1.
Imam
Al Ajurri (wafat tahun 419H)
Nama lengkap beliau
adalah Muhammad bin Al Husein bin Abdillah Al Baghdadi Al Ajurri. Kunyah
beliau Abu Bakr. Beliau berasal dari sebuah desa di bagian barat kota Baghdad
yang bernama Darbal Ajur. Beliau lahir dan tumbuh di sana.
1)
Para
Guru Beliau
Imam Al Ajurri
menimba ilmu dari segolongan ulama terkenal, di antaranya :
1.
Imam
Ibrahim bin Abdillah bin Muslim bin Ma’iz Abul Muslim Al Bashri Al Kajji.
Beliau adalah Al Hafidh [Orang yang banyak menghapal hadits lengkap dengan
pengertian dan sanadnya], Al Mu’ammar, Shahibus Sunan [Penulis kitab Sunan].
Imam ini adalah guru terbesar Imam Al Ajurri. Syaikh Ibrahim dilahirkan sekitar
tahun 190 H dan wafat tahun 292 H di Baghdad. Jenazah beliau kemudian dipindah
ke Bashrah dan dimakamkan di sana.
2.
Imam
Abul Abbas Ahmad bin Sahl bin Al Faizuran Al Usynani. Beliau adalah Syaikhul
Qurra’ [Pemimpin para pembaca Al Qur’an] di Baghdad. Beliau wafat pada tahun
307 H.
3.
Imam
Abu Abdillah Ahmad bin Al Hasan bin Abdil Jabbar bin Rasyid Al Baghdadi. Beliau
bergelar Al Muhadits [Ahli Hadits] Ats Tsiqatul Mu’ammar. Beliau dilahirkan di
Hudud tahun 210 H dan wafat tahun 306 H.
4.
Imam
Abu Bakr Ja’far bin Muhammad bin Al Hasan bin Al Mustafadl Al Firyani. Beliau
adalah Al Hafidh Ats Tsabt [Tepat dan jeli dalam penyampaian riwayat] dan
Syaikh di masanya. Beliau lahir pada tahun 207 H dan wafat pada tahun 301 H.
5.
Imam
Abu Bakr Al Qasim bin Zakaria bin Yahya Al Baghdadi. Beliau adalah Al ‘Allamah
[‘Alim (pandai)], Al Muqri’ [Ahli Ilmu Qira’ah], Al Muhadits, Ats Tsiqah [Yang
terpecaya]. Beliau terkenal dengan gelar Al Muthariz (penyulam). Beliau lahir
di Hudud tahun 220 H dan wafat tahun 305 H.
6.
Imam
Abu Ja’far Ahmad bin Yahya bin Ishaq Al Bajali Al Hulwani. Beliau adalah Al
Muhadits, Ats Tsiqah, Az Zahid [Yang zuhud]. Beliau tinggal di Baghdad dan
wafat tahun 296 H.
7.
Imam
Abul Abbas Ahmad bin Zanjuwiyah bin Musa Al Qathan. Beliau adalah Al Muhadits,
Al Mutqin [Yang mantap], dianggap tsiqah dan terkenal. Beliau wafat tahun 304
H.
8.
Imam
Abul Qasim Abdullah bin Muhammad bin Abdil Aziz bin Al Marzuban. Beliau adalah
Al Hafidh, Al Hujjatul Mu’ammar, dan Al Musnid [Penulis kitab Musnad] di
masanya. Berasal dari Bagha’ dan lahir pada tahun 214 H dan bertempat tinggal
di Baghdad serta wafat tahun 317 H. Beliau dikebumikan pada hari Iedul Fithri.
9.
Imam
Abu Syu’aib Abdullah bin Al Hasan bin Ahmad bin Abu Syu’aib Al Harrani. Beliau
adalah Al Muhadits, Al Mu’ammar, Al Mu’dab. Lahir tahun 206 H dan wafat tahun
295 H.
10.
Imam
Abu Muhammad Khalaf bin ‘Amr Al ‘Ukbari. Beliau adalah Al Muhadits, Ats
Tsiqatul Jalil [Yang mulia dan dapat dipercaya]. Beliau lahir tahun 206 H dan
wafat tahun 296 H.
11.
Al
Imam Abu Bakr Abdullah bin Sulaiman bin Al Asy’ats As Sijistani. Beliau adalah
Al ‘Allamah, Al Hafidh, dan Syaikh di Baghdad. Beliau termasuk lautan ilmu.
Sebagian orang ada yang menganggap bahwa beliau lebih utama daripada ayahnya.
Beliau menulis Sunan, Mushaf, Syari’atul Qari’, Nasikh Mansukh, Al Ba’ts, dan
lain-lain. Beliau lahir di Sijistan tahun 230 H dan wafat tahun 316 H.
2)
Murid-Murid
Beliau
Di antara murid-murid
beliau yang terkenal adalah :
1.
Imam
Abu Nu’aim Ahmad bin Abdullah bin Ahmad Al Mihrani Al Ashbahani. Beliau adalah
Al Hafidh, Ats Tsiqah, Al ‘Allamah. Beliau adalah cucu Az Zahid Muhammad bin
Yusuf Al Banna’. Beliau adalah penulis kitab Al Hilyah dan banyak karya
lainnya. Beliau lahir tahun 336 H dan wafat tahun 425 H.
2.
Imam
Abul Qasim Abdul Malik Muhammad bin Abdillah bin Bisyran. Beliau adalah Al
Muhaddits, Al Musnid, Ats Tsiqah, Ats Tsabt, Ash Shalih [Orang yang shalih],
Pemberi Nasihat, dan Musnid Irak. Beliau lahir tahun 339 H dan wafat tahun 430
H.
3.
Imam
Abul Husein Ali bin Muhammad bin Abdullah bin Bisyran. Beliau adalah Asy
Syaikh, Al ‘Alim, Al Mu’adil, Al Musnid. Al Khatib berkata tentang beliau :
“Dia sempurna muru’ah [Kewibawaan]-nya, kokoh menjalankan agama, shaduq [Sangat
jujur], dan tsabit.” Beliau lahir tahun 328 H dan wafat tahun 415 H.
4.
Imam
Abu Muhammad Abdurrahman bin Umar At Tajibi Al Mishri Al Maliki Al Bazzaz.
Beliau adalah Asy Syaikh, Al Fakih, Al Muhadits, Ash Shaduq, dan Musnid Mesir.
Beliau terkenal dengan gelar Ibnu Nahhas. Beliau lahir tahun 323 H dan wafat
tahun 416 H.
5.
Imam
Abul Hasan Ali bin Ahmad bin Umar bin Hafsh Al Hamami Al Baghdadi. Beliau
adalah Al Muhadits dan Muqri’ Irak. Al Khatib mengatakan bahwa beliau sangat
jujur, taat beragama, terhormat, sulit dicari tandingannya dalam sanad-sanad
qira’ah dan memiliki ketinggian sanad di masanya. Lahir 328 H dan wafat 417 H.
6.
Al
Imam Abu Bakr bin Abu Ali Ahmad bin Abdurrahman Al Hamadani Adz Dzakwan Al
Ashbahani. Beliau adalah Al ‘Alim, Al Hafidh, dan termasuk Rijal Ats Tsiqah.
Abu Nu’aim mengatakan tentang beliau : “Dia mempersaksikan dan menyampaikan
hadits selama 60 tahun, akhlaknya baik dan kokoh madzhabnya. Beliau lahir tahun
333 H dan wafat tahun 419 H.
7.
Syaikh
Abul Husein Muhammad bin Al Husein bin Muhammad bin Al Fadl Al Baghdadi Al
Qahthani. Beliau adalah Al ‘Alim, Ats Tsiqat, Al Musnid [Orang yang menjadi
rujukan sanad hadits]. Beliau lahir tahun 335 H dan wafat tahun 415 H.
3)
Keilmuan
Beliau Dan Komentar Para Ulama Tentangnya
1.
Ibnu
Nadim berkata : “Dia faqih, shalih, dan ahli ibadah.”
2.
Al
Khatib berkata : “Dia tsiqah, shaduq (sangat jujur), taat beragama, dan
memiliki banyak karya.”
3.
Ibnu
Jalkan berkata : “Dia faqih, bermadzhab Syafi’i, muhadits, penulis kitab
Arba’in dan terkenal dengannya, shalih dan ahli ibadah.”
4.
Yaqut
berkata : “Dia faqih bermadzhab Syafi’i, tsiqah, dan menulis banyak karya.”
5.
Ibnul
Jauzi dalam kitab As Shawatus Shafwah mengatakan : “Dia tsiqah, taat beragama,
alim, dan banyak menulis karya.”
6.
Ibnu
Subki dalam Thabaqat-nya mengatakan : “Dia faqih, muhadits, pemilik beberapa
karangan.”
7.
Dzahabi
dalam Siyar A’lamin Nubala’ berkata : “Dia seorang imam, muhadits, panutan,
Syaikh di Al Haram, shaduq, ‘abid [Ahli ibadah], shahibus sunan, dan ahli
ittiba’ [Pengikut sunnah].”
8.
Suyuthi
mengatakan : “Dia ‘alim dan mengamalkan ilmu ahli sunnah.”
Dari ucapan para
ulama di atas diketahui bahwa beliau termasuk ulama yang beramal dengan
ilmunya, seorang faqih yang ahli hadits, serta penjaga Kitabullah. Para ulama
tersebut juga sepakat bahwa beliau termasuk orang yang tsiqat dan berpegang
teguh dengan sunnah. Beliau juga seorang pengarang yang meninggalkan pengaruh
yang jelas dalam perbendaharaan Islam.
4)
Karya-Karya
Beliau
Imam Al Ajurri
mewariskan beberapa karya diantaranya yang telah dicetak: Akhlaq Ahlil Qur’an,
Akhlaqul Ulama, Akhbar Umar bin Abdil Aziz, Al Arba’in Haditsan, Al Ghuraba’,
Tahrimun Nard was Satranji wal Malahi, Asy Syari’ah, At Tashdiq bin Nadhar
Ilallah.
Berupa Manuskrip
(Tulisan Tangan): Adabun Nufus, Ats Tsamainin fil Hadits, Juz’un min Hikayat As
Syafi’i wa Ghairihi, Fardlu Thalabil Ilmi, Al Fawaid Al Muntakhabah, Wushulul
Masyaqin wa Nuzhatul Mustami’in.
Karaya-karya beliau
yang Hilang: Ahkamun Nisa’, Akhlaq Ahli Bir wat Tuqa, Aushafus Sab’ah,
Taghyirul Azminah, At Tafarud wal ‘Uzlah, At Tahajud, At Taubah, Husnul Khuluq,
Ar Ru’yah, Ruju’ Ibni Abbas ‘anis Sharf, Risalah ila Ahlil Baghdad, Syarah
Qasidah As Sijistani, As Syubuhat, Qishatul Hajaril Aswad wa Zam-Zam wa Ba’du
Sya’niha, Qiyamul Lail wa Fadllu Qiyamir Ramadlan, Fadllul Ilmi, Mukhtasharul
Fiqh, Mas’alatut Tha’ifin, An Nasihah.
5)
Wafat
Beliau
Sebagian para ulama
mengatakan bahwa ketika beliau masuk ke kota Mekkah yang beliau kagumi, beliau
berdo’a : “Ya Allah, berilah rezki kepadaku dengan tinggal di sana selama
setahun.” Lalu beliau mendengar bisikan: “Bahkan 30 tahun!” Akhirnya beliau
tinggal selama 30 tahun dan wafat di sana tahun 320 H. demikian keterangan Ibnu
Khalqan.
Al Khatib berkata:
“Aku membaca cerita itu di lantai kubur beliau di Mekkah.” Ibnul Jauzi berkata
bahwa Abu Suhail Mahmud bin Umar Al Akbari berkata bahwa ketika Abu Bakr sampai
di Mekkah dia merasa kagum dengannya dan berdo’a: “Ya Allah, hidupkan aku di negeri
ini walau hanya setahun.” Tiba-tiba ia mendengar bisikan: “Hai Abu Bakr, kenapa
hanya setahun? Tiga puluh tahun!” Ketika menginjak tahun ketiga puluh, beliau
mendengar bisikan lagi: “Wahai Abu Bakr, sudah kami tunaikan janji itu.”
Kemudian wafatlah beliau di tahun itu.
6)
Madzhab
Beliau
Beliau bermadzhab
Syafi’i menurut sebagian ulama. Namun ulama lain seperti Al Isnawi mengatakan
bahwa sebagian orang membantah ke-Syafi’i-an beliau dan mengatakan bahwa beliau
bermadzhab Hanbali. Al Isnawi mengatakan hal itu setelah dia mengatakan bahwa
Imam Al Ajurri pengikut madzhab Syafi’i. Demikian pula keterangan Abu Ya’la
dalam kitab beliau Tabaqat Al Hanabilah.
7)
Sumber-Sumber
Biografi Beliau
Riwayat
hidup beliau yang penuh barakah ditulis dalam beberapa kitab para ulama. Di
antaranya: Al Fahrasat. Ibnu Nadim halaman 268., Tarikh Baghdad. Al Khatib
2/243., Tabaqatul Hanabilah. Ibnu Abi Ya’la halaman 332., Al Ansab. As Sam’ani
1/94., Fahrasah Ibni Khairil Isybaili. Halaman 285-286., Wafiyatul A’yan. Ibnu
Khukan 4/292., Mu’jamul Buldan. Yaqut Al Hamawi 1/51., Siyar A’lamin Nubala’.
Adz Dzahabi 16/133., Thabaqatus Syafi’iyah. Al Isnawi 1/50., Al ‘Aqduts Tsamin.
Al Fasi 2/4., Thabaqatul Hufadh. As Suyuthi halaman 378., Syajaratudz Dzahab.
Ibnul ‘Imad 3/35
No comments:
Post a Comment