Wednesday, November 22, 2017

Kisi-Kisi Soal Ilmu Hadits Kls XI



KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Satuan Pendidikan          :  MAK Al-Wasilah Lemo                                                                               Alokasi Waktu                                       : 90 Menit
Mata Pelajaran                :  Ilmu Hadits / Ulumul Hadits                                                                       Jumlah Soal                                       : 35 Butir
Kelas                              :  XI                                                                                                               Bentuk Soal                                       :  Pilihan Ganda
Kurikulum                       : 2013                                                                                                            Penulis                                        : Asrul Rahman, S.Pd.I

No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Nomor Soal
Soal
Kunci Jawaban








1





























1.1      Menjelaskan pengertian ilmu hadis
Ilmu Hadits
§  Siswa dapat menunjukkan definisi ilmu hadits
PG
1
§  Ilmu yang membahas atau berkaitan dengan  hadits Nabi SAW adalah ….
a.       Ilmu Rijal Hadits
b.       Ilmu Hadits Riwayah
c.       Ilmu Hadits Dirayah
d.       Ilmu hadits
e.      Ilmu Asbab Wurud al- Hadits
D

§  Siswa dapat memberikan de-finisi ilmu hadits sesuai deng-an pendapat ulama hadits
2
§  Ilmu pengetahuan tentang sabda, perbuatan, penga-kuan, gerak-gerik dan ben-tuk jasmaniah Rasulullah SAW., dari segi hal ihwal para perawinya, kedhabit-an, keadilan dan dari ber-sambung tidaknya sanad dan sebagainya. Definisi ilmu hadits tersebut menurut ulama mutaqaddimin yang diwakili oleh imam ….
a.       Bukhari
b.       Muslim
c.       Ahmad bin Hanbal
d.       Syamsuddin At-Tabrizy
e.       As-Suyuthi  
E



1.2      Menjelaskan macam-macam ilmu hadits dan faedah mempelajarinya

§  Siswa dapat menunjukkan macam-macam ilmu hadits

3
§  Ilmu hadits terbagi atas dua kajian ilmu, yaitu ….
a.       Ilmu hadits Riwayah dan Dirayah
b.       Ilmu Hadits Riwayah dan Rijal Hadits
c.       Ilmu Hadits Dirayah dan Asbab Al-Wurud Al-Hadits
d.       Ilmu Rijal Hadits dan Asbab Al-Wurud Al-Hadits
e.       Ilmu Jarh dan Ta’dil
A











§  Siswa dapat menunjukkan faedah mempelajari ilmu hadi-ts









4
§  Untuk menghindari kesala-han segala yang diriwayat-kan atau dinukilkan adalah manfaat dari mempelajari ….
a.       Ilmu hadits
b.       Ilmu hadits riwayah
c.       Ilmu hadits dirayah
d.       Ilmu jarh wa ta’dil
e.       Ilmu asbab al-wurud al-hadits
B

1.3      Menyebutkan pengarang kitab ilmu hadits
§  Siswa menuliskan penyusun ilmu hadits
5
§  Ulama hadits yang dikenal sebagai ulama yang per-tamakali menghimpun hadi-ts pada masa penghim-punan hadits ialah….
a.       Umar bin Abdul Aziz
b.       Abu Bakr bin Muham-mad bin Hazm
c.       Ibnu Syihab Az-Zuhri
d.       Malik bin Anas
e.       Ar-Rumahurmudzi
C

§  Siswa dapat menuliskan kitab ilmu hadits
6
§  Kitab ilmu hadits yang ditulis oleh Ar-Rumahurmudzi ada-lah kitab ….
a.       Al-Muwattha
b.       Al-Musnad
c.       Al-Mu’jam
d.       Al-Muhaddits al-Fashil Baina al-Rawi’ wa al-Wa’i
e.       Al-Jami as-Shagir
D

2
2.1      Menjelaskan macam-macam dan cara penerimaan riwayat hadits (Tahammulul Hadits)
Cara Menerima dan Menyampaikan Hadits
§  Siswa dapat menjelaskan macam-macam penerimaan hadits
PG
7
§  Seseorang diperbolehkan untuk mengutip atau mengambil hadits dari orang lain jika telah memenuhi syarat-syarat penerimaan hadits. Syarat-syarat yang dimaksud adalah ….
a.       Dhabit, tamyiz, baligh
b.       Berakal, adil
c.       Adil, berakal, baligh
d.       Dhabit, adil, berakal
e.       Tamyiz, berakal, dhabit
E

8
§  Proses penerimaan riwayat hadits dapat dilakukan dengan … cara.
a.       5
b.       6
c.       7
d.       8
e.       9
D

§  Siswa dapat menunjukkan cara penerimaan hadits
9
§  Seorang guru (syaikh) mem-berikan kitab atau lem-baran hadits kepada muridnya untuk meriwayatkannya, merupakan bentuk peneri-maan hadits dengan cara ….
a.       As-Sama
b.       Al-Ardh
c.       Al-Munawalah
d.       Al-I’lam
e.       Al-Mukatabah
C

2.2      Menjelaskan lafal-lafal yang digunakan untuk meriwayatkan hadits (‘Ada’ul Hadits)
§  Siswa dapat menunjukkan lafal yang digunakan dalam meriwayatkan hadits
10
§  Penyampaian hadits meng-gunakan redaksi lafadz
 أجزت لك أن ترويَ عنّيْ  disampaikan dengan cara ….
a.       Ardh
b.       Muwawalah
c.       Ijazah
d.       I’lam
e.       Sima’
C

11
§  Lafadz periwayatan yang dipergunakan oleh para perawi hadits yang paling tinggi derajatnya adalah ….
a.       حَدَّ ثنا فلان
b.       أخبرنا فلان
c.       أَنْبَئَنَا فلان
d.       قَرَأْتُ على فلان
e.       سَمِعْتُ فلانا
E

3
3.1      Menjelaskan pengertian, syarat-syarat, macam-macam, dan contoh hadits mutawatir
Pembagian Hadits Berdasarkan Jumlah Perawinya
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian hadits mutawatir
PG
12
§         هُوَ خَبَرٌ عَنْ مَحْسُوْسٍ رَوَاهُ عَدَدٌ جَمٌّ يَجِبُ فِى الْعَادَةِ اِحَالَةُ إِجْتِمَاعِهِمْ وَتَوَاطُئِهِمْ عَلَى الْكَذِبِ.
Definisi di atas adalah definisi dari ….
a.       Hadits ahad
b.       Hadits shahih
c.       Hadits mutawatir
d.       Hadits hasan
e.       Hadits dha’if

C

§  Siswa dapat menunjukkan syarat-syarat hadits mutawatir
13
§  Yang bukan syarat hadits mutawatir adalah ….
a.       Jumlah rawi yang memungkinkan sepakat tidak berbohong
b.       Jumlah rawinya atrara thabaqat seimbang
c.       Ditangkap oleh telinga
d.       Ditangkap oleh mata
e.       Diriwayatkan oleh tiga orang rawi atau lebih
E

§  Siswa dapat menunjukkan macam-macam hadits mutawatir
14
§  Hadits mutawatir tebagi atas dua, yaitu mutawatir lafdzi dan mutawatir maknawi. Hadits mutawatir lafdzi ialah ….
a.       Hadits yang memiliki redaksi dan makna yang sama
b.       Hadits yang memiliki redaksi sama namun berbeda makna
c.       Hadits yang redaksinya berbeda, namun mak-nanya sama
d.       Hadits yang redaksi dan makna berbeda
e.       Hadits redaksinya ber-beda
A

§  Siswa dapat memberikan contoh hadits mutawatir
15
إِنَّ هٰذَ الْقُرْآنَ أُنْزِلَ عَلى سَبْعَةِ أَحْرُفٍ. (متفق عليه)
§  Hadits tersebut di atas adalah hadits yang memiliki susunan redaksi dan makna yang sama, merupakan contoh  dari hadits ….
a.       Hadits mutawatir
b.       Hadits mutawatir lafdzi
c.       Hadits mutawatir mak-nawi
d.       Hadits masyhur
e.       Hadits aziz
B

3.2      Menjelaskan pengertian dan klasifikasi hadits ahad
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian hadits ahad
16
§  Hadits yang jumlah rawinya terbatas atau tidak men-capai hadits mutawatir, adalah definisi dari hadits ….
a.       Hadits aziz
b.       Hadits masyhur
c.       Hadits ahad
d.       Hadits dha’if
e.       Hadits gharib
C

§  Siswa dapat mengklasifikasi-kan hadits ahad

17
§  Hadits ahad terbagi atas tiga, yaitu ….
a.       Hadits shahih, hadits aziz, hadits gharib
b.       Hadits aziz, hadits gharib, hadits masyhur
c.       Hadits hasan, hadits aziz, hadits masyhur
d.       Hadits masyhur, hadits shahih, hadits aziz
e.       Hadits gharib, hadits masyhur, hadits hasan
B

4
4.1      Menjelaskan pengertian, syarat-syarat, klasifikasi dan contoh hadits shahih
Hadits Berdasarkan Kualitas Sanad
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian hadits shahih
PG
18
§  Menurut imam as-Suyuthi, hadits yang bersambung sanadnya, perawinya adil dan dhabit, tidak berillat dan tidak janggal adalah definisi dari hadits ….
a.       Hadits mutawatir
b.       Hadits ahad
c.       Hadits shahih
d.       Hadits hasan
e.       Hadits dha’if
C

§  Siswa dapat menunjukkan syarat-syarat hadits shahih
19
§    Di bawah ini merupakan syarat hadits shahih, kecuali ….
a.       Rawinya adil
b.       Rawinya dhabit
c.       Sanadnya muttasil
d.       Tidak ber-illat
e.       Janggal
E

§  Siswa dapat mengklasifikasi-kan hadits shahih
20
§  Hadits yang terdapat kekurangan di dalamnya (rawinya kurang dhabit) namun dikuatkan oleh perawi yang kuat sehingga menutupi kekurangan perawi tersebut, merupakan kategori hadits ….
a.       Hadits shahih
b.       Hadits shahih li dzatihi
c.       Hadits shahih li ghairihi
d.       Hadits hasan li dzatihi
e.       Hadits hasan li ghairihi
C

§  Siswa dapat menunjukkan contoh hadits shahih
21
قَالَ النَّبِىُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ : اَلسَّاعِىْ عَلَى اْلأَرْمَلَةِ وَالْمِسْكِيْنِ كاَلْمُجَاهِدِ فِىْ سَبِيْلِ اللهِ, أَوْكاَلَّذِىْ يَصُوْمُ النَّهَارَ وَيَقُوْمُ اللَّيْلَ. (متفق عليه)
§  Berdasarkan cirinya, hadits di atas tergolong hadits ….
a.       Hadits shahih
b.       Hadits hasan
c.       Hadits hasan li dzatihi
d.       Hadits hasan li ghairihi
e.       Hadits dha’if
A

4.2      Menjelaskan pengertian, klasifikasi dan contoh hadits hasan
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian hadits hasan
22
مَانَقَلَهُ عَدْلٌ قَلِيْلُ الضَّبْطِ مُتَّصِلُ السَّنَدِ غَيْرُ مُعَلَّلٍ وَلاَ شَاذٍّ.
§  Definisi tersebut di atas adalah definisi dari hadits ….
a.        Hadits shahih
b.        Hadits shahih li dzatihi
c.        Hadits shahih li ghairihi
d.        Hadits hasan
e.        Hadits hasan li dzatihi
D

§  Siswa dapat mengklasifikasi-kan hadits hasan
23
§  Hadits yang dikeluarkan oleh orang yang dikenal jujur namun memiliki hafalan yang kurang, maka haditsnya digolongkan ke dalam hadits ….
a.        Hadits hasan
b.        Hadits hasan li dzatihi
c.        Hadits hasan li ghairihi
d.        Hadits shahih li dzatihi
e.        Hadits dha’if
B

§  Siswa dapat menunjukkan contoh hadits hasan
24
اَلْغُسْلُ يَوْمَ الْجُمْعَةِ وَاجِبٌ عَلٰى كُلِّ مُحْتَاِمٍ وَأَنْ يَسْتَنَّ وَاَنْ يَمَسَّ طِيْباً اِنْ وَجَدَ
§  Hadits di atas merupakan hadits yang derajatnya naik dari hadits dha’if menjadi hadits hasan li ghairihi disebabkan karena ….
a.       Dikuatkan oleh hadits yang semakna dan semisal dengan hadits tersebut
b.       Tidak memiliki cacat
c.       Diriwayatkan oleh rawi yang jujur
d.       Diriwayatkan oleh rawi yang jujur meskipun rawi tersebut tidak dhabit
e.       Diriwayatkan oleh ba-nyak orang yang mustahil untuk ber-bohong
A

4.3      Menjelaskan hadits dha’if
§  Siswa dapat menjelaskan hadits dha’if
25
§  Sebuah hadits digolongkan ke dalam hadits hadits dha’if disebabkan karena 4 hal. Kecuali ….
a.     Bertentangan dengan al-Qur’an
b.     Bertentangan dengan sunnah rasul yang mutawatir
c.     Ungkapan lafadz yang berlebihan
d.     Bertentangan dengan nalar
e.     Diriwayatkan oleh orang yang adil lagi dhabit
E

4.4      Menjelaskan hadits dha’if berdasarkan gugur rawi dalam sanad dan contohnya
§  Siswa dapat menunjukkan hadits dha’if berdasarkan gugur rawi dalam sanad dan contohnya
26
§  Hadits yang tidak diketahui sanadnya seorang atau lebih secara berturut-turut di awal sanad tergolong hadits ….
a.       Hadits mursal
b.       Hadits muallaq
c.       Hadits mudallas
d.       Hadits munqathi
e.       Hadits mu’dhal
B

4.5      Menjelaskan hadits dha’if berdasarkan cacat rawi dalam sanad dan contohnya
§  Siswa dapat menjelaskan hadits dha’if berdasarkan cacat rawi dalam sanad dan contohnya
27
§  Hadits yang dicipta serta dibuat oleh seseorang, yang ciptaan itu dinisbahkan kepada Rasulullah SAW secara palsu dan dusta, baik hal itu disengaja maupun tidak. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari ….
a.       Hadits matruk
b.       Hadits munkar
c.       Hadits mu’allal
d.       Hadits mu’dal
e.       Hadits maudu’
E

5
5.1      Menjelaskan pengertian dan contoh hadits qudsi
Hadits Berdasarkan Tempat Penyandarannya
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian hadits qudsi
PG
28
§  Hadits yang matannya berasal dari nabi Muhammad SAW namun maknanya berasal dari Allah SWT adalah definisi dari hadits ….
a.        Hadits marfu
b.        Hadits maqthu
c.        Hadits qudsi
d.        Hadits mauquf
e.        Hadits shahih
C

§  Siswa dapat menunjukkan contoh hadits qudsi
29
§  Di dalam kitab ittihafatus sunniyah hadits qudsi berjumlah ….
a.       833
b.       834
c.       835
d.       836
e.       837
A

5.2      Menjelaskan pengertian dan contoh hadits marfu’
§  Siswa dapat mendefinisikan hadits marfu
30
§  Hadits yang disandarkan kepada Rasulullah Muham-mad SAW disebut dengan hadits ….
a.       Hadits Qudsi
b.       Hadits Marfu
c.       Hadits Mauquf
d.       Hadits Maqthu
e.       Hadits Shahih
B

§  Siswa dapat menunjukkan contoh hadits marfu
31
§  Segala perkataan yang disandarkan oleh sahabat kepada nabi SAW baik sanadnya muttasil maupun terputus termasuk dalam kategori hadits ….
a.        Hadits marfu
b.        Hadits marfu fi’li
c.        Hadits marfu taqriri
d.        Hadits marfu qauli
e.        Hadits marfu washfi
D

5.3      Menjelaskan pengertian dan contoh hadits mauquf
§  Siswa dapat mendefinisikan hadits mauquf
32
§  Hadits mauquf ialah hadits yang bentuk penyandaran-nya disandarkan kepada ….
a.         Allah SWT
b.         Rasulullah SAW
c.         Sahabat
d.         Tabi’in
e.         Tabit-Tabi’in
C

§  Siswa dapat menunjukkan contoh hadits mauquf

33
§  Hadits mauquf dikelompok-kan menjadi tiga kelompok, yaitu ….
a.       Mauquf perkataan, per-buatan, washfi
b.       Mauquf perkataan, kete-tapan, washfi
c.       Mauquf, perkataan, wa-shfi, perbuatan
d.       Mauquf washfi, per-kataan, perbuatan, kete-tapan
e.       Mauquf perkataan, per-buatan, ketetapan
E

5.4      Menjelaskan pengertian dan contoh hadits maqthu
§  Siswa dapat mendefinisikan hadits maqthu
34
§  Hadits yang disandarkan kepada tabi’in adalah hadits ….
a.        Hadits qudsi
b.        Hadits marfu
c.        Hadits shahih
d.        Hadits maqthu
e.        Hadits mauquf
D

§  Siswa dapat menunjukkan contoh hadits maqthu

35
§  Hadits maqthu tidak dapat dijadikan sebagai landasan hukum disebabkan karena hadits maqthu hanyalah ucapan ….
a.       Umar bin Khattab
b.       Abdullah ibnu Umar
c.       Abdulla ibnu Mas’ud
d.       Imam Syafi’i
e.       Abu Bakar ash-Shiddiq
D


Rounded Rectangle: 			Binuang, 17 November 2014 
	Mengetahui;
	
	Ka MAK Al-Wasilah Lemo	Guru Mapel Ilmu Hadits


	Rudis S, S.Pd.I 		Asrul Rahman, S.Pd.I

                                                                                                                                                           

No comments:

Makalah: Mahabbah, Makrifah

BAB I PENDAHULUAN   A.      Latar Belakang Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa manusia larut dan terbuai dalam din...