10. Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wadi’I (Wafat
1423 H)
Nama dan Nasabnya
Beliau adalah Syaikh
Al-Allamah Al-Muhaddits Abu Abdirrahman Muqbil bin Hadi bin Qayidah Al-Hamdany
Al-Wadi’I Al-Khilaly rahimahullah.
Kelahirannya
Beliau rahimahullah
dilahirkan pada tahun 1352 H di Damaj Yaman di sebuah lingkungan Zaidiyah
(Salah satu sekte Syi’ah) yang bercirikan tasawuf, mu’tazilah, dan berbagai
bid’ah lainnya.
Pertumbuhan Ilmiahnya
Beliau rahimahullah
memulai pelajarannya di Maktab di sebuah desa yang bernama Al-Wathan Damaj
Yaman beberapa lama kemudian berhenti karena tidak ada yang membantunya
belajar.
Kemudian beliau safar
ke Riyadh Saudi Arabia dan tinggal di sana sekitar sebulan setengah. Ketika
cuaca Riyadh berubah maka beliau berangkat ke Makkah. Beliau meminta petunjuk
kepada sebagian penceramah tentang kitab-kitab yang bermanfaat yang akan beliau
beli, maka beliau dinasehati agar membeli kitab Shahih Bukhari, Bulughul Maram,
Riyadhush Shalihin, dan Fathul Majid.
Beliau bekerja
sebagai penjaga sebuah gedung di Hajun sambil menelaah kitab-kitab tersebut.
Beliau sangat tertarik dengan kandungan kitab-kitab tersebut karena apa yang
dilakukan manusia di negerinya sangat berbeda dengan yang ada dalam kitab-kitab
tersebut.
Setelah beberapa lama
beliau pulang ke negerinya Yaman dan mulai mengingkari kemungkaran-kemungkaran
yang dilakukan kaumnya. Seperti menyembelih untuk selain Alloh, meminta kepada
orang-orang yang sudah mati, membangun kuburan, dan kesyirikan-kesyirikan
lainnya.
Reaksi yang muncul
dari kaumnya begitu keras, lebih-lebih dari orang Syi’ah yang memandang Syaikh
Muqbil sudah mengganti agamanya sehingga pantas dibunuh. Mereka memaksa Syaikh
Muqbil untuk belajar di Masjid Jami’ Al-Hadi untuk menghilangkan
syubhat-syubhatnya.
Kemudian beliau
berangkat ke Najran dan tinggal di sana selama dua tahun belajar kepada
Majduddin Al-Muayyid. Setelah itu berangkatlah beliau ke Makkah bekerja di
waktu siang dan belajar di waktu malam. Ketika dibuka Ma’had Al-Haram Al-Makky
beliau mendaftarkan diri dan diterima sehingga beliau menyelesaikan pendidikan
Mutawassithah dan Tsanawiyah. Kemudian beliau menuju ke Madinah dan masuk ke
Universitas Islam Madinah di Fakultas Da’wah dan Ushuluddin.
Ketika dibuka
Fakultas Pasca Sarjana di Universitas Islam Madinah, Beliau mendaftarkan diri
dan diterima. Risalah Magisternya adalah tahqiq kitab Ilzamat dan Tatabbu’
oleh Al-Imam Daruquthni.
Dakhwahnya di Yaman
Ketika terjadi fitnah
kelompok Juhaiman di Masjidil Haram, beliau rahimahullah dituduh termasuk
kelompok mereka sehingga beliau dipenjara dan dipulangkan ke Yaman.
Sesampainya beliau di
Yaman, beliau memulai dakhwahnya dengan mengajari Al-Qur’an kepada anak-anak di
kampungnya. Beliau dengan gigih mendakwahkan dakwah salafiyah, dakhwah tauhid
dakwah yang haq, meski begitu banyak rintangan yang menghadangnya dari kelompok
syi’ah, sufiyah, dan sekuler.
Beliau rahimahullah
mulai dakwahnya dari kampungnya yang kecil yang dikelilingi gunung-gunung
tetapi cahaya dakwah beliau memancar hingga ke pelosok-pelosok yang jauh di
Yaman.
Dengan pertolongan Alloh ’Azza wa Jalla, kemudian dengan kegigihan beliau mulailah dengan manusia meninggalkan kesyirika-kesyirikan dan kemungkaran-kemungkaran yang sebelumnya merupakan kebiasaan mereka sehari-hari.
Dengan pertolongan Alloh ’Azza wa Jalla, kemudian dengan kegigihan beliau mulailah dengan manusia meninggalkan kesyirika-kesyirikan dan kemungkaran-kemungkaran yang sebelumnya merupakan kebiasaan mereka sehari-hari.
Ketika dakwah beliau
mulai terdengar ke seluruh penjuru, berbondong-bondonglah manusia menuju tempat
beliau untuk mengambil ilmu. Datanglah para penuntut ilmu dari daerah-daerah
sekitarnya,bahkan dari luar negeri Yaman seperti Mesir, Kuwait, Haramain, Najd,
Libia, Al-Jazair, Maghrib (Maroko), Turki, Inggris, Indonesia, Amerika,
Somalia, Belgia, dan negeri-negeri lainnya.
Keberaniannya Dalam
Mengingkari Kemungkaran
Beliau rahimahullah
dikenal pemberani di dalam mengucapkan kebenaran dan mengingkari kemungkaran.
Tidak takut kepada siapa pun di dalam membela kebenaran. Siapa saya yang
membaca tulisan-tulisan dan mendengarkan kaset-kaset beliau akan mengetahui hal
itu.
Beliau berbicara
tentang bid’ah-bid’ah, kesyirikan-kesyirikan, kezhaliman-kezhaliman, dan
kerusakan-kerusakan. Beliau memiliki banyak bantahan-bantahan kepada para
pemilik kebathilan di dalam tulisan-tulisan dan kaset-kaset beliau.
Perhatian Kepada Para
Penuntut Ilmu
Beliau begitu besar perhatiannya
kepada para penuntut ilmu. Beliau sangat bersedih jika ada dari para
murid-muridnya membuthkan sesuatu kemudian tidak bisa mendapatkannya.
Beliau pernah berkata
di dalam majelisnya, ”Beban terberat yang aku hadapi yang aku rasakan lebih
berat daripada menghadapi ahli bid’ah dan menulis adalah kebutuhan murid-murid
kami”.
Keluhuran Jiwanya
Beliau rahimahullah
begitu luhur jiwanya, menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak pantas, menjaga
diri dari meminta-minta kepada orang lain, sampai-sampai beliau merasa berat
memintakan kepada para muhsinin (dermawan) untuk kepentingan para muridnya.
Ketika Syaikh Abdul Aziz bin Baz mengetahui hal itu maka beliau mengirim surat
kepada Syaikh Muqbil yang isinya, ”Tulislah permohonan wahai Abu Abdurrahman,
engkau akan mendapatkan pahala darinya!”
Beliau latih para muridnya pada sifat yang agung ini. Beliau mencela dan memperingatkan dari orang-orang yang meminta-minta kepada manusia atas nama dakwah, dan ini bukan berarti beliau rahimahullah menyeru para penuntut ilmu agar meninggalkan taklimnya untuk berdagang. Maksud beliau, makan dari hasil usaha sendiri lebih baik daripada meminta-minta.
Beliau latih para muridnya pada sifat yang agung ini. Beliau mencela dan memperingatkan dari orang-orang yang meminta-minta kepada manusia atas nama dakwah, dan ini bukan berarti beliau rahimahullah menyeru para penuntut ilmu agar meninggalkan taklimnya untuk berdagang. Maksud beliau, makan dari hasil usaha sendiri lebih baik daripada meminta-minta.
Beliau rahimahullah
juga berkata, ”Aku menasehatkan kepada ahli sunnah agar bersabar atas
kefaikiran, karena itulah keadaan yang Alloh pilihkan kepada Nabi-Nya Shollallahu
’Alayhi wa Sallam.
Kesabarannya
Beliau rahimahullah
memiliki kesabaran yang sulit dicari bandingannya. Beliau begitu sabar atas
bebrbagai penyakit yang menimpanya, bersabar atas penyakit busung air yang bertahun-tahun
dideritanya. Demikian pula atas penyakit lever yang menimpanya. Merupakan hal
yang menakjubkan bahwa beliau dalam keadaan sakit tidak pernah meninggalkan
taklimnya. Pernah suatu saat beliau menyampaikan pelajarannya dalam keadaan
tangannya diikat dengan perban ke lehernya.
Kezuhudan,
Kesederhanaan, Kedermawanan, dan Wara’nya.
Beliau dikenal dengan
kezuhudannya dan beliau biasakan para muridnya atas sifat yang mulia ini.
Beliau sampaikan kepada mereka bahwa dengan sifat inilah mereka akan mendapatkan
ilmu. Beliau sangat sederhana dalam tempat tinggal, pakaian dan makanannya.
Di antara hal yang
menunjukkan kezuhudannya pada dunia, beliau wakafkan tanag belia yang luas
untuk tempat tinggal para muridnya yang sekarang ditempati sekitar 250 rumah.
Beliau memiliki sifat
tawadhu’ yang sulit dicari bandingannya. Jika beliau sedang berjalan kemudian
dipanggil oleh seorang anak kecil maka beliau langsung berhenti, menyapanya,
dan menanyakan apa yang dikehendaki. Ketika beliau di majelis taklimnya datanglah
seorang anak kecil, beliau hentikan pelajarannya dan berkata anak kecil itu
kepadanya, ”Aku ingin membaca sebuah hadits di mikrofon.” maka beliau dudukkan
anak kecil tersebut di depannya untuk membaca hadits yang dikehendakinya.
Beliau dikenal dengan
sifat wara’, tidak pernah tersisa dana dakwah disisinya karena selalu beliau
serahkan kepada penanggungjawabnya.
Kegigihan Dalam
Berdakwah
Beliau rahimahullah
begitu gigih dalam berdakwah meskipun begitu padat kesibukannya daalam mengajar
dan menulis. Beliau arahkan para muridnya dengan mengatakan, ”Janganlah kalian
hanya menuntut ilmu dan meninggalkan dakwah, wajib atas kalian mendakwahkan
ilmu yang kalian pelajari!”
Beliau melakukan
perjalanan dakwah di kota-kota dan desa-desa Yaman, mendaki gunung-gunung dan
menuruni lembah-lembah.
Beliau mengalami
vabyak rintangan dari para musuh-musuhnya seperti jama’ah Ikhwanul Muslimin,
Jam’iyah Hikmah dan Ihsan, kelompok sekuler, Sufiyah, dan selain mereka, tetapi
beliau tidak pernah surut dalam dakwahnya kepada Kitab dan Sunnah.
Ceramah-ceramah
dakwah beliau dihadiri oleh jumlah yang sangat besar hingga di sebagian tempat
ceramah diadakan di tanah lapang karena masjid yang ada tidak mampu memuat
jumlah hadirin.
Beliau peringatkan
manusia dari kesyirikan, kebid’ahan, demokrasi dan parlemen. Beliau ingatkan
kaum muslimin agar tidak memberikan loyalitas kepada musuh-musuh Islam, dan
meninggalkan fitnah hizbiyyah yang telah menceraiberaikan umat.
Kegigihannya Dalam
Mempelajari dan Menyampaikan Ilmu
Beliau begitu gigih di
dalam mengajarkan ilmu. Satu jam sebelum Zhuhur beliau mengajarkan kitabnya Shahih
Musnad mimma Laisa fi Shahihain, setelah itu kitab Jami’ Shahih Musnad
mimma Laisa fi Shahihain. Sesudah sholat Zhuhur belia mengajarkan Tafsir
Ibnu Katsir dua hari sekali bergantian dengan kitab Shahih Musnad min Asbabin
Nuzul. Ketika kitab yang akhir ini selesai beliau ganti dengan kitab Jami’
Shahih. Sebelum Zhuhur beliau menelaah pelajaran di rumahnya selama seperempat
jam.
Sesudah Ashar beliau
mengajarkan kitab Shahih Bukhary, dan sesudah Magrib mengajarkan Shahih Muslim
dan Kitabnya Ahaditsu Mu’allah Zhahiruha Shihhah. Selesai dari kitab
yang akhir ini beliau menggantinya dengan kitabnya Gharatul Fishal alal
Mu’tadin ala Kutubil Ilal.Selesai dari kitab yang akhir ini beliau
mengajarkan kitabnya Dzammul Mas’alah, kemudian setelah selesai diganti
dengan kitab Shahih Musnad min Dalail Nubuwwah. Bersama kedua kitab ini
beliau ajarkan juga kitab Mustadrak dan kitabnya Shahih Musnad fil
Qadar. Demikianlah urut-urutan taklim beliau hingga beliau wafat.
Jika beliau berbicara
tentang rijal maka beliau adalah pakarnya, jika beliau sedang diskusi dengan
murid-muridnya dalam masalah nahwu maka seakan-akan tidak ada selsain beliau
yang mengetahui disiplin ilmu ini, jika beliau berbicara tentang ilal maka
membuat terhenyak orang yang ada dihadapannya. Demikian juga beliau memiliki
kecepatan luar biasa di dalam menghadirkan dalil-dalil dari Kitab dan Sunnah.
Guru-gurunya
Beliau mempelajari ilmu-ilmu
syar’i dari para ulama besar dizamannya seperti : SYAIKH Abdul Aziz bin
Abdullah bin Baz, Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albany, Syaikh Abdullah bin
Humaid, Syaikh Muhammad As-Sabil, Syaikh Abdul Aziz Ar-Rasyid, Syaikh Yahya
Al-Bakistany, Syaikh Muhammad bin Abdullah ASH-Shamaly, Syaikh Muhammad Hakim
Al-Mishry, dan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Mishry.
Murid-muridnya
Di antara
murid-muridnya adalah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Washshaby Al-Abdaly,
Syaikh Yahya bin Ali Al-Hajury, Syaikh Muhammad bin Abdullah Ar-Rimy Al-Imam,
Syaikh Abdul Aziz bin A;-Bar’i, Ummu Abdillah Al-Wadi’iyah putrinya, Ummu
Syu’aib Al-Wadi’iyah istri keduanya, Ummu Salamah istri ketiganya, dan masih
banyak lagi selain mereka.
Tulisan-tulisannya
Diantara tulisan-tulisannya
adalah Shahih Musnad mimma Laisa fi Shahihain, Tarajim Rijal Al-Hakim fil
Mustadrak, Tatabbu’ Auham Al-Hakim allati Sakata Alaiha Adz-Dzhaby, Tarajim
Rijal Sunan Daruquthni, Shahih Musnad min Dalail Nubuwwah, Gharatul Fishal
’alal Mu’tadin ’ala Kutubil Ilal, Jami’ Shahih fil Qadar, Sha’qatu; Zilzal
Linasfi Abathil Rafdhi wal I’tizal, Ijabatus Sail’an Ahammil Masail,
Asy-Syafa’ah, Riyadhul Janna fi Raddi ’ala A’dai Sunnah, Tuhfatul Arib ’ala
As’ilatil Hadhir wal Gharib, Al-Makhraj minal Fitnah, Shahih Musnad min Asbabin
Nuzul, Rudud Ahlil Ilmi ’ala Tha’inin fi haditsi Sihr, Mushara’ah. Ilhad
Khomeni fi Ardhil Haramain, Al-Ba’its ala Syarhil Hawadits, Irsyad Dzawil
Fathan Liib’adi Ghulati Rwafidh ’anil Yaman, Jami’ Shahih Musnad mimma Laisa fi
Shahihain, Gharatul Asyrithah ’ala Ahlil Jahli wa Safsathah, Fawakih Janiyah
fil Khuthab wal Muhadharat Saniyah, Qam’ul Mu’anid wa Zajrul Haqidil Hasid,
Majmu’atu Rasail Ilmiyah, Tuhfatusy Syab Rabbany, Fatwa fi Wihdatil Muslimin
ma’al Kuffar, Iqamatil Burhan ala Dhalali Abdur Rahim Ath-Thahhan, Dibaj fi
Maratsy Syaikhul Islam Abdul Aziz bin Baz, Hukmu Tashwir Dzawatil Arwah,
Muqtarah fi Ajwibati As’ilatil Musthalah, Fadhaih wa Nashaih, Maqtal Syaikh
Jamilurrahman, Iskatul Kalbil’Awi, Tahqiq Tafsir Ibnu Katsir, Shahih Musnad
mimma Tafsir bil Ma’tsur, dan Kitab Ilzamat wa Tatabbu’ lil Imam
Daruquthni dirasah wa tahqiq.
Wafatnya
Syaikh Muqbil bin
Hadi Al-Wadi’i wafat di Jedda pada malam Ahad 1 Jumadil Ula tahun 1422 H dalam
usia sekitar 70 tahun dan dimakamkan di Makkah di samping Syaikh Abdul Aziz bin
Baz dab Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin. Semoga Allah meridhainya dan
menempatkannya dalan keluasan jannah-Nya.
Nasihat Syaikh
Muqbil: Nasehatku Bagi Ahlu Sunnah
Hendaklah mereka menjauhi sebab-sebab perpecahan dan perselisihan di mana akidah Ahlu Sunnah satu dan visi mereka satu, tidak ada pada mereka alasan untuk berpecah belah dan berselisih kecuali kejahilan, kelaliman dan setan.
Dalam sahih muslim, “Sesungguhnya setan telah berputus asa untuk disembah oleh orang-orang ahli sholat di jazirah Arab, hanya saja dengan dia menaburkan benih perpecahan di antara mereka.”
Hendaklah mereka menjauhi sebab-sebab perpecahan dan perselisihan di mana akidah Ahlu Sunnah satu dan visi mereka satu, tidak ada pada mereka alasan untuk berpecah belah dan berselisih kecuali kejahilan, kelaliman dan setan.
Dalam sahih muslim, “Sesungguhnya setan telah berputus asa untuk disembah oleh orang-orang ahli sholat di jazirah Arab, hanya saja dengan dia menaburkan benih perpecahan di antara mereka.”
1.
Perselisihan
itu buruk sebagaimana yang dikatakan oleh Abdullah bin Mas’ud sewaktu Utsman
mengimami orang-orang sholat di Mina sebanyak empat rakaat, maka Abdullah
beristirja’ (mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi raji’un) lalu
berkata, “Saya telah melakukan sholat bersama Rosululloh dua rakaat bersama
Abu Bakar dua rakaat juga bersama Umar (dua rakaat).”
2.
Muslim
meriwayatkan dalam sahihnya dari Ibnu Mas’ud yang berkata, “Dahulu
Rosululloh meluruskan pundak-pundak kami untuk sholat dan beliau bersabda,
‘Janganlah kalian berbeda-beda, maka hati kalian akan berselisih. Hendaklah
yang berada di belakangku di antara kalian orang-orang dewasa yang berilmu lalu
yang berikutnya lalu yang berikutnya!!’”
3.
Imam
Bukhori meriwayatkan dalam Sahihnya dari An Nu’man bin Basyir, ia berkata bahwa
Rosululloh bersabda, “Benar-benar kalian akan meluruskan shaf-shaf kalian
atau Alloh akan menyelisihkan wajah-wajah kalian.”
4.
Dari
Al Barra’ bin Azib, ia berkata, “Dahulu Rosululloh menyusupi shaf dari satu
sisi ke sisi lainnya, Beliau meratakan pundak kami seraya bersabda, ‘Janganlah
kalian berbeda-beda sehingga qalbu kalian berselisih.’ Rosululloh juga bersabda
, ‘Sesungguhnya Alloh dan para malaikat bersholawat untuk shaf-shaf pertama.’”
(Diriwayatkan oleh Abu Dawud dengan sanad sahih, rijal-rijalnya sahih, kecuali
Abdurrahman bin Usajah, namun An Nasaai telah mentsiqohkannya)
5.
Dalam
Shohihain dari Ibnu Abbas, ia berkata, “Ketika menjelang kematian Nabi,
sementara di rumah beliau da beberapa orang laki-laki termasuk Umar bin Al
Khattab, beliau bersabda, “Kemarilah saya akan menuliskan bagi kalian sebuah
tulisan yang kalian tidak akan sesat setelahnya.” Umar berkata, “Sesungguhnya
Nabi telah merasakan sakit yang sangat sementara pada kalian ada Al Quran dan
cukuplah bagi kita Kitabulloh.” Akhirnya orang-orang yang ada di rumah itu
berselisih dan bertengkar, di antara mereka ada yang berkata, “Dekatkanlah
agar Rosululloh menuliskan buat kalian sebuah tulisan hingga kalian tidak akan
sesat setelahnya.” Tapi di antara mereka juga ada yang mengatakan seperti
perkataan Umar. Sehingga tatkala mereka sudah sangat gaduh dan berselisih di
sisi Rosululloh, beliau bersabda, “Pergilah kalian dariku!”. Ubaidullah
berkata: Dahulu Ibnu Abbas berkata, ”Sesungguhnya bencana, benar-benar
bencana apa yang menghalangi Rosululloh untuk menuliskan bagi mereka tulisan
itu, yakni perselisihan dan kegaduhan mereka.”
6.
Al
Bukhori meriwayatkan dalam Shohihnya dari Ubadah bin Shamit ia berkata: Nabi
keluar untuk mengabarkan kami tentang Lailatul Qadr. Lalu tiba-tiba ada
dua orang kaum muslimin yang bertengkar, maka Rosululloh bersabda, “Saya
tadinya keluar hendak mengabarkan kalian tentang malam Lailatul Qadr, lalu si
fulan dan fulan bertengkar, maka hal itu terangkat (terlupakan). Semoga itu
lebih baik bagi kalian, carilah di kesembilan, ketujuh dan kelima!!”
7.
Muslim
meriwayatkan dalam Shohihnya dari Abi Sa’id Al Khudri yang berkata, “Rosululloh
beri’tikaf di sepuluh hari pertengahan Ramadhan untuk mencari Lailatul Qodr
sebelum ditampakkan bagi beliau. Ketika selesai sepuluh hari pertengahan
Ramadhan, beliau memerintahkan untuk merobohkan bangunan masjid untuk
diperbaiki. Setelah itu, ditampakkan bagi beliau bahwa Lailatul Qadr di sepuluh
terakhir maka beliau pun memerintahkan untuk membangunnya, ia pun dibangun
kembali. Kemudian beliau keluar menemui orang seraya bersabda, “Wahai
manusia sesungguhnya tadi telah ditampakkan padaku Lailatul Qadr, serta saya telah
keluar untuk mengabarkan kalian tentangnya, namun tiba-tiba datang dua orang
laki-laki yang berperkara, keduanya disertai setan, sehingga saya pun
terlupakan (Lailatul Qodr), maka carilah di sepuluh terakhir Ramadhan!!”
Sampai ucapan Imam Muslim: Ibnu Khallad meriwayatkan “Dua lelaki yang
bertengkar “ sebagai pengganti dari “Dua lelaki yang beperkara “.
8.
Abu
Daud meriwayatkan dengan sanad yang sahih dari Abi Tsa’labah Al Khusyani, ia
berkata bahwa Umar berkata, “Dahulu orang-orang kalau Rosululloh tinggal di
suatu tempat, mereka pun berpencar ke pelbagai celah bukit dan lembah, maka
Rosululloh bersabda, “Sesungguhnya berpencarnya kalian di celah-celah bukit
dan lembah ini, hanyalah timbul sebab setan.” Maka tidaklah beliau singgah
di suatu tempat setelah itu melainkan semua mereka berkumpul, sehingga
diungkapkan (tentang mereka); “Andaikan dihamparkan satu kain untuk mereka
maka itu sudah mencukupi”.
9.
Al
Bukhori meriwayatkan dalam Shohihnya dari Ali yang berkata, “Putuskanlah
sebagaimana dahulu kalian putuskan, sebab sesungguhnya saya tidak suka
perselisihan, agar manusia menjadi satu jamaah atau saya wafat sebagaimana
wafatnya para sahabatku.”
Kalian –Alhamdulillah-
wahai Ahlusunnah!! Bukanlah seperti Rawafidh (orang-orang Syiah Rafidhah) yang
sebagian mereka mengafirkan sebagian yang lainnya, demikian juga para pemimpin
Mu’tazilah sebagaimana mereka mengafirkan sebagian yang lainnya, sebagaimana
yang tersebut dalam kitab Milal wan Nihal. Adapun Ahlusunnah –Alhamdulillah,
kebanyakan perselisihan mereka hanya tentang makna kalimat hadits dalam
perkara-perkara ibadah yang memang datang dari Peletak Syariat secara beragam
atau hanya tentang suatu hadits yang sisi pandang mereka berbeda-beda dalam
menyahihkan atau mendhaifkan, dan lain sebagainya dari sebab-sebab perbadaan
pendapat yang telah disebutkan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taymiyyah.
Kalian mengetahui
wahai Ahlusunnah!! Kalau para musuh kalian sangat merindukan agar kalian
tertimpa bencana… kalian tahu kalau para musuh Islam tidaklah menakuti selain kalian,
sehingga mereka sangat berambisi untuk memecah belah kekuatan persatuan kalian
dengan segala macam cara.
Sesungguhnya kewajiban Ahlusunnah untuk memberi kesiapan memberikan solusi bagi semua persoalan dunia, merekalah yang mampu untuk itu dan pantas untuk itu, merekalah orang-orang yang telah Alloh berikan pemahaman terhadap Kitabulloh dan Sunnah Rosululloh secara benar.
Sesungguhnya kewajiban Ahlusunnah untuk memberi kesiapan memberikan solusi bagi semua persoalan dunia, merekalah yang mampu untuk itu dan pantas untuk itu, merekalah orang-orang yang telah Alloh berikan pemahaman terhadap Kitabulloh dan Sunnah Rosululloh secara benar.
Sesungguhnya
Ahlusunnah ternilai sebagai mayoritas penduduk dunia Islam, hanya saja berpecah
belahnya mereka, berselisihnya mereka, dan kejahilan masing-masing bangsa
tentang ihwal bangsa selainya telah membuat mereka meleleh dalam pandangan
masyarakat dunia. Namun kita benar-benar mengharapkan semoga Alloh memberikan
taufik kepada semua yang tegak mendakwahkan Sunnah untuk benar-benar
memperhatikan keadaan Ahlusunnah serta menutupi kekurangan dan keberadaannya,
semoga Alloh mengumpulkan kekuatan mereka.
Bukankah kalian wahai
Ahlusunnah, manusia yang paling pantas dikumpulkan kekuatannya dan disatukan
kalimatnya?! Robbul ‘Izzah berfirman dalam kitabnya yang mulia:
وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللهِ جَمِيعًا وَلاَ تَفَرَّقُوا
“Dan
berpeganglah kamu semuanya kepada tali Alloh, dan janganlah kamu bercerai
berai.” (QS. Ali Imran: 103)
Nabi bersabda
sebagaimana yang disebut dalam Shohihain dari hadits Abu Musa, “Seorang
mukmin bagi mukmin lainnya laksana satu bangunan yang sebagiannya menguatkan
sebagian lainnya.”
Dan beliau bersabda, “Perumpamaan
kaum mukminin dalam cinta dan kasih sayang mereka laksana satu tubuh, jikalau
ada anggota tubuh yang mengeluh, maka seluruh tubuh akan ikut merasakan sakit
dan gelisah.”
Rafidhah menyibukkan
dunia dengan kabar beritanya dan menyesatkan banyak manusia, bahkan menghalangi
mereka dari menunaikan manasik (ibadah) haji. Di mana manusia telah datang dari
segala penjuru yang jauh dan menunaikan manasik haji dan untuk mengingat Alloh
di berbagai tempat yang mengandung syiar penuh barokah itu, lalu tiba-tiba
keluar Rafidhah melakukan demonstrasi jahiliah sambil meneriakkan,
“Khomeini…Khomeini…!!!”
Maka siapakah yang
sanggup untuk menghancurkan perkumpulan macam ini yang melakukan pelanggaran
terhadap perintah Alloh dan menjadikan haji sebagai syiar anarkis, kericuhan
dan seruan jahiliah…!!?? Tidak ada yang sanggup selain Ahlusunnah (dengan izin
Alloh) jika kalimat mereka bersatu dan mereka benar-benar sebagai Ahlusunah
sejati.
Sesungguhnya
kebangkitan Islam yang telah dikehendaki oleh Alloh ini membutuhkan perhatian,
lalu siapakah yang akan memperhatikannya selain dari Ahlusunnah?!
No comments:
Post a Comment