
Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan jawaban yang paling tepat!!!
1.
هُوَ
الْعِلْمُ بِاَقْوالِ رَسُوْلِ اللهِ وأَفْعَالِهِ وَتَقْرِيْرِهِ وَهَيْئَتِهِ وَشَكْلِهِ....
Contoh بِاَقْوالِ
رَسُوْلِ اللهِ dalam pengertian hadits di atas
adalah ….
A.
قل
رسوال الله صَلًّوا كَماَ رَ اَيْتًمًوْ نِيْ أًصَلِّيْ
B.
يقل
الله عز و جلّ مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ اَمْثَالِهَا
C.
Rambut Rasulullah saw., memanjang hingga
menyentuh bahunya
D.
Nabi membiarkan sahabatnya yang
memakan hewan dhob (kadal)
E.
Nabi memakai sorban saat menunaikan
shalat dan sesekali mengibaskannya
2.
عَنْ مُحَمّدٌ عَنْ أبِيْ
سَلَمَةَ عَنْ أبِيْ هُرَيْرَةَ أَنِ النّبِيِّ صَلَّ الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ: لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي أَوْ عَلَى
النَّاسِ
لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ صَلاَةٍ (رواه مسلم)
Dari
rangkaian hadits di atas yang disebut dengan matan adalah ….
A.
رواه
مسلم
B.
قَالَ:
لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ
C.
أَنِ
النّبِيِّ صَلَّ الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
D.
عَنْ
مُحَمّدٌ عَنْ أبِيْ سَلَمَةَ عَنْ أبِيْ هُرَيْرَةَ
E.
لَوْلاَ
أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي أَوْ عَلَى النَّاسِ لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ
كُلِّ صَلاَةٍ
3.
Penyusun pertama ilmu hadits riwayah
adalah ….
A.
Ahmad bin Hanbal
B.
Muhammad bin Idris
C.
Abu Muhammad ar-Ramahurmuzy
D.
Muhammad bin Syihab az-Zuhri
E.
Abdurrahman bin Hammam
4.
Lafadz periwayatan yang dipergunakan
oleh para perawi hadits yang paling tinggi derajatnya adalah ….
A.
حَدَّ
ثنا فلان
B.
أخبرنا
فلان
C.
أَنْبَئَنَا
فلان
D.
قَرَأْتُ
على فلان
E.
سَمِعْتُ
فلانا
5.
Penyampaian hadits menggunakan
redaksi lafadz أجزت لك أن ترويَ عنّيْ disampaikan
dengan cara ….
A.
Qira’at
B.
Muwawalah
C.
Ijazah
D.
I’lam
E.
Sima’
6.
ما
رواه عدد كثير تحليل العادة توا طئهم على الكذب
Pernyataan
di atas adalah definisi hadits ….
A.
Mutawatir
B.
Ahad
C.
Hasan
D.
Dha’if
E.
Mauquf
7.
Berikut ini adalah syarat hadits
mutawatir, kecuali ….
A.
Diriwayatkan oleh para penghafal
al-Qur’an
B.
Jumlah perawi yang banyak pada
seluruh tingkatan
C.
Matan haditsnya tidak menyalahi
kaidah bahasa Arab
D.
Sandaran berita adalah panca indera
E.
Mustahil sepakat berbohong
8.
Jika ada hadits yang diriwayatkan
oleh tiga perawi atau lebih pada setiap thabaqat, tetapi mereka tidak sampai
pada derajat mutawatir, maka hadits tersebut dinamakan hadits ….
A.
Hasan
B.
Shahih
C.
Masyhur
D.
Gharib
E.
Dha’if
9.
Salah satu syarat hadits shahih
adalah diriwayatkan oleh ….
A.
3 perawi
B.
Perawi yang sama
C.
Perawi yang banyak
D.
2 perawi yang sanadnya muttasil
E.
Banyak perawi dan sanadnya muttasil
10.
اِنَّ
شَرَّ النَّاسِ عِنْدَ اللهِ مَنْزِلَةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ... (متفق عليه)
Dengan
ciri (متفق عليه) hadits di atas adalah contoh hadits ….
A.
Hasan
B.
Shahih
C.
Dha’if
D.
Mu’allaq
E.
Mursal
11.
قالرسول
الله صلى الله عليه وسلم: إن أبواب الجنة ظلال السيوف
Di antara perawi hadits di atas ada Ja’far bin Sulaiman
al-Dhab’i yang kecerdasannya dinilai kurang. Oleh karena itu, hadits ini
disebut ....
A.
Masyhur
B.
Aziz
C.
Ahad
D.
Mursal
E.
Hasan
12.
Hadits yang sanadnya tidak bersambung, perawinya tidak adil dan tidak
dhabit, terdapat keganjilan dan cacat dalam sanad dan matannya. Pernyataan ini
adalah ciri hadits ....
A.
Dha’if
B.
Hasan
C.
Shahih
D.
Masyhur
E.
Mutawatir
13.
Hadits yang gugur di akhir sanadnya disebut hadits ....
A.
Mursal
B.
Mu’allal
C.
Mudallas
D.
Masyhur
E.
Mutawatir
14.
Hadits yang dalam sanadnya terdapat seorang perawi yang tidak disebut
namanya, disebut hadits ....
A.
Mu’allal
B.
Munkar
C.
Mubham
D.
Matruk
E.
Majhul
15.
كُلُّ حَدْيِثٍ يُضِيْفُ فِيْهِ النَّبِيِّ قَوْلاً إِلَى
اللهِ تَعَالَى adalah pengertian dari hadits ....
A.
Qudsi
B.
Nabawi
C.
Fi’li
D.
Qauli
E.
Taqriri
16.
Perhatikan redaksi hadits berikut !
فيما يروي عن الله تبرك وتعالى أنه قال: يَاعِبَادِيْ إِنِّيْ حَرَّمْتُ الظُّلْمَ عَلَى نَفْسِيْ
وَجَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ مُحَرَّماً فَلاَتَظَالِمُوْا
Ditinjau dari
ciri redaksi hadits yang digaris bawahi, maka hadits di atas merupakan contoh
hadits ....
A.
Marfu’
B.
Qudsi
C.
Mauquf
D.
Munqathi’
E.
Mu’dhal
17.
عن
ابن عمر قال: إن رسول الله قال: صَلاَةُ الْجُمْعَةِ .... (رواه البخاري و مسلم)
Hadits tersebut
oleh para sahabat disandarkan hanya kepada perkataan Nabi. Hadits di atas
adalah contoh hadits marfu’ ....
A.
Qauli hakiki
B.
Qauli hukmi
C.
Fi’li hakiki
D.
Fi’li hukmi
E.
Taqriri hakiki
18.
مَا أُضِيْفُ إِلىَ الصَّحَابِيْ مِنْ قَوْلٍ أَوْفِعْلٍ
أَوْتَقْرِيْرٍ adalah definisi hadits .....
A.
Munqathi’
B.
Marfu’
C.
Mauquf
D.
Muttasil
E.
Maqthu’
19.
Jika ada tabi’in mengatakan كنانفعل كذا maka hadits
tersebut termasuk hadits ....
A.
Maqthu’
B.
Marfu’
C.
Muttasil
D.
Mauquf
E.
Mushannaf
20.
Sanad yang jumlah rawinya lebih sedikit jika dibandingkan
dengan sanad lain disebut sanad ....
A.
Nazil
B.
‘Ali
C.
Muttasil
D.
Mu’an’an
E.
Musalsal
21.
حدّثنا
الحسن ابن عرفة عن يحي عن ابن عمر عن عبدالله ابن الديلمي قال: ....
Dilihat dari
redaksi hadits di atas, lafadz yang bergaris bawah menunjukkan bahwa hadits
tersebut adalah contoh hadits ....
A.
Muttasil
B.
Mauquf
C.
Musalsal
D.
Marfu’
E.
Mu’an’an
22.
Hadits yang bisa diterima sebagai hujjah syar’iyyah adalah hadits ....
A.
Maqbul
B.
Mardud
C.
Shahih
D.
Hasan
E.
Musnad
23.
Ilmu jarh wa ta’dil terkait dengan ....
A.
Adilnya perawi
B.
Dhabitnya perawi
C.
|
D.
Diterima atau ditolaknya sanad
E.
Digunakannya sebagai hujjah
24.
Perhatikan firman Allah berikut ini:
Ayat di atas
menjadi inspirasi lahirnya ilmu ....
A.
I’lalil hadits
B.
Nasikh wal mansukh
C.
Gharibul hadits
D.
Mukhtalifil hadits
E.
Jarh wa ta’dil
25.
Abu Hurairah adalah sahabat Nabi yang paling banyak meriwayatkan hadits.
Nama aslinya adalah Abdurrahman ibn Sakhr. Beliau meninggal di ....
A.
Madinah pada tahun 40 Hijriyah
B.
Mekah pada tahun 40 Hijriyah
C.
Madinah pada tahun 50 Hijriyah
D.
Mekah pada tahun 50 Hijriyah
E.
Madinah pada Tahun 58 Hijriyah
26.
Seorang imam ahli hadits bernama Abdurrahman Ahmad bin Syuaib bin Bahr.
Beliau mempunyai karya “Sunanul Kubra”. Atas perintah Amir Ramallah,
hadits yang berada di dalam kitab tersebut diseleksi dan dipilih yang
shahih-shahih saja sehingga diberi nama “al-Mujtaba”. Imam yang dimaksud
adalah ....
A.
Bukhari
B.
Muslim
C.
Abu Daud
D.
Nasa’i
E.
Tirmidzi
27.
Nama lengkap Imam an-Nasa’i adalah ....
A.
Abi Abdillah Muhammad bin Ismail
B.
Abi Abdurrahman Muhammad bin Syuaib
C.
Abi Abdillah Muhammad bin Yazid
D.
Abi Isa Muhammad bin Isa
E.
Abu Husain Muslim al-Hajjaj
28.
Buku yang ditulis Imam Tirmidzi selama 16 tahun, selalu shalat istikharah
dua rakaat sebelum menulis, diberi nama ....
A.
Al-Qadar
B.
Awhamil Muhadditsin
C.
Akhbar al-Khawarij
D.
Al-‘Ilal
E.
Al-Jami’u al-Shahih
29.
Kitab hadits yang membahas masalah fikih yang dihimpun oleh Ibnu Hajar
al-Asqalani adalah ....
A.
Arba’in Nawawi
B.
Bulugul Maram
C.
Mukhtarul Ahadits
D.
Fathul Qarib
E.
Bidayatul Mujtahid
30.
Arti matan hadits مَنْ أَطَاعَنِيْ
فَقَدْ أَطَاعَ اللهِ adalah bahwa
taat kepada Allah bisa dibuktikan dengan taat kepada ....
A.
Nabi Muhammad
B.
Semua orang
C.
Semua muslim
D.
Malaikat
E.
Sahabat Nabi
31.
Teks hadits yang sesuai dengan penjelasan bahwa Allah sangat membenci orang
yang paling keras membantah adalah ....
32.
Nabi memerintahkan agar dalam beribadah mengikuti tuntunan yang telah
diajarkan dan menjauhi bid’ah. Hadits yang sesuai dengan pernyataan tersebut
adalah ....
33.
Orang yang mendurhakai Rasul seperti orang yang mendurhakai Allah. Bunyi
hadits yang sesuai adalah ....
34.
Arti matan hadits مَنْ أَطَاعَنِيْ
دَخَلَ الْجَنَّةَ adalah “Siapa yang taat kepadaku akan ...”.
A.
Masuk syurga
B.
Dicintai Allah
C.
Dicintai malaikat
D.
Disanjung-sanjung Allah
E.
Ditaati oleh semua muslim
35.
Arti matan hadits مَنْ رَأَى مِنْكُمْ
مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرُهُ بِيَدِهِ adalah “Siapa yang melihat kemungkaran
hendaknya dia merubah dengan ...”.
A.
Tangannya
B.
Kakinya
C.
Mulutnya
D.
Hatinya
E.
Taktiknya
36.
Wajib bagi semua muslim menentang kebathilan dan menolak kemungkaran.
Hadits yang relevan adalah ....
37.
Mencegah seseorang yang akan berbuat kejahatan dan mengingatkan bahwa
perbuatannya dilarang oleh Allah dinamakan ....
A.
Amar ma’ruf
B.
Nahi munkar
C.
Taushiyah
D.
Tabligh akbar
E.
Mau’idhah hasanah
38.
Perhatikan hadits di bawah ini!
Perbuatan yang
relevan dengan matan hadits tersebut adalah ....
A.
Taat kepada kedua orang tua
B.
Mengikuti perintah Nabi SAW
C.
Mengikuti perintah guru
D.
Mengikuti hawa nafsu
E.
Menyayangi sesama muslim
39.
Maksud hadits di
atas yang bergaris bawah adalah lebih baik meninggalkan ahli waris dalam
keadaan ....
A.
Sedih berkepanjangan
B.
Berkecukupan
C.
Bersemangat berjuang
D.
Melanjutkan perjuangan
E.
Melarat dan sengsara
40.
Teks hadits yang memberi teladan tugas pembantu rumah tangga adalah ....
41.
Seorang pejabat bertanggung jawab melayani rakyatnya dan memberikan
kesejahteraan. Hadits yang sesuai dengan pernyataan di atas adalah ....
42.
Hadits tentang tanggung jawab suami terhadap keluarganya adalah ....
43.
Hadits yang menyebut rakyat sebagai salah satu pilar kepemimpinan adalah
....
44.
S
Arti harfiah
lafadz hadits yang digaris bawahi adalah ....
A.
Masuk syurga pertama-tama
B.
Mencium bau harus syurga
C.
Akan bertahan lama di syurga
D.
Mendapat dukungan ahli syurga
E.
Dipilih oleh penghuni syurga
45.
Makna kata yang
digaris bawahi adalah ....
A.
Ditanyai
B.
Bermasalah
C.
Ditanya-tanya
D.
Bertanggung jawab
E.
Menanggung beban
46.
Hadits yang menyatakan bahwa terdapat kelompok yang selalu memperdulikan
dan menghidupkan agama adalah ....
47.
Sesuai hadits, orang yang berlaku adil disisi Allah akan ....
A.
Dihapus dosa-dosanya
B.
Ditinggikan derajatnya
C.
Disebut-sebut sebagai ahli syurga
D.
Dibanggakan oleh para malaikat
E.
Berada di puncak cahaya disebelah kanan-Nya
48.
Perhatikan hadits di bawah ini !
Menurut hadits,
kebaikan akan membawa seseorang ke arah ....
A.
Keberuntungan
B.
Syurga
C.
Kebahagiaan
D.
Kesenangan
E.
Kemasyhuran
49.
Surya melakukan kecurangan saat menjabat sebagai bendahara sekolah. Sikap
gundahnya sesuai dengan sabda Rasulullah ....
50.
Nabi bersabda:
Sesuai dengan
hadits, berdusta akan membawa seseorang menuju ....
A.
Kemelaratan
B.
Neraka
C.
Kepercayaan
D.
Kecurangan
E.
Kebingungan
1.
مَنْ اَطَاعَنِيْ دَخَلَ الْجَنَّةَ … Arti dari potongan hadits tersebut adalah ….
a.
Barang siapa yang takut kepadaku akan masuk syurga
b.
Barang siapa yang tidak takut kepadaku akan masuk neraka
c.
Barang siapa yang mentaatiku akan masuk syurga
d.
Barang siapa yang tidak mentaatiku akan masuk neraka
e.
Barang siapa yang bertaqwa akan masuk syurga
2.
Ketaatan adalah melaksanakan perintah dan mewujudkannya secara
langsung baik dalam kondisi sulit atau mudah, dalam kondisi bergairah atau
tidak. Definisi tersebut menurut ….
a.
Al-Qurtubi
b.
Hasan al-Bashri
c.
Hasan al-Banna
d.
Al-Baidhawi
e.
Ibnu Rajab
3.
Kewajiban taat kepada Rasulullah disebabkan oleh beberapa alasan, kecuali
….
a. Sebagai pembawa
ajaran yang benar
b. Sebagai penyeru
terha-dap penyembahan ke-pada Allah dan tata cara menyembah Allah dengan benar
c. Sebagai pembawa
ka-bar gembira dan pemberi peringatan
d. Sebagai peletak dasar
akhlak (budi pekerti) yang mulia
e. Sebagai nabi yang di
utus dari kaum Quraisy yang mulia
4.
Berikut ini perilaku taat seorang pelajar terhadap guru, kecuali
….
a. Tidak mengganggu
ke-giatan pembelajaran
b. Menyimak materi yang
disajikan oleh guru
c. Mengerjakan tugas
yang diberikan oleh guru
d. Menghiraukan naset
guru
e. Mendengarkan dan
mengaplikasikan nasehat guru
5.
Orang yang…selalu terkontrol oleh aturan-aturan al-Qur’an dan
Hadits.
a.
Bersabar
b.
Bertaqwa
c.
Ikhlas
d.
Bersyukur
e.
Beriman
6.
Contoh perbuatan taat di lingkungan sekolah adalah ….
a. Berkumpul di kantin
ketika tidak ada guru
b. Mengisi waktu luang
dengan berdiskusi de-ngan teman
c. Menghibur dan
memberikan motivasi teman yang lagi sedih
d. Memberikan tumpangan
kepada teman ketika pulang sekolah
e. Menggunakan seragam sekolah
sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh sekolah
يَطْوِي اللَّهُ عَزَّ
وَجَلَّ السَّمَاوَاتِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ثُمَّ يَأْخُذُهُنَّ بِيَدِهِ
الْيُمْنَى ثُمَّ يَقُولُ أَنَا الْمَلِكُ أَيْنَ الْجَبَّارُونَ أَيْنَ
الْمُتَكَبِّرُونَ ثُمَّ يَطْوِي الْأَرَضِينَ بِشِمَالِهِ ثُمَّ يَقُولُ أَنَا
الْمَلِكُ أَيْنَ الْجَبَّارُونَ أَيْنَ الْمُتَكَبِّرُونَ
7.
Kata yang digaris bawahi pada hadits di atas berarti ….
a.
Orang-orang yang sa-bar
b.
Orang-orang yang ber buat sewenang-wenang
c.
Orang-orang yang ber-iman
d.
Orang-orang yang som bong
e.
Orang-orang yang ikhlas
8.
تَفَكَّرُوْا فِيْﺁلَا ءِ اللهِ arti dari potongan hadits tersebut adalah
….
a.
Berfikirlah tentang Dzat-Nya Allah
b.
Berfikirlah tentang Allah
c.
Berfikirlah tentang sifat Allah
d.
Berfikirlah tentang ciptaan Allah
e.
Berfikirlah tentang hal-hal yang
berkaitan dengan Allah
9.
Kebesaran dan kekuasaan Allah SWT dapat diketahui dengan melihat
….
a.
Manusia
b.
Binatang
c.
Tumbuh-tumbuhan
d.
Langit
e.
Alam semesta
10.
Qarun dan Fir’aun adalah adalah contoh hamba Allah yang ….
a. Sabar
b. Tawadhu
c. Sombong
d. Ikhlas
e. Bersyukur
11.
Hati nurani manusia senantiasa di isi dengan hal-hal yang membuat
ia … kepada Allah.
a. Takut
b. Senang
c. Bahagia
d. Berani
e. Taat
12.
Meyakini kebesaran dan kekuasaan Allah SWT akan menunjukkan
perilaku yang ….
a.
Sombong
b.
Angkuh
c.
Mencintai dunia
d.
Takabbur
e.
Semangat dalam segala hal
13.
Arti dari kata شَكَرَ ialah ….
a. Menutup
b. Melupakan
c. Menutup-nutupi
d. Membuka
e. Menghilangkan
14.
Orang yang enggan berterima kasih kepada sesama manusia berarti ia
….
a.
Tidak bersyukur kepada Allah
b.
Bersyukur kepada Allah
c.
Menganggap remeh orang lain
d.
Tidak menghargai orang lain
e.
tidak menampakkan keimanan
15.
Hakikat syukur ialah tunduk, patuh, dan … kepadaNya.
a.
Taat
b.
Benci
c.
Tawakkal
d.
Istiqamah
e.
Cinta
16.
Berikut ini adalah macam-macam nikmat Allah, kecuali ….
a.
Kehidupan dan kemati-an
b.
Hidayah Allah
c.
Ampunan Allah
d.
Panca indera dan akal
e.
Cobaan
17.
Ketika mendapatkan beasiswa Kementerian Agama, Syarif Sukiman
sangat bersyukur sebab beasiswa tersebut membantu meringankan beban orang
tuanya dalam memenuhi kebutuhan sekolahnya. Perilaku yang seharusnya
ditunjukkan sebagai bentuk implementasi rasa syukur bagi pelajar ialah ….
a. Menggunakan beasiswa
tersebut untuk mentraktir teman
b. Menggunakan beasiswa
tersebut untuk berfoya-foya
c. Menggunakan beasiswa
tersebut untuk membeli handphone
d. Menggunakan beasiswa
tersebut untuk keperluan yang tidak terlalu mendesak
e. Menggunakan beasiswa
tersebut untuk membeli kebutuhan sekolah
18.
Contoh perbuatan syukur di bawah ini ialah ….
a. Dendam, iri, dengki
b. Iri dengki, dendam
c. Syirik, nifak, riya
d. Putus asa, riya,
dengki
e. Sabar, tawakkal,
ikhlas
19.
Senantiasa memberikan sebagian nikmat yang diberikan Allah SWT
kepada orang lain merupakan implementasi dari ….
a.
Sabar
b.
Tawakkal
c.
Syukur
d.
Ikhlas
e.
Istiqamah
ازْهَدْ فِيْ الدُّنْيَايُحِبُّكَ اللهُ
20.
Potongan hadits tersebut diartikan dengan ….
a.
Zuhudlah terhadap dunia maka Allah mencintaimu
b.
Zuhudlah maka Allah mencintaimu
c.
Sikap zuhud akan dicintai Allah
d.
Orang yang zuhud disayangi Allah
e.
Zuhud merupakan jalan meraih kasih sayang Allah
21.
Kata Zuhud sesuai dengan hadits pola hidup sederhana
diartikan dengan ….
a. Pasrah
b. Mencintai dunia
c. Membenci dunia
d. Rakus
e. Tidak rakus
22.
Orang yang zuhud akan menuai … dari Allah.
a.
Pahala yang banyak
b.
Nikmat
c.
Kecintaan
d.
Karunia
e.
Hidayah
23.
Islam menganjurkan kepada ummatnya untuk tidak bermewah-mewahan
dan juga tidak ….
a.
Tinggal diam
b.
Berpangku tangan
c.
Kikir
d.
Berperilaku curang
e.
Tidak sombong
24.
Orang yang menerapkan hidup sederhana akan me-nampakkan perilaku
dalam kehidupan secara ….
a.
Sederhana
b.
Berlebih-lebihan
c.
Sewenang-wenang
d.
Asal-asalan
e.
Serba mewah
25.
Perilaku hidup sederhana dimasyarakat dapat ditunjukkan dengan
cara…, kecuali.
a.
Tidak pamer kekayaan
b.
Mencintai produk dalam negeri
c.
Menggunakan produk dalam negeri
d.
Menggunakan barang impor yang sederhana
e.
Melakukan pesta yang tidak berlebihan
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ
اللهُ تَعَالَى عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
عَامَلَ خَيْبَرَ بِشَطْرِ مَا يَخْرُجُ مِنْهَا مِنْ ثَمَرٍ أَوْ زَرْعٍ فَكَانَ
يُعْطِي أَزْوَاجَهُ مِائَةَ وَسْقٍ ثَمَانُوْنَ وَسْقٍ تَمْرٍ وَعِشْرُوْنَ
وَسْقٍ شَعِيْرٍ
26.
Hadits tersebut menjadi landasan bagi ummat islam dalam
memanfaatkan ….
a. Kekayaan
b. Harta
c. Hasil perkebunan
d. Rezki
e. Tanah
27.
Redaksi hadits pada soal nomor 18 menjadi dasar dibolehkannya
sistem … dan … dalam Islam.
a.
Mudharabah dan Muza-ra’ah
b.
Musaqat dan Mudhara-bah
c.
Musaqat dan Muzara’ah
d.
‘Ariyah dan Rahnu
e.
Qiradh dan Rahnu
28.
Pak Suherdi menyerahkan tanahnya kepada Pak Umar untuk ditanami
sehingga tanah tersebut dapat berproduksi dan dinikmati hasilnya dengan
memberikan upah tertentu kepada Pak Umar. Praktek pengelolaan tanah yang
dilakukan oleh Pak Suherdi dan Pak Umar adalah ….
a.
Muzara’ah
b.
Musaqat
c.
‘Ariyah
d.
Qiradh
e.
Rahnu
29.
Islam mengatur bahwa semua kegiatan produksi harus terikat dengan
nilai ….
a. Aqidah
b. Moral
c. Budaya
d. Peraturan dagang
e. Kemanusiaan
30.
Orang yang memanfaatkan kekayaan alam berarti ia akan senantiasa
….
a. Merusak alam
b. Mengambil keuntungan
dari alam
c. Mengeksploitasi alam
d. Mereboisasi alam
e. Menjaga kelestarian
alam
31.
Menanam pohon sebagai bentuk reboisasi terhadap lingkungan
merupakan wujud dari … alam.
a.
Memanfaatkan
b.
Merusak
c.
Melestarikan
d.
Merenovasi
e.
Mengeksploitasi
32.
Terdapat lima jenis kebutuhan yang dipandang bermanfaat untuk
mencapai falah, kecuali ….
a. Kepemilikan
b. Kehidupan
c. Ilmu pengetahuan
d. Harta
e. Kelangsungan
keturunan
مُرُوْ بِالْمَعْرُوْفِ وَانْهَوْاعَنْ
الْمُنْكَرِ
33.
Arti dari potongan hadits di atas adalah ….
a. Perintahkanlah kebaikan dan hindarilah kemungkaran
b. Perintahkanlah
kebaikan dan jauhilah kemungkaran
c. Perintahkanlah
kebaikan dan laranglah kemungkaran
d. Himbaulah kebaikan
dan laranglah kemungkaran
e. Himbaulah kebaikan
dan cegahlah kemungkaran
34.
Amar ma’ruf dan nahi mungkar juga dapat dipahami dengan ….
a. Kebaikan dan
keburukan
b. Hak dan kewajiban
c. Perintah dan larangan
d. Baik dan buruk
e. Halal dan haram
35.
Melakukan amar ma’ruf nahi mungkar hukumnya ….
a.
Sunnah
b.
Mubah
c.
Fardhu ‘Ain
d.
Fardhu Kifayah
e.
Fardhu ‘Ain bagi yang mampu
36.
“Orang yang melakukan amalan ibadah tanpa ilmu, maka yang dirusak
lebih banyak daripada yang diperbaikinya”, merupakan pendapat dari ….
a.
Umar bin Khattab
b.
Umar bin Abdul Aziz
c.
Ibnu Taimiyah
d.
Ibnu Qayyim al Jauziyah
e.
Ibnu Rusyd
37.
Tolak ukur kebaikan dan kemungkaran ialah ….
a. Syariat
b. Hakikat
c. Makrifat
d. Tharikat
e. Zuhud
38.
Ancaman Allah SWT terhadap suatu kaum yang membiarkan kemaksiyatan
dan tidak melakukan amar ma’ruf nahi mungkar sesuai dengan hadits adalah ….
a.
Memusnahkan kaum tersebut
b.
Memasukkan kaum tersebut ke dalam neraka
c.
Mengangkat rahmatNya kepada kaum tersebut
d.
Menurunkan bencana bagi kaum tersebut
e.
Mencabut nikmatNya bagi kaum tersebut
39.
Nawir mendapati temannya dan melarangnya untuk mencontek dalam
ujian. Perilaku Nawir menunjukkan
perbuatan ….
a. Teguran
b. Ibadah
c. Amar ma’ruf nahi
mung-kar
d. Baik
e. Amar ma’ruf
40.
Belajar dengan tekun merupakan wujud dari ….
a. Amar ma’ruf nahi
munkar
b. Kerja keras
c. Hidup tekun
d. Mencintai ilmu
e. Pantang menyerah
41.
Berikut ini bentuk dari kegiatan beramar ma’ruf nahi mungkar di
lingkungan masyarakat. Kecuali ….
a.
Menghormati tetangga
b.
Mengikuti pelajaran dengan penuh kesadaran
c.
Berpartisipasi dalam kegiatan sosial masyarakat
d.
Memberikan pemahaman tentang bahaya menghisap lem fox
e.
Memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba
42.
Ketika melihat teman yang sedang ditimpa bencana, maka sebaiknya
kita ….
a. Ikut merasakan duka
b. Turut serta
meringankan bebannya
c. Menguatkan hatinya
d. Menertawainya
e. Ikut merasakan duka
dengan cara meringankan bebannya
43.
Potongan hadits tersebut
memiliki arti ….
a. Sesungguhnya besarnya pahala bergantung pada besarnya amal
b. Sesungguhnya besarnya pahala bergantung pada besarnya sedekah
c. Sesungguhnya besarnya pahala bergantung pada besarnya ujian
d. Sesungguhnya besarnya pahala bergantung pada besarnya keimanan
e. Sesungguhnya besarnya pahala bergantung pada ketulusan hati
44.
عَجَبًالِاَمْرِالْمُؤْمِنِ Kata yang digaris bawahi merupakan gambaran bagi orang yang beriman akan memiliki ….
a. Harta
b. Ilmu yang luas
c. Pesona (ketakjuban)
d. Kemauan
e. Tekad yang kuat
45.
Kesabaran merupakan gambaran tentang … manusia kepada Allah SWT.
a. Keikhlasan
b. Ketaatan
c. Kezuhudan
d. Ketabahan
e. Ketaqwaan
46.
Cobaan dan ujian bagi orang yang memiliki iman akan menghadapinya
dengan sabar, sebab mereka berpandangan bahwa ….
a. Cobaan dan ujian
adalah bentuk kasih sayang Allah SWT
b. Cobaan dan ujian
adalah bagian dari rahmat Allah SWT
c. Cobaan dan ujian
adalah murka Allah SWT
d. Cobaan dan ujian
adalah karunia Allah SWT
e. Cobaan dan ujian
adalah kebaikan dari Allah SWT
47.
Mengikhlaskan niat kepada Allah SWT bahwa ia semata-mata berbuat hanya untukNya, merupakan cerminan
tentang ….
a.
Keikhlasan
b.
Ketaatan
c.
Ketabahan
d.
Kesabaran
e.
Kezuhudan
48.
Ketika menghadapi ujian dan cobaan maka sebaiknya kita berlindung
kepada ….
a. Allah SWT
b. Rasul Allah
c. Malaikat Allah
d. Jin
e. Iblis
49.
Memperbanyak puasa sunnah dan mengingat tujuan hidup di dunia
merupakan upaya untuk melatih ….
a. Kesyukuran
b. Kesabaran
c. Keikhlasan
d. Istiqamah
e. Kezuhudan
50.
Malas belajar, marah, kikir, serakah adalah bentuk dari sifat
negatif yang hanya dapat diminimalisir dengan cara …
a. Mujahadatun Nafs
b. Tazkiyatun Nafs
c. Amaliyatun Nafs
d. Ibadatun Nafs
e. Tadzkiratun Nafs
1.
Ilmu
yang membahas atau berkaitan dengan
hadits Nabi SAW adalah ….
a.
Ilmu
Rijal Hadits
b.
Ilmu
Hadits Riwayah
c.
Ilmu
Hadits Dirayah
d.
Ilmu
hadits
e.
Ilmu
Asbab Wurud al- Hadits
2.
Ilmu pengetahuan tentang sabda, perbuatan, penga-kuan, gerak-gerik
dan ben-tuk jasmaniah Rasulullah SAW., dari segi hal ihwal para perawinya,
kedhabit-an, keadilan dan dari ber-sambung tidaknya sanad dan sebagainya.
Definisi ilmu hadits tersebut menurut ulama mutaqaddimin yang diwakili oleh
imam ….
a.
Bukhari
b.
Muslim
c.
Ahmad bin Hanbal
d.
Syamsuddin At-Tabrizy
e.
As-Suyuthi
3.
Ilmu hadits terbagi atas dua kajian ilmu, yaitu ….
a.
Ilmu hadits Riwayah dan Dirayah
b.
Ilmu Hadits Riwayah dan Rijal Hadits
c.
Ilmu Hadits Dirayah dan Asbab Al-Wurud Al-Hadits
d.
Ilmu Rijal Hadits dan Asbab Al-Wurud Al-Hadits
e.
Ilmu Jarh dan Ta’dil
4.
Untuk menghindari kesala-han segala yang diriwayat-kan atau
dinukilkan adalah manfaat dari mempelajari ….
a.
Ilmu hadits
b.
Ilmu hadits riwayah
c.
Ilmu hadits dirayah
d.
Ilmu jarh wa ta’dil
e.
Ilmu asbab al-wurud al-hadits
5.
Ulama
hadits yang dikenal sebagai ulama yang per-tamakali menghimpun hadi-ts pada
masa penghim-punan hadits ialah….
a.
Umar
bin Abdul Aziz
b.
Abu
Bakr bin Muham-mad bin Hazm
c.
Ibnu
Syihab Az-Zuhri
d.
Malik
bin Anas
e.
Ar-Rumahurmudzi
6.
Kitab ilmu hadits yang ditulis oleh Ar-Rumahurmudzi ada-lah kitab
….
a.
Al-Muwattha
b.
Al-Musnad
c.
Al-Mu’jam
d.
Al-Muhaddits al-Fashil Baina al-Rawi’ wa al-Wa’i
e.
Al-Jami as-Shagir
7.
Seseorang diperbolehkan untuk mengutip atau mengambil hadits dari
orang lain jika telah memenuhi syarat-syarat penerimaan hadits. Syarat-syarat
yang dimaksud adalah ….
a.
Dhabit, tamyiz, baligh
b.
Berakal, adil
c.
Adil, berakal, baligh
d.
Dhabit, adil, berakal
e.
Tamyiz, berakal, dhabit
8.
Proses penerimaan riwayat hadits dapat dilakukan dengan … cara.
a.
5
b.
6
c.
7
d.
8
e.
9
9.
Seorang guru (syaikh) mem-berikan kitab atau lem-baran hadits
kepada muridnya untuk meriwayatkannya, merupakan bentuk peneri-maan hadits
dengan cara ….
a.
As-Sama
b.
Al-Ardh
c.
Al-Munawalah
d.
Al-I’lam
e.
Al-Mukatabah
10.
Penyampaian
hadits meng-gunakan redaksi lafadz أجزت
لك أن ترويَ عنّيْ disampaikan dengan cara ….
a. Ardh
b. Muwawalah
c. Ijazah
d. I’lam
e. Sima’
11.
Lafadz
periwayatan yang dipergunakan oleh para perawi hadits yang paling tinggi
derajatnya adalah ….
a.
حَدَّ
ثنا فلان
b.
أخبرنا
فلان
c.
أَنْبَئَنَا
فلان
d.
قَرَأْتُ
على فلان
e.
سَمِعْتُ
فلانا
12.
يَجِبُ فِى الْعَادَةِ اِحَالَةُ إِجْتِمَاعِهِمْ
وَتَوَاطُئِهِمْ عَلَى الْكَذِبِ.
Definisi di atas
adalah definisi dari ….
a.
Hadits
ahad
b.
Hadits
shahih
c.
Hadits
mutawatir
d.
Hadits
hasan
e.
Hadits
dha’if
13.
Yang bukan syarat hadits mutawatir adalah ….
a.
Jumlah rawi yang memungkinkan sepakat tidak berbohong
b.
Jumlah rawinya atrara thabaqat seimbang
c.
Ditangkap oleh telinga
d.
Ditangkap oleh mata
e.
Diriwayatkan oleh tiga orang rawi atau lebih
14.
Hadits mutawatir tebagi atas dua, yaitu mutawatir lafdzi dan
mutawatir maknawi. Hadits mutawatir lafdzi ialah ….
a.
Hadits yang memiliki redaksi dan makna yang sama
b.
Hadits yang memiliki redaksi sama namun berbeda makna
c.
Hadits yang redaksinya berbeda, namun mak-nanya sama
d.
Hadits yang redaksi dan makna berbeda
e.
Hadits redaksinya ber-beda
إِنَّ هٰذَ الْقُرْآنَ
أُنْزِلَ عَلى سَبْعَةِ أَحْرُفٍ. (متفق عليه)
15.
Hadits tersebut di atas adalah hadits yang memiliki susunan
redaksi dan makna yang sama, merupakan contoh
dari hadits ….
a.
Hadits mutawatir
b.
Hadits mutawatir lafdzi
c.
Hadits mutawatir mak-nawi
d.
Hadits masyhur
e.
Hadits aziz
16.
Hadits yang jumlah rawinya terbatas atau tidak men-capai hadits
mutawatir, adalah definisi dari hadits ….
a.
Hadits aziz
b.
Hadits masyhur
c.
Hadits ahad
d.
Hadits dha’if
e.
Hadits gharib
17.
Hadits ahad terbagi atas tiga, yaitu ….
a.
Hadits shahih, hadits aziz, hadits gharib
b.
Hadits aziz, hadits gharib, hadits masyhur
c.
Hadits hasan, hadits aziz, hadits masyhur
d.
Hadits masyhur, hadits shahih, hadits aziz
e.
Hadits gharib, hadits masyhur, hadits hasan
18.
Menurut imam as-Suyuthi, hadits yang bersambung
sanadnya, perawinya adil dan dhabit, tidak berillat dan tidak janggal adalah definisi
dari hadits ….
a.
Hadits mutawatir
b.
Hadits ahad
c.
Hadits shahih
d.
Hadits hasan
e.
Hadits dha’if
19.
Di bawah ini
merupakan syarat hadits shahih, kecuali ….
a. Rawinya
adil
b. Rawinya
dhabit
c. Sanadnya
muttasil
d. Tidak
ber-illat
e. Janggal
20.
Hadits yang terdapat kekurangan di dalamnya (rawinya kurang
dhabit) namun dikuatkan oleh perawi yang kuat sehingga menutupi kekurangan
perawi tersebut, merupakan kategori hadits ….
a.
Hadits shahih
b.
Hadits shahih li dzatihi
c.
Hadits shahih li ghairihi
d.
Hadits hasan li dzatihi
e.
Hadits hasan li ghairihi
قَالَ النَّبِىُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ
: اَلسَّاعِىْ عَلَى اْلأَرْمَلَةِ وَالْمِسْكِيْنِ كاَلْمُجَاهِدِ فِىْ سَبِيْلِ
اللهِ, أَوْكاَلَّذِىْ يَصُوْمُ النَّهَارَ وَيَقُوْمُ اللَّيْلَ. (متفق عليه)
21.
Berdasarkan cirinya, hadits di atas tergolong hadits ….
a.
Hadits shahih
b.
Hadits hasan
c.
Hadits hasan li dzatihi
d.
Hadits hasan li ghairihi
e.
Hadits dha’if
مَانَقَلَهُ عَدْلٌ
قَلِيْلُ الضَّبْطِ مُتَّصِلُ السَّنَدِ غَيْرُ مُعَلَّلٍ وَلاَ شَاذٍّ.
22.
Definisi tersebut di atas adalah definisi dari hadits ….
a.
Hadits shahih
b.
Hadits shahih li dzatihi
c.
Hadits shahih li ghairihi
d.
Hadits hasan
23.
Hadits hasan li dzatihiHadits yang dikeluarkan oleh orang yang
dikenal jujur namun memiliki hafalan yang kurang, maka haditsnya digolongkan ke
dalam hadits ….
a.
Hadits hasan
b.
Hadits hasan li dzatihi
c.
Hadits hasan li ghairihi
d.
Hadits shahih li dzatihi
e.
Hadits dha’if
اَلْغُسْلُ يَوْمَ الْجُمْعَةِ وَاجِبٌ عَلٰى
كُلِّ مُحْتَاِمٍ وَأَنْ يَسْتَنَّ وَاَنْ يَمَسَّ طِيْباً اِنْ وَجَدَ
24.
Hadits di atas merupakan hadits yang derajatnya naik dari hadits
dha’if menjadi hadits hasan li ghairihi disebabkan karena ….
a.
Dikuatkan oleh hadits yang semakna dan semisal dengan hadits
tersebut
b.
Tidak memiliki cacat
c.
Diriwayatkan oleh rawi yang jujur
d.
Diriwayatkan oleh rawi yang jujur meskipun rawi tersebut tidak dhabit
e.
Diriwayatkan oleh ba-nyak orang yang mustahil untuk ber-bohong
25.
Sebuah hadits digolongkan ke dalam hadits hadits dha’if disebabkan
karena 4 hal. Kecuali ….
a.
Bertentangan dengan al-Qur’an
b.
Bertentangan dengan sunnah rasul yang mutawatir
c.
Ungkapan lafadz yang berlebihan
d.
Bertentangan dengan nalar
e.
Diriwayatkan oleh orang yang adil lagi dhabit
26.
Hadits
yang tidak diketahui sanadnya seorang atau lebih secara berturut-turut di awal
sanad tergolong hadits ….
a.
Hadits
mursal
b.
Hadits
muallaq
c.
Hadits
mudallas
d.
Hadits
munqathi
e.
Hadits
mu’dhal
27.
Hadits yang
dicipta serta dibuat oleh seseorang, yang ciptaan itu dinisbahkan kepada
Rasulullah SAW secara palsu dan dusta, baik hal itu disengaja maupun tidak.
Pernyataan tersebut merupakan definisi dari ….
a.
Hadits matruk
b.
Hadits munkar
c.
Hadits
mu’allal
d.
Hadits mu’dal
e.
Hadits
maudu’
28.
Hadits yang matannya berasal dari nabi Muhammad SAW namun maknanya
berasal dari Allah SWT adalah definisi dari hadits ….
a.
Hadits marfu
b.
Hadits maqthu
c.
Hadits qudsi
d.
Hadits mauquf
e.
Hadits shahih
29.
Di dalam kitab ittihafatus sunniyah hadits qudsi
berjumlah ….
a.
833
b.
834
c.
835
d.
836
e.
837
30.
Hadits yang disandarkan kepada Rasulullah Muham-mad SAW disebut
dengan hadits ….
a.
Hadits Qudsi
b.
Hadits Marfu
c.
Hadits Mauquf
d.
Hadits Maqthu
e.
Hadits Shahih
31.
Segala perkataan yang disandarkan oleh sahabat kepada nabi SAW
baik sanadnya muttasil maupun terputus termasuk dalam kategori hadits ….
a.
Hadits marfu
b.
Hadits marfu fi’li
c.
Hadits marfu taqriri
d.
Hadits marfu qauli
e.
Hadits marfu washfi
32.
Hadits
mauquf ialah hadits yang bentuk penyandaran-nya disandarkan kepada ….
a.
Allah
SWT
b.
Rasulullah
SAW
c.
Sahabat
d.
Tabi’in
e.
Tabit-Tabi’in
33.
Hadits
mauquf dikelompok-kan menjadi tiga kelompok, yaitu ….
a.
Mauquf
perkataan, per-buatan, washfi
b.
Mauquf
perkataan, kete-tapan, washfi
c.
Mauquf,
perkataan, wa-shfi, perbuatan
d.
Mauquf
washfi, per-kataan, perbuatan, kete-tapan
e.
Mauquf
perkataan, per-buatan, ketetapan
34.
Hadits
yang disandarkan kepada tabi’in adalah hadits ….
a.
Hadits
qudsi
b.
Hadits
marfu
c.
Hadits
shahih
d.
Hadits
maqthu
e.
Hadits
mauquf
35.
Hadits
maqthu tidak dapat dijadikan sebagai landasan hukum disebabkan karena hadits
maqthu hanyalah ucapan ….
a.
Umar
bin Khattab
b.
Abdullah
ibnu Umar
c.
Abdulla
ibnu Mas’ud
d.
Imam
Syafi’i
e.
Abu
Bakar ash-Shiddiq

Soal
Ilmu Hadits Semester I Kls XI
Soal
Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan ringkas dan tepat!!!
1.
Jelaskan apa
yang dimaksud dengan ulumul hadits!
2.
Tuliskan
perbedaan yang mendasar antara ilmu hadits riwayah dan dirayah!
3.
Apa yang
dimaksud dengan ilmu asbabul Wurudil hadits & ilmu Fannil Mubhamat?
4.
Bagaimanakah
sejarah perkembangan hadits pada abad ke IV? Jelaskan!
5.
Apa yang
dimaksud dengan Tahammul wa ada’ul Hadits?
6.
Tuliskan 3
cara penerimaan riwayat hadits beserta lafadznya!
7.
Apa yang
dimaksud dengan hadits mutawatir?
8.
Hadits ahad
terbagi menjadi 3 bagian! Tuliskan!
Soal
Ilmu Hadits Semester I Kls XII
Soal
Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan ringkas dan tepat!!!
1.
Apa yang
dimaksud dengan:
a. Hadits
Mu’an’an
b. Hadits
Nazil
2.
Jelaskan apa
yang dimaksud dengan hadits maqbul & mardud!
3.
Tuliskan
klasifikasi dari hadits maqbul!
4.
Tuliskan
Syarat-syarat hadits maqbul!
5.
Tuliskan pula
klasifikasi dari hadits mardud!
6.
Apa sajakah
yang menjadi kekurangan dari seorang perawi?
7.
Jelaskan apa
yang dimaksud dengan ilmu jarh wa ta’dil!
8.
Tuliskan
macam-macam keaiban perawi!
Soal
Aqidah Akhlak Semester I Kls XII
Soal
Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan ringkas dan tepat!!!
1.
Tuliskan
sejarah lahirnya tarekat:
a. Syadziliyah
b. Maulawiyah
2.
Siapakah yang
mendirikan tarekat:
a. Qadiriyah
b. Rifa’iyah
c. Naqsabandiyah
3.
Bagaimanakah
konsep ajaran tarekaat Syadziliyah dan Suhrawardiyah?
4.
Tuliskan
konsep dan tujuan dari tarekat mu’tabarah!
5.
Apa yang
dimaksud dengan masyarakat moderen?
6.
Tuliskan
ciri-ciri dari masyarakat moderen!
7.
Bagaimanakah
problem yang dihadapi oleh masyarakat moderen? Jelaskan!
Soal Kls X
1.
Jelaskan
kedudukan hadits dalam Islam !
2.
Ulama
hadits membuktikan hadits sebagai sumber ajaran Islam dengan mengemukakan
beberapa argumentasi. Tuliskan 3 argumentasi tersebut !
3.
Tuliskan
3 fungsi hadits !
4.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan :
a.
Bayan
Taqrir
b.
Bayan
Takhsis
5.
Tuliskan
6 kitab hadits yang termasuk dalam kutubus sittah !
6.
Berapakah
jumlah hadits yang dikumpulkan oleh Imam Bukhari menurut Ibnu Shalah dan
an-Nawawi ?
7.
Tuliskan
3 syarat yang ditetapkan oleh Imam Bukhari dalam mengelompokkan hadits ke dalam
kelompok hadits shahih !
8.
Jelaskan
perbedaan antara kitab jami dan sunan !
9.
Tuliskan
nama penulis kitab Sunan al-Mujtaba !
10.
Kitab
al-Jami adalah kitab yang mengandung minimal delapan persoalan-persoalan yang
memenuhi kriteria kitab al-Jami. Tuliskan 4 dari delapan persoalan tersebut !
Soal Kls XI
1.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan hadits shahih !
2.
Tuliskan
3 kriteria shahih menurut Imam Bukhari dan Muslim !
3.
Tuliskan
syarat-syarat hadits shahih !
4.
Berdasarkan
klasifikasinya, hadits shahih terbagi atas 2. Tuliskan !
5.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan hadits shahih li ghairihi!
6.
Tuliskan
apa yang dimaksud dengan istilah hadits berikut ini:
a.
Ma
infarada bihi al-Bukhari
b.
Muttafaqun
‘alaihi
7.
Tuliskan
definisi hadits hasan menurut Ibnu Hajar al-Asqalani !
8.
Tuliskan
klasifikasi hadits hasan !
9.
Berikan
3 syarat hadits hasan li ghairihi !
10.
Sebab-sebab
hadits dha’if tidak dapat dijadikan dasar / hujjah disebabkan oleh dua hal,
yaitu faktor sanad dan matan. Tuliskan sebab kedua faktor tersebut !
No comments:
Post a Comment