shahih, mengarahkan para pemuda umat ini kepada
manhaj salafush shalih dan memperingatkan mereka dari pemikiran-pemikiran yang
merusak dan seruan-seruan yang menyesatkan.
Siapa saja yang belum
mengenalnya secara langsung, bisa mengenal melalui kitab-kitabnya dan
kaset-kasetnya yang bermanfaat, yang menampakan keluasan ilmunya. Beliau terus
melanjutkan kebaikan amalnya hingga beliau wafat. Beliau tinggalkan ilmu yang
bermanfaat, yang terwujud pada murid-muridnya dan kitab-kitabnya. Semoga Alloh
merahmatinya dan membalasnya dengan kebaikan.”
Syaikh Rabi’ bin Hadi
al-Madkhali berkata, “ Adapun Syaikh Muahammad Aman, aku tidak mengetahui
beliau kecuali seorang yang beriman, bertauhid, salafi, faqih dalam agamanya,
dan mempuni dalam ilmu aqidah. Tidak pernah kulihat yang lebih bagus darinya
dalam memaparkan aqidah.
Beliau telah
mengajarkan kepada kami al-Wasithiyah dan al-Hamawiyah saat di marhalah
Tsanawiyah. Tidak pernah kami melihat yang lebih bagus dari beliau dalam
memahamkan para murid. Kami mengenal beliau dengan akhlak yang mulia, tawadhu
dan kewibawaan.
Kami memohon kepada
Alloh agar mengangkat derajat beliau di surga dengan sebab celaan-celaan dan
perkataan-perkataan yang tidak pantas dari ahlul ahwa’ (pengikut hawa nafsu)
kepadanya. Terakhir, beliau meninggal dengan berwasiat agar selalu berpegang
teguh dengan aqidah yang shahih, berwasiat kepada para ulama agar memperhatikan
masalah aqidah. Ini menunjukan kejujurannya –insya Alloh- dalam keimanannya dan
dalil atas khusnul khatimahnya. Semoga Alloh selalu mencurahkan kepada kita dan
beliau rahmat dan keridhaanNya.”
Syaikh Muhammad bin
Ali bin Muhammad Tsani berkata, “Beliau adalah seorang ulama salafi. Merupakan
teladan utama dalam dakwah islamiyah. Beliau memiliki ceramah-ceramah di masjid-masjid
dan pertemuan-pertemuan ilmiah di dalam dan luar negeri. Beliau memiliki
tulisan-tulisan dalam masalah aqidah dan yang lainnya. Semoga Alloh memberikan
balasan sebaik-baiknya kepada beliau dan mencurahkan pahala yang banyak di
akhirat.”
Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab al-Banna berkata, “Beliau adalah sebaik-baik yang kami cintai dalam keluhuran akhlaknya, kelurusan aqidahnya, dan kebagusan pergaulannya.”
Syaikh Muhammad bin
Hamud al-Waili berkata, “Aku mulai mengenal Syaikh Muhammad Aman al-Jami pada
tahun 1381 H ketika daulah Saudi Arabia mendirikan Universitas Islam Madinah.
Beliau termasuk para pengajar yang pertama ditugaskan di Universitas tersebut,
sedangkan aku salah seorang mahasiswanya. Beliau termasuk diantara para
masyayikh yang memberikan perhatian yang khusus kepada para murid sehingga
mereka tidak berhenti dalam hubungan pengajaran. Pada kebanyakan ta’limnya,
beliau memiliki perhatian yang besar dalam menjelaskan aqidah salafush shalih
dalam pelajaran aqidah maupun yang lainnya.
Ketika menjelaskan
aqidah salafush shalih dan berusaha menanamkannya dalam jiwa para muridnya yang
berasal dari seluruh penjuru negeri, beliau sampaikan dengan gaya bahasa yang
mereka mengerti. Karena beliau telah merasakan keindahan aqidah salaf dan
menelaah kedalamannya, sampai-sampai seorang yang mendengar dan menyaksikan
beliau ketika berbicara tentang aqidah salaf merasakan hatinya merasa cinta dan
terikat dengan aqidah salaf.
Beliau memiliki
banyak rihlah dakwah dan ta’lim di luar negeri Saudi. Tidak pernah datang suatu
kesempatan melainkan beliau gunakan untuk menjelaskan keagungan dan kejernihan
aqidah salaf dengan penjelasan yang memuaskan. Orang yang membaca
tulisan-tulisan dan risalah beliau akan meraba kebenaran dakwahnya. Saya hadir
ketika beliau mempertahankan disertasi doktornya di Darul Ulum cabang
Universitas Kairo Mesir.
Beliau berupaya di dalam disertasinya
tersebut menjelaskan kejernihan aqidah salaf dan keselamatan manhaj salaf.
Beliau singkapkan keborokan setiap manhaj yang menyeleweng dari aqidah salaf
serta kebatilan setiap tuduhan yang diarahkan kepada para penyeru aqidah salaf
yang menghabiskan umurnya menyeru dan mengabdi kepada aqidah salaf. Beliau juga
mematahkan setiap perkataan dan syubhat para pemilik kebatilan yang berusaha
menjatuhkan manhaj salaf.
Ringkasnya, beliau
begitu mendalam kecintaannya terhadap aqidah salafush shalih, ikhlas dalam
mendakwahkannya, begitu gigih dalam membelanya, serta pemberani di dalam
menyampaikan kebenaran. Semoga Alloh mengampuni beliau dan kita semua.”
Murid-Muridnya
Di antara
murid-muridnya: Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali, Syaikh Zaid bin Hadi
al-Madkhali, Syaikh Ali bin Nashir Faqihi, Syaikh Muhammad bin Hamud al-Waili,
Syaikh Abdul Qadir bin Habibullah as-Sindi, Syaikh Shalih bin Sa’d as-Suhaimi,
Syaikh Bakr bin Abdullah Abu Zaid, Syaikh Falih bin bin Nafi’ al-Harbi, Syaikh
Shalih ar-Rifa’i, Syaikh Falah Isma’il, Syaikh Falah bin Tsani, Syaikh Ibrahim
bin Amir ar-Ruhaili, dan masih banyak lagi selain mereka.
Tulisan-Tulisannya
Di antara
tulisan-tulisan beliau: Sifat Ilahiyyah fil Kitab was Sunnah Nabawiyyah fi
Dhau’il Itsbat wa Tanzih, Manzilatus Sunnah fi Tasyri’ Islami, Majmu’ Rasa’il
Jami’ Fil aqidah was Sunnah, Aqidah Islamiyyah wa Tarikhuha Haqiqatu
Demokratiah wa Annaha Laisat minal Islam, Haqiqatusy Syura fil Islam, Adhwa’
‘ala Thariqi Da’wah fil Islam, Tahhih Mafahim fi Jawaniba minal aqidah,
Muhadharah Difa’iyyah anis Sunnah Muhammadiyyah, aql wa Naql ‘inda Ibnu Rusyd,
Thariqatul Islam fi Tarbiyyah, Masyakilu Da’wah wa Du’at fi Ashril Hadits Islam
fi Afriqia Abra Tarikh, dan yang lainnya.
Wafatnya
Syaikh Muhammad Aman
al-Jami wafat di Madinah pada waktu pagi hari Rabu 26 Sya’ban 1416 H dan
dimakamkan di pekuburan Baqi’ Madinah. Semoga Alloh meridhainya dan
menempatkannya dalam keluasan jannah-Nya.
Syaikh Muhammad Bin Shalih
Al-Utsaimin
Nasab (Silsilah
Beliau)
Beliau bernama
Abdillah Muhammad Bin Shalih Bin Muhammad Bin Utsaimin Al-Wahib At-Tamimi.
Dilahirkan di kota Unaizah tanggal 27 Ramadhan 1347 Hijriyah.
Pertumbuhan Beliau
Beliau belajar
membaca Al-Qur’an kepada kakeknya dari ibunya yaitu Abdurrahman Bin Sulaiman
Ali Damigh Rahimahullah, hingga beliau hafal. Sesudah itu beliau mulai mencari
ilmu dan belajar khat (ilmu tulis menulis), ilmu hitung dan beberapa bidang
ilmu sastra.
Syaikh Abdurrahman
As-Sa’di Rahimahullah menugaskan kepada 2 orang muridnya untuk mengajar
murid-muridnya yang kecil. Dua murid tersebut adalah Syaikh Ali Ash-Shalihin
dan Syaikh Muhammad Bin Abdil Aziz Al-Muthawwi’ Rahimahullah. Kepada yang
terakhir ini beliau (syaikh Utsaimin) mempelajari kitab Mukhtasar Al Aqidah Al
Wasithiyah dan Minhaju Salikin fil Fiqh karya Syaikh Abdurrahman As-Sa’di dan
Al- Ajurrumiyah serta Alfiyyah.
Disamping itu, beliau
belajar ilmu faraidh (waris) dan fiqh kepada Syaikh Abdurrahman Bin Ali Bin
‘Audan. Sedangkan kepada syaikh (guru) utama beliau yang pertama yaitu Syaikh
Abdurrahman Bin Nashir As-Sa’di, beliau sempat mengkaji masalah tauhid, tafsir,
hadits, fiqh, ustsul fiqh, faraidh, musthalahul hadits, nahwu dan sharaf.
Beliau mempunyai
kedudukan penting di sisinya Syaikhnya Rahimahullah. Ketika ayah beliau pindah
ke Riyadh, di usia pertumbuhan beliau, beliau ingin ikut bersama ayahnya. Oleh
karena itu Syaikh Abdurrahman As-Sa’di mengirim surat kepada beliau: “Hal ini
tidak mungkin, kami menginginkan Muhammad tetap tinggal di sini agar dapat bisa
mengambil faidah (ilmu).”
Beliau (Syaikh
Utsaimin) berkata, “Sesungguhnya aku merasa terkesan dengan beliau (Syaikh
Abdurrahman Rahimahullah) dalam banyak cara beliau mengajar, menjelaskan ilmu,
dan pendekatan kepada para pelajar dengan contoh-contoh serta makna-makna.
Demikian pula aku terkesan dengan akhlak beliau yang agung dan utama sesuai
dengan kadar ilmu dan ibadahnya. Beliau senang bercanda dengan anak-anak kecil
dan bersikap ramah kepada orang-orang besar. Beliau adalah orang yang paling
baik akhlaknya yang pernah aku lihat.”
Beliau belajar kepada
Syaikh Abdul Aziz Bin Baaz -sebagai syaikh utama kedua bagi beliau- kitab
Shahih Bukhari dan sebagian risalah-risalah Syaikh Islam Ibnu Taimiyyah serta
beberapa kitab-kitab fiqh.
Beliau berkata, “Aku
terkesan terhadap syaikh Abdul Aziz Bin Baz Hafidhahullah karena perhatian
beliau terhadap hadits dansaya juga terkesan dengan akhlak beliau karena sikap
terbuka beliau dengan manusia.”
Pada tahun 1371 H,
beliau duduk untuk mengajar di masjid Jami’. Ketika dibukanya ma’had-ma’had al
ilmiyyah di Riyadh, beliau mendaftarkan diri di sana pada tahun 1372 H. Berkata
Syaikh Utsaimin Hafidhahullah, “Saya masuk di lembaga pendidikan tersebut untuk
tahun kedua seterlah berkonsultasi dengan Syaikh Ali Ash-Shalihin dan sesudah
meminta ijin kepada Syaikh Abdurrahman As-Sa’di Rahimahullah. Ketika itu ma’had
al ilmiyyah dibagi menjadi 2 bagian, umum dan khusus. Saya berada pada bidang
yang khusus. Pada waktu itu bagi mereka yang ingin “meloncat” - demikian kata
mereka- ia dapat mempelajari tingkat berikutnya pada masa libur dan kemudian
diujikan pada awal tahun ajaran kedua. Maka jika ia lulus, ia dapat naik ke
pelajaran tingkat lebih tinggi setelah itu. Dengan cara ini saya dapat
meringkas waktu.”
Sesudah 2 tahun,
beliau lulus dan diangkat menjadi guru di ma’had Unaizah Al ‘Ilmi sambil
meneruskan studi beliau secara intishab (Semacam Universitas Terbuka -red) pada
fakultas syari’ah serta terus menuntut ilmu dengan bimbingan Syaikh Abdurrahman
Bin Nashir As-Sa’di.
Ketika Syaikh
Abdurrahman Bin Nashir As-Sa’di wafat, beliau menggantikan sebagai imam masjid
jami’ di Unaizah dan mengajar di perpustakaan nasional Unaizah disamping tetap
mengajar di ma’had Al Ilmi. Kemudian beliau pindah mengajar di fakultas
syari’ah dan ushuludin cabang universitas Al Imam Muhammad Bin Su’ud Al
Islamiyah di Qasim. Beliau juga termasuk anggota Haiatul Kibarul Ulama di
Kerajaan Arab Saudi. Syaikh Hafidhahullah mempunyai banyak kegiatan dakwah
kepada Allah serta memberikan pengarahan kepada para Da’i di setiap tempat.
Jasa beliau sangat besar dalam masalah ini.
Perlu diketahui pula
bahwa Syaikh Muhammad Bin Ibrahim Rahimahullah telah menawarkan bahkan meminta
berulang kali kepada syaikh Utsaimin untuk menduduki jabatan Qadhi (hakim),
bahkan telah mengeluarkan surat pengangkatan sebagai ketua pengadilan agama di
Al Ihsa, namun beliau menolak secara halus. Setelah dilakukan pendekatan
pribadi, Syaikh Muhammad Bin Ibrahim pun mengabulkannya untuk menarik dirinya
(Syaikh Utsaimin -red) dari jabatan tersebut.
Karya-karya Beliau
Buku-buku yag telah
ditulis oleh Syaikh Utsaimin diantaranya adalah sebagai berikut:
1.
Talkhis
Al Hamawiyah, selesai pada tanggal 8 Dzulhijah 1380 H.
2.
Tafsir
Ayat Al Ahkam (belum selesai).
3.
Syarh
Umdatul Ahkam (belum selesai).
4.
Musthalah
Hadits.
5.
Al
Ushul min Ilmil Ushul.
6.
Risalah
fil Wudhu wal Ghusl wash Shalah.
7.
Risalah
fil Kufri Tarikis Shalah.
8.
Majalisu
Ar Ramadhan.
9.
Al
Udhiyah wa Az Zakah.
10. Al Manhaj li Muridil Hajj wal Umrah.
11. Tashil Al Faraidh.
12. Syarh Lum’atul I’tiqad.
13. Syarh Al Aqidah Al Wasithiyah.
14. Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah.
15. Al Qowaidul Mustla fi Siftillah wa
Asma’ihil Husna.
16. Risalah fi Annath Thalaq Ats Tsalats
Wahidah Walau Bikalimatin (belum dicetak).
17. Takhrij Ahadits Ar Raudh Al Murbi’
(belum dicetak).
18. Risalah Al Hijab.
19. Risalah fi Ash Shalah wa Ath Thaharah
li Ahlil A’dzar.
20. Risalah fi Mawaqit Ash Shalah.
21. Risalah fi Sujud As Sahwi
22. Risalah fi Aqsamil Mudayanah.
23. Risalah fi Wujubi Zakatil Huliyyi.
24. Risalah fi Ahkamil Mayyit wa Ghuslihi
(belum dicetak).
25. Tafsir Ayatil Kursi.
26. Nailul Arab min Qawaid Ibnu Rajab
(belum dicetak).
27. Ushul wa Qowa’id Nudhima ‘Alal Bahr Ar
Rajaz (belum dicetak).
28. Ad Diya’ Allami’ Minal Hithab Al
Jawami’.
29. Al Fatawaa An Nisaa’iyyah
30. Zad Ad Da’iyah ilallah Azza wa Jalla.
31. Fatawa Al Hajj.
32. Al Majmu Al Kabir Min Al Fatawa.
33. Huquq Da’at Ilaihal Fithrah wa
Qarraratha Asy Syar’iyah.
34. Al Khilaf Bainal Ulama, Asbabuhu wa
Muaqifuna Minhu.
35. Min Musykilat Asy Sayabab.
36. Risalah fil Al Mash ‘alal Khuffain.
37. Risalah fi Qashri Ash Shalah lil Mubtaisin.
38. Ushul At Tafsir.
39. Risalah Fi Ad Dima’ Ath Tabiiyah.
40. As’illah Muhimmah.
41. Al Ibtida’ fi Kamali Asy Syar’i wa
Khtharil Ibtida’.
42. Izalat As Sitar ‘Anil Jawab Al Mukhtar
li Hidayatil Muhtar.
Dan masih banyak
karya-karya beliau hafidahullah ta’ala yang lain. Wallahu ‘alam.
Wafat Beliau
(keterangan tambahan)
Sekarang
beliau telah meninggal dunia. Beliau meninggal pada hari Rabu 15 Syawal 1421
Hijriyah bertepatan dengan 10 Januari 2001 dalam usia yang ke 74. Semoga Allah
merahmati beliau dan memberikan balasan yang setimpal kepada beliau atas
jasa-jasa beliau kepada Islam dan Muslimin.
No comments:
Post a Comment