10. Syaikh
Shalih ibn Fauzan ibn Abdullah ibn Fauzan
Beliau
adalah yang mulia Syaikh Dr. Shalih ibn Fauzan ibn Abdullah dari keluarga
Fauzan dari suku Ash Shamasiyyah.Beliau lahir pada tahun 1354 H/1933 M. Ayah
beliau meninggal ketika beliau masih muda, jadi beliau dididik oleh keluarganya.
Beliau belajar al Quran, dasar-dasar membaca dan menulis dengan imam masjid di
kotanya, yaitu yang mulia Syaikh Hamud ibn Sulaiman at Tala’al, yang kemudian
menjadi hakim di Kota Dariyyah (bukan dar’iyyah di Riyadh) di sebuah wilayah
Qhosim.
Syaikh
Fauzan kemudian belajar di sekolah negara bagian ketika baru dibuka di Ash
Shamasiyyah pada tahun 1369 H/1948 M. Beliau menyelesaikan studinya di sekolah
Faisaliyyah di Buraidah pada tahun 1371 H/1950 M. Kemudian, beliau ditugaskan
sebagai guru sekolah taman kanak-kanak. Selanjutnya, beliau masuk di institute
pendidikan di Buraidah ketika baru dibuka pada tahun 1373 H/1952 M, dan lulus
dari sana tahun 1377 H/1956 M. Beliau kemudian masuk di Fakultas Syari’ah
(Universitas Imam Muhammad) di Riyadh dan lulus pada tahun 1381 H/1960 M.
Setelah itu, beliau memperoleh gelar master di bidang fiqih, dan meraih gelar
doctor dari fakultas yg sama, juga spesialis dalam bidang fiqih.
Setelah
kelulusannya dari Fakultas Syari’ah, beliau ditugaskan sebagai dosen di
institut pendidikan di Riyadh, kemudian beralih menjadi pengajar di Fakultas
Syari’ah. Selanjutnya, beliau ditugasi mengajar di departemen yang lebih
tinggi, yaitu Fakultas Ushuluddin. Kemudian beliau ditugasi untuk mengajar di
mahkamah agung kehakiman, di mana beliau ditetapkan sebagai ketua. Beliau lalu
kembali mengajar di sana setelah periode kepemimpinannya berakhir. Beliau
kemudian menjadi anggota Komite Tetap untuk Penelitian dan Fatwa Islam (Kibaril
Ulama), sampai sekarang.
Yang
mulia Syaikh adalah anggota ulama kibar, dan anggota komite bidang fiqih di
Mekkah (cabang Rabithah), dan anggota komite untuk pengawas tamu haji, sembari
juga mengetuai keanggotaan pada Komite Tetap untuk Penelitian dan Fatwa Islam.
Beliau juga imam, khatib, dan dosen di Masjid Pangeran Mut’ib ibn Abdul Aziz di
al Malzar.
Beliau
juga ikut serta dalam surat-menyurat untuk pertanyaan di program radio “Noorun
‘alad-Darb”, sambil beliau juga ikut serta dalam mendukung anggota penerbitan
penelitian Islam di dewan untuk penelitian, studi, tesis, dan fatwa Islam yang
kemudian disusun dan diterbitkan. Yang mulia syaikh Fauzan juga ikut serta
dalam mengawasi peserta tesis dalam meraih gelar master dan gelar doctor.
Beliau
mempunyai murid-murid yang sering menimba ilmu pada pertemuan dan pelajaran tetapnya.
Beliau sendiri termasuk bilangan para ulama terkemuka dan ahli hukum, yang
mayoritas para tokohnya antara lain: Yang mulia Syaikh
‘Abdul-’Azeez ibn Baaz (rahima-hullaah);Yang mulia Syaikh
‘Abdullaah ibn Humayd (rahima-hullaah);Yang mulia Syaikh
Muhammad al-Amin ash-Shanqiti (rahima-hullaah);Yang mulia Syaikh
‘Abdur-Razzaaq ‘Afifi (rahima-hullaah);Yang mulia Syaikh Saalih Ibn
‘Abdur-Rahmaan as-Sukayti;Yang mulia Syaikh Saalih Ibn Ibraaheem
al-Bulaihi;Yang mulia Syaikh Muhammad Ibn Subayyal;Yang mulia Syaikh ‘Abdullaah
Ibn Saalih al-Khulayfi;Yang mulia Syaikh Ibraaheem Ibn ‘Ubayd al-’Abd
al-Muhsin;Yang mulia Syaikh Saalih al-’Ali an-Naasir;
Beliau
juga pernah belajar pada sejumlah ulama-ulama dari Universitas al Azhar Mesir
yang mumpuni dalam bidang hadist, tafsir, dan bahasa Arab.
Beliau
mempunyai peran dalam menyeru atau berdakwah kepada Allah dan mengajar,
memberikan fatwa, khutbah, dan membantah kebatilan.
Buku-buku
beliau yang diterbitkan banyak sekali, namun yang disebutkan berikut hanya
sedikit antara lain Syarah al Aqidatul Waasitiyya, al Irshadul Ilas Sahihil
I’tiqad, al Mulakhkhas al Fiqih, makanan-makanan dan putusan-putusan berkenaan
dengan sembelihan dan buruan, yang mana ini merupakan bagian gelar doktornya.
Juga kitab at Tahqiqat al Mardiyyah yang merupakan bagian gelar master beliau.
Lebih lanjut judul-judul yang masuk putusan-putusan berhubungan dengan
kepercayaan wanita, dan sebuah bantahan terhadap buku Yusuf Qaradhawi berjudul
al Halal wal Haram.
No comments:
Post a Comment