1.
Syaikh
Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh
1)
Nasab
(Silsilah Beliau)
Beliau Rohimahullah
adalah Syaikh al-Allamah al-Faqih al-Muhaddits Abu Abdul Aziz Muhammad bin
Ibrahim bin Abdul Lathif bin Abdur Rahman bin Hasan bin Muhammad bin Abdul
Wahhab at-Tamimi an-Najdi.
Beliau Rohimahullah
dilahirkan pada bulan Muharram tahun 1311-1389H adh (Saudi Arabia) dalam lingkungan
keluarga yang dikenal dengan keilmuan dan keutamaan mereka.
2)
Pertumbuhan
ilmiah dan Guru-gurunya
Beliau tumbuh di
Riyadh di dalam lingkungan yang penuh dengan pancaran ilmu. Ayahandanya Qadhi
kota Riyadh. Dan paman-pamannya para ulama yang masyhur.
Pada umur 7 tahun,
beliau Rohimahullah belajar tajwid al-Qur’an di bawah bimbingan Syaikh Abdur
Rahman bin Mufairij. Kemudian beliau menghafal al-Qur’an pada usia 11 tahun.
Setelah hafal
al-Qur’an beliau belajar kepada ayahandanya ringkasan-ringkasan
risalah-risalah para imam dakwah tauhid. Beliau hafalkan matannya lebih dulu
kemudian beliau setorkan hafalan tersebut kepada ayahandanya. Setelah mutqin,
ayahandanya memberikan syarah (penjelasan) matan tersebut kepada beliau.
Ketika berusia 16
tahun, beliau mengalami sakit pada kedua matanya selama setahun yang
menyebabkan beliau kehilangan penglihatannya.
Pada tanggal 6
Dzulqa’dah 1329 H, ayahandanya meninggal dunia dalam usia 49 tahun. Maka beliau
melanjutkan ta’limnya kepada para ulama negerinya. Beliau belajar kepada setiap
gurunya dalam bidang ilmu yang gurunya menonjol pada bidang tersebut sehingga
beliau menonjol dalam setiap bidang ilmu yang beliau pelajari.
Dalam bidang tauhid,
tergolong kuat dalam tahqiq. Dalam bidang fiqih, beliau kokoh dalam ijtihad.
Dalam bidang bahasa dan sastra Arab, beliau pakarnya. Demikian pula dalam
bidang ilmu lainnya.
Di antara guru-guru
beliau selain ayahandanya: pamannya, Syaikh Abdullah bin Abdul Lathif, Syaikh
an-Nahwi al-Faradhi al-Faqih Hamd bin Faris, Syaikh al-Muhaddits al-Faqih
Sa’d bin Atiq, Syaikh al-Faradhi Abdullah bin Rasyid, Syaikh al-Faqih Muhammad
bin Mahmud.
Beliau belajar kepada
ayahandanya Ushul Tauhid dan Mukhtasharatnya. Demikian juga ilmu Faraidh yang
kemudian beliau perdalam pada Syaikh Abdullah bin Rasyid yang beliau belajar
kepadanya Altiyah Faraidh.
Beliau belajar kepada
pamannya, Syaikh Abdullah bin Abdul Lathif, banyak sekali kitab yang beliau
hafal sebagiannya, seperti Kitabut Tauhid, Kasytu Syubuhat, Tsalatsatul Ushul,
Aqidah Wasithiyah dan Hamawiyah, dan yang lainnya. Dalam bidang fiqih; beliau
menghafal matan Zadul Mustaqni’ di bawah bimbingan Syaikh Hamd bin Faris. Kemudian
beliau Rohimahullah melanjutkan ta’limnya kepada Syaikh Muhammad bin Mahmud dan
Syaikh Sa’d bin Atiq.
Dalam bidang hadits,
beliau menghafal kitab Bulughul Maram dan separuh kitab Muntaqal Akhbar di
bawah bimbingan pamannya, Syaikh Abdullah bin Abdul Lathif.
Beliau juga belajar
Alfiyah al-Iraqi kepada Syaikh al-Muhaddits Sa’d bin Atiq yang memberikan
kepada beliau ijazah-ijazah hadits yang beraneka ragam. Demikian pula beliau
meriwayatkan dengan sama’ banyak sekali sanad-sanad hadits dari Rasulullah
Sholallahu ‘alaihi wasalam.
Dalam bidang bahasa
dan sastra Arab, beliau mempelajari dan menghafal al-Ajrumiyah, Mulhatul I’rab,
Quthrun Nada, dan Altiyah Ibnu Malik kepada al-Allamah an-Nahwi Hamd bin
Faris.
3)
Kehidupan
Ilmiahnya
Ketika Syaikh
Muhammad bin Ibrahim berusia 28 tahun, Syaikh Abdullah bin Abdul Lathif wafat.
Menjelang wafat, beliau berwasiat kepada Malik Abdul Aziz, raja Saudi Arabia
waktu itu, agar menjadikan Syaikh Muhammad bin Ibrahim sebagai penggantinya.
Maka Malik Abdul Aziz
kemudian mengangkat Syaikh Muhammad bin Ibrahim sebagai imam Masjid Syaikh
Abdullah bin Muhammad bin Abdul Wahhab di Riyadh -yang saat ini bernama Masjid
Syaikh Muhammad bin Ibrahim-.
Mulailah Syaikh
Muhammad bin Ibrahim memulai majelis-majelis ta’limnya di masjid tersebut.
Semakin hari majelis-majelis ta’limnya semakin kuat dan mengarah. Sehingga
mencapai puncak kematangannya pada tahun 1350-1370 H, majelis ta’limnya
menonjol dengan kekuatan ilmiahnya. Beliau tidak henti-hentinya dalam ta’limnya
sampai akhir hayatnya.
Syaikh Muhammad bin
Abdur Rahman bin Qasim, salah seorang murid beliau, menyifati majelis ta’lim
beliau dengan mengatakan, “Beliau memiliki tiga majelis yang tersusun dengan
sistematis: Pertama: Setelah shalat Fajar hingga terbit matahari. Kedua: Setelah
matahari meninggi hingga 2-4 jam berikutnya. Ketiga: Setelah shalat Ashar. Dan
ada majelis keempat tetapi tidak rutin, yaitu setelah Zhuhur.
Sesudah shalat
Maghrib beliau meluangkan waktu untuk muraja’ah kitab-kitab yang hendak diajarkan
besoknya sesudah Fajar.
Adapun kitab-kitab
yang beliau ajarkan dalam majelis-majelis ta’limnya sebagai berikut:
1.
Sesudah
Fajar: Alfiyah Ibnu Malik dengan Syarah Ibnu Aqil, Zadul Mustaqni’ dengan
syarhnya Raudhul Murbi’, Bulughul Maram, al-Ajrumiyah, Mulhatul I’rab, Quthrun
Nada, Ushulul Ahkam, Hamawiyah, Tadmuriyah, dan Nukhbatul Fikar.
2.
Sesudah
terbit matahari, beliau mengajarkan dalam bidang aqidah: Kitabut Tauhid, Kasytu
Syubuhat, Tsalatsatul Ushul, Aqidah Wasithiyah, Masa’ilul Jahiliyah, Lum’atul
I’tiqad, dan Ushulul Iman. Dalam bidang hadits: Arba’in Nawawiyah dan Umdatul
Ahkam. Dalam bidang fiqih: Adabul Masyi ila Shalat. Setelah selesai dari kitab-kitab
yang ringkas di atas, beliau melanjutkan dengan kitab-kitab yang luas
pembahasannya, seperti: Fathul Majid, Syarah Thahawiyah, Syarah Arba’in
Nawawiyah, Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Empat, tulisan-tulisan Syaikhul
Islam Ibnu Taimiyah, Ibnul Qayyim, Ibnu Katsir, serta kitab-kitab ulama
lainnya.
3.
Sesudah
shalat Zhuhur, beliau mengajarkan Zadul Mustaqni’ beserta syarahnya dan
Bulughul Maram.
4.
Sesudah
shalat Ashar, beliau mengajarkan Kitabut Tauhid dan syarahnya. Kadang-kadang
beliau membaca Musnad Ahmad atau Mushannat Ibnu Abi Syaibah atau al-Jawab
ash-Shahih liman Baddala Dienal Masih.”
Syaikh Muhammad bin
Qasim berkata, “Syaikh Muhammad bin Ibrahim sangat menghendaki para murid rutin
menghafal matan-matan dengan sungguh-sungguh, tidak setengah-setengah. Tidak
boleh seorang murid berpindah dari matan satu ke matan berikutnya kecuali
setelah betul-betul menghafal dan memahami matan yang awal. Karena itulah
seorang murid yang sungguh-sungguh, baru lulus setelah menempuh waktu selama 7
tahun.”
4)
Tugas-
Tugas Yang Beliau Emban
Di antara tugas-tugas
yang pernah beliau emban adalah:
1.
Kepala
Darul Ifta’.
2.
Kepala
Kementerian Kehakiman
3.
Direktur
Pendidikan Tinggi dan Menengah
4.
Rektor
Universitas Islam Madinah
5.
Direktur
Perguruan Para Wanita
6.
Ketua
Majelis Tinggi Rabithah
7.
Rektor
Sekolah Tinggi Kehakiman
8.
Khathib
Jami’ Kabir dan ‘Iedain serta Imam Masjid Syaikh Abdullah
5)
Kegigihan
Beliau Dalam Berdakwah
Beliau memulai
kehidupan dakwahnya sejak masih muda. Pada tahun 1345 beliau diutus oleh Malik
Abdul Aziz untuk berdakwah di daerah Ghathghath yang merupakan markas kelompok
Ikhwan yang dulunya berjihad bersama Malik Abdul Aziz, tetapi kemudian mereka
memiliki ijtihad-ijtihad yang menyelisihi para ulama dan pemikiran-pemikiran
yang berlebihan.
Beliau begitu
memperhatikan keadaan para da’i. Di antara para murid beliau yang menonjol
dalam dakwah adalah Syaikh Abdullah al-Qar’awi yang berdakwah di daerah Jazan.
Syaikh Muhammad bin Ibrahim Rohimahullah mendukung sepenuhnya dakwah Syaikh
Abdullah alQar’awi secara moril dan materiil.
Beliau begitu gigih
berusaha mempertemukan para da’i Tauhid dan Sunnah dari seluruh penjuru dunia
pada waktu musim haji. Beliau dengarkan perkembangan dakwah mereka dan beliau
berikan arahan dan nasihat untuk perkembangan dakwah mereka.
Beliau adalah Kepala
Ma’had Islami di Nigeria dan sekaligus pembina penyebaran dakwah di Afrika. Beliau
memantau perkembangan markaz-markaz Islam di Eropa dan memberikan arahan-arahan
ketika mereka menyampaikan permasalahan-permasalahan mereka kepada beliau. Beliau
mendirikan Lembaga Penerbitan Dakwah dengan nama Mu’assasah Dakwah Islamiyah
pada tanggal 23 Jumada Tsaniyah 1384 H.
Dalam dakwahnya
beliau Rohimahullah mengikuti pokok-pokok dakwah al-Imam al-Mujaddid Syaikh
Muhammad bin Abdul Wahhab. Di antaranya menanamkan aqidah Tauhid dalam jiwa,
melarang kesyirikan, mengajak berpegang teguh dengan Sunnah dan memerangi bid’
ah, menyerukan penegakan syari’at Islam di dalam semua segi, mendidik jiwa dan
menyucikannya, ittiba’ kepada generasi pendahulu (sahabat, tabi’in, tabi’ut
tabi’in serta ualama-ulama terdahulu) yang shalih, memerintah kepada yang
ma’ruf dan melarang dari yang mungkar, dan selalu loyal kepada para waliwul amr
dari Keluarga Su’ud (penguasa Saudi Arabia) yang telah membela dakwah dan
menegakkan syari’at
6)
Sifat-sifatnya
Beliau memiliki
hafalan yang luar biasa. Beliau menghafal matan setelah membaca tiga kali atau
dua kali. Demikian juga, beliau memiliki kecerdasan dan kejelian yang
mengagumkan. Beliau bisa meraba hakikat segala permasalahan yang diajukan.
Tidak pernah terpedaya aleh makar ataupun tipu daya. Beliau dikenal dengan
keikhlasannya. Tidak pernah menceritakan amalan-amalan yang beliau kerjakan,
meskipun begitu banyak. Beliau Rohimahullah masyhur dengan kebersihan hatinya.
Tidak pernah dendam kepada siapa saja yang berbuat kurang baik kepadanya.
Sebagaimana beliau dikenal pemberani dalam menyampaikan kebenaran, siapapun
yang beliau hadapi.
Beliau sangat menjauhi ghibah, hal itu dikenal dari beliau sejak usia dini hingga meninggalkan dunia, beliau juga dikenal dengan kewara’annya, menjauhi hal-hal yang syubhat. Beliau banyak berdzikir dan istighfar, banyak bermunajat kepada Allah hingga berlinang kedua matanya, demikian juga beliau selalu shalat malam dalam keadaan mukim maupun safar.
Beliau sangat menjauhi ghibah, hal itu dikenal dari beliau sejak usia dini hingga meninggalkan dunia, beliau juga dikenal dengan kewara’annya, menjauhi hal-hal yang syubhat. Beliau banyak berdzikir dan istighfar, banyak bermunajat kepada Allah hingga berlinang kedua matanya, demikian juga beliau selalu shalat malam dalam keadaan mukim maupun safar.
7)
Pujian
Para Ulama Kepadanya
Syaikh Abdul Aziz bin
Abdullah bin Baz berkata, “Aku menyaksikan dari beliau amalan-amalan yang
bermanfaat bagi kaum muslimin, ghirah terhadap Islam, dan membantah
musuh-musuh Islam.
Semoga Allah
mencurahkan pahala yang berlimpah kepadanya. Beliau banyak menasihati para
penuntut ilmu agar berdakwah ilalloh, memerintah kepada yang ma’ruf, dan
melarang dari yang mungkar dengan hikmah, mau’izhah hasanah, dan jidal dengan
cara yang baik. Beliau seorang yang luas ilmunya, banyak takut kepada Allah,
jeli pemahamannya, kebaikan dan keutamaannya sangat banyak.”
Syaikh Muhammad
al-Amin asy-Syinqithi Rohimahullah berkata, “Kami mengetahui dari beliau
keluasan ilmu, kesempurnaan akal, kesempurnaan hikmah. dan kesabaran yang
tidak ada bandingannya. Beliau sesuai yang aku yakini dan pastikan -walaupun
aku tidak akan mentazkiyah seorang pun atas Allah- termasuk arang-orang yang
langka dalam keilmuan, kesabaran, akal, dan hikmah, Kami mengharap agar Allah
menerima keshalihan amalannya, membalasnya dengan kebaikan, meninggikan
derajatnya di akhirat sebagaimana Dia telah meninggikannya di dunia.”
Syaikh Sa’di Yasin
berkata, “Beliau telah menempuh jalan para imam kita dari para ulama generasi
pendahulu yang shalih. Ketika aku mendengar beliau berfatwa, seakan-akan aku
mendengar fatwa Sufyan bin Uyainah atau Ibnu Ulayyah atau Ibnu Abi Dzi’bin.”
8)
Murid-muridnya
Di antara murid-murid
beliau: Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Syaikh Abdullah bin Muhammad
bin Humaid, Syaikh Abdur Rahman bin Qasim, Syaikh Abdullah bin Muhammad al-Qar’awi,
Syaikh Abdul Aziz bin Nashir ar-Rusyaid, Syaikh Abdul Lathif bin Ibrahim Alu
Syaikh, Syaikh Abdul Malik bin Ibrahim Alu Syaikh, Syaikh Abdul Aziz bin
Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh, Syaikh Ibrahim bin Muhammad bin Ibrahim Alu
Syaikh, Syaikh Shalih bin Ghushun, Syaikh Shalih bin Muhammad al-Luhaidan, dan
masih banyak lagi selain mereka.
9)
Di
antara tulisan-tulisan beliau
Majmu’ Fatawa dan
Rasailnya yang diterbitkan dalam 13 jilid, al-Jawabul Wadhih alMustaqim,
Tahkimul Qawanin, Nashihatul Ikhwan fir Raddi ala Ibni Hamdan, al-Jawabul
Mustaqim fi Naqli Maqami Ibrahim, Tuhfatul Huffazh wa Marji’ul Qudhat wal
Muftiin wal Wu’azh, dan Nazham Ilmi ‘ala Muqaddimah al-Inshaf.
10) Wafatnya
Syaikh
Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh Rohimahullah wafat di Riyadh pada pagi hari
Kamis 24 Ramadhan tahun 1389 H dan dimakamkan di Riyadh. Semoga Allah
meridhainya dan menempatkannya dalam keluasan jannahNya
No comments:
Post a Comment